Mencari pekerjaan menjadi suatu kegiatan yang banyak dilakukan oleh semua orang, terutama bagi para lulusan baru (fresh graduate). Dalam mencari pekerjaan seseorang harus mampu bersaing dengan orang – orang banyak, karena pekerjaan bukan hanya diinginkan oleh satu orang saja melainkan jutaan orang lainnya. Oleh sebab itu, dalam bertempur mencari pekerjaan kamu harus menyiapkan berbagai dokumen penting yang menjadi persyaratan kamu untuk mencoba lowongan pekerjaan.

Dokumen – dokumen penting tersebut terdiri atas, ijazah, ktp, transkrip nilai, surat lamaran, sertifikat – sertifikat pendukung, dan CV. CV merupakan salah satu dari beberapa dokumen – dokumen penting tersebut yang menjadi tolok ukur keberhasilannya seseorang untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

CV atau Curriculum Vitae merupakan biodata atau riwayat hidup lengkap seseorang, CV disajikan bersandingan dengan surat lamaran serta dokumen – dokumen penting lainnya. Bahkan, pada era modern ini beberapa perusahaan hanya mensyaratkan CV tanpa harus menggunakan surat lamaran.

Oleh sebab itu, CV atau Curriculum Vitae haruslah dibuat semaksimal dan semenarik mungkin. Berikut merupakan tips – tips dalam menciptakan CV dengan baik dan benar:

1. Data Diri Lengkap

CV atau yang sering disebut dengan biodata haruslah memuat data diri lengkap di dalamnya. Data diri tersebut terdiri atas, nama lengkap, tempat tanggal lahir, e-mail, nomor handphone, alamat, website, dan sosial media, jenis kelamin, kebangsaan, agama, status, dan lain – lain. Untuk poin – poin penting yang harus ada dalam sub data diri sebuah CV merupakan nama lengkap, tanggal lahir, e-mail, serta nomor handphone untuk sisanya bisa berupa opsional.

2. Foto

Selain data diri, sebuah CV wajib untuk menghadirkan foto pemilik CV tersebut. Foto menjadi sebuah identitas yang dapat menjelaskan bagaimana sebenarnya diri kita. Oleh karena itu, foto penting untuk diletakkan pada CV kamu. Beberapa CV mungkin tidak memuat foto di dalamnya, sehingga pada sub data diri harus dijelaskan secara rinci bagaimana seseorang itu semisalnya jenis kelamin dan kebangsaaan. Dengan menggunakan foto kita tidak harus menyertakan jenis kelamin pada data diri karena foto akan menunjukkan secara langsung jenis kelamin atau kebangsaan seseorang.

Baca Juga  Tips Mendapatkan Pengiriman Murah untuk Barang Besar dan Berat

3. Pendidikan

Pendidikan merupakan sub penting di CV selain kedua hal di atas. Pendidikan menjelaskan latar belakang seorang pemegang CV, mulai dari pendidikan dasarnya hingga pendidikan terakhir. Pada poin pendidikan juga dapat diketahui periode pendidikan seorang pemegang CV.

4. Pelatihan

Selain pendidikan yang merupakan pendidikan formal, pelatihan juga harus disertakan pada sebuah CV. Pelatihan yang disertakan dapat berupa kursus, seminar, workshop, beauty class, training, dan sejenis pelatihan lainnya. Salah satu contoh pelatihan yang sering ditemukan pada CV adalah kursus bahasa inggris, dan seminar public speaking.

5. Penghargaan

Jika kamu memiliki penghargaan akan sangat baik jika disertakan pada CV. Penghargaan merupakan tolok ukur penting yang bisa menonjolkan dirimu di mata perusahaan. Jika kamu tidak memiliki penghargaan, tidak apa jangan bersedih, terus tingkatkan kemampuan kamu, dan tonjolkan CV kamu dengan beberapa hal di atas.

6. Pengalaman Organisasi

Organisasi sudah pasti menjadi makanan anak muda. Nah, bagi kamu yang pernah ikut organisasi jangan sampai lupa sertakan organisasi dan periode keanggotaanmu di CV ya. Organisasinya bebas tetapi jangan organisasi kejahatan ya hehe.

7. Pengalaman Kerja

Pernah dengar persyaratan suatu perusahaan harus memiliki pengalaman pekerjaan minimal setahun atau dua tahun ? Pengalaman kerja seakan menjadi cendera mata bagi seorang pelamar kerja yang memang mengincar perusahaan yang mengisyaratkan tersebut. Pengalaman kerja sebenarnya tidak harus bersifat karyawan full, bagi kamu yang karyawan magang juga boleh kok menyertakan perusahaan tersebut di sub pengalaman kerja pada CV-mu. Tetapi, jangan lupa sertakan (pegawai magang) dan periodenya ya !

8. Kemampuan atau Kualifikasi

Bagi kamu yang ingin memenangkan hati perusahaan jangan sampai lupa untuk menyertakan kemampuan atau kualifikasi pada CV kamu. Skill yang baik dan menarik bisa menarik di mata perusahaan loh ! Kemampuan enggak harus melulu soal komputer meskipun kamu wajib mampu mengoperasikan program komputer seperti microsoft office dan aplikasi – aplikasi lainnya. Akan tetapi, kemampuan ini bisa berupa kemampuan public speaking, skill kerja sama, kemandirian, kejujuran, ketepatan, pendengaran, dan beberapa hal lain.

Baca Juga  7 Kunci Kenyamanan Tinggal di Rumah Mertua

9. Kemampuan Bahasa

Untuk sebagian CV sub bahasa memiliki poin yang berbeda, pada poin ini disertakan bahasa – bahasa yang bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi. Kemampuan berbahasa sebaiknya disertakan berdasarkan tes sebelumnya, misalnya untuk bahasa Inggris bisa disertakan dengan sertifikat TOEFL, TOIEC, atau IELTS.

10. Template

Yang terakhir tetapi yang utama yaitu template. Template atau design sebuah CV menjadi nilai yang sangat berlebih untuk tampilan CV kamu. Dengan template yang pas, menarik, dan profesional akan mudah membuat perusahaan tertarik loh !

Dibawah ini disertakan beberapa Contoh CV yang mungkin bisa membantu kamu yang sedang mencari referensi sebuah CV

Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Ini adalah contoh CV Lamaran Umum yang biasa digunakan para pelamar.

Contoh 1 :

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama : Nur’aisyah
Tempat, Tanggal Lahir : Cianjur, 20 April 1996
Alamat : Jl. Kusuma, Kec. Sekampung udik, Cianjur
No. HP : 0821-2375-6661
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Status : Belum Menikah
Email : Nuraisyah96@gmail.com
Hobi : Membaca

PENDIDIKAN FORMAL
SDN 2 Cianjur
SMPN 1 Cianjur
SMK Negri 2 Cianjur
PENGALAMAN KERJA

Bank Syariah sebagai Collection
Apotik Jaya sebagai Marketing
KEMAMPUAN DAN KEAHLIAN

Mahir dalam menggunakan Bahasa Inggris secara aktif
Mahir menggunakan microsoft word dan excel
Mengerti Internet Marketing
Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Hormat saya,

Nur’aisyah

Contoh 2 :

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama : Nur’aisyah
Tempat, Tanggal Lahir : Cianjur, 20 April 1996
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Status : Belum Menikah
Kesehatan : Baik
Alamat : Jl. Kusuma, Kec. Sekampung, Cianjur
No. HP : 0821-2375-6661

PENDIDIKAN FORMAL
2001 – 2004 : SDN 1 Cianjur
2004 – 2007 : SMPN 3 Cianjur
2007 – 2010 : SMAN 2 Cianjur
2010 – 2015 : Program S1 Akuntansi di STIE Bandung
PENGALAMAN KERJA

Baca Juga  Tips Mengatasi Nyeri Perut Akibat Mabuk Udara Di Pesawat

Bekerja di PT. Bank BRI Tbk. Bandung Sebagai Verificator Kartu Kredit Maret 2012 – Oktober 2013
Asisten Pelatih Pra Pon Desember 2013 – Januari 2014
PRESTASI

Juara 2 Olimpiade Sains tingkat Provinsi Jawa Barat (2009)
Juara I Bulu Tangkis Piala Panglima Bandung ( 2013 )
Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sejujur-jujurnya. Terimakasih atas perhatianya..

Hormat saya,

Nur’aisyah

Oleh sebab itu, yuk persiapkan CV dan dokumen – dokumen pentingmu dengan baik. Dan jangan lupa berdoa ya agar semua lancar. Semoga bagi kamu yang sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan segera berhasil ya