Mengatasi Lutut Linu – Apa Anda sadar, bahwa setiap hari Anda akan melakukan aktivitas yg tidak lepas dgn pergerakan. Kaki menjadi salah satu bagian tubuh yg mana tidak henti-hentinya bergerak. Lalu, pernahkan Anda mengalami ngilu pada bagian lutut? Jika iya, apa sih yg menjadi penyebab lutut ngilu tersebut?

Aktivitas berlebih atau banyaknya beban berat yg diangkat seringkali menjadi sebab lutut sakit. Tapi, apa iya hanya itu saja yg menjadi penyebabnya? Bagaimana jika ada hal lain yg menyebabkan datangnya rasa ngilu pada lutut Anda? Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini!

Beberapa Penyebab Lutut Linu atau Ngilu yang Sering Terjadi

Saat lutut terasa ngilu, Anda pasti merasa kesulitan untuk berdiri. Lutut Anda akan mengalami kondisi yg tidak stabil dan membuatnya sulit untuk menyangga tubuh agar berada dalam keadaan yg normal. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu tahu, apa yg menjadi penyebabnya.

Berikut ini ialah penyebab dari lutut yg terasa ngilu, simaklah dgn seksama!

Seringnya Melakukan Aktivitas Berat
Selain mengangkat tubuh yg memiliki berat badan berlebih, keseringan melakukan aktivitas berat juga bisa menjadi penyebab lutut ngilu. Pekerjaan yg mengharuskan Anda sering berlutut dan mengangkat benda-benda berat sangatlah beresiko membuat lutut terasa ngilu. Seperti pekerjaan yg dilakukan oleh olahragawan dan pekerja bangunan misalnya.

Terjadinya Cedera Lutut
Lutut yg terasa ngilu, seringkali disebabkan karena adanya cedera pada lutut. Jaringan penyusun lutut, seperti tulang rawan bisa saja mengalami gangguan ketika Anda mengalami cedera lutut.

Memiliki Berat Badan Berlebih atau Obesitas
Selain pernah mengalami cedera pada lutut atau menderita penyakit tertentu, memiliki berat badan yg berlebih, atau sering disebut obesitas juga bisa menjadi salah satu penyebab lutut terasa ngilu. Fungsi lutut yg cukup berat dalam menopang berat badan, membuatnya mengalami rasa ngilu ketika Anda memiliki berat badan yg berlebih.

Baca Juga  7 Tips Menjaga Agar Ginjal Tetap Sehat

Adanya Penyakit Tertentu yg Diderita
Selain karena cedera pada bagian lutut, penyakit tertentu juga seringkali menjadi penyebab lutut ngilu. Penyakit apa sajakah itu? Inilah beberapa daftar penyakit yg menimbulkan rasa ngilu pada lutut :

  • Rheumatoid arthritis
  • Osteoarthritis
  • Asam urat atau penyakit gout
  • Infeksi pada lutut
  • Penyebaran kanker yg mencapai sendi lutut
  • Osgood-Schlatter

Memiliki Kebiasaan Merokok
Merokok merupakan aktivitas yg cukup mengganggu kesehatan. Salah satunya ialah menyebabkan terjadinya gangguan aliran darah pada kaki. Ketika hal tersebut terjadi, tidak menutup kemungkinan kalau Anda akan mengalami rasa ngilu yg luar biasa pada lutut.

5 Cara Mengatasi Lutut Linu

Lutut linu adalah masalah yang umum terjadi pada orang dewasa dan biasanya disebabkan oleh usia, kelebihan berat badan, atau aktivitas fisik yang berlebihan. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi lutut linu, yaitu:

1. Berolahraga secara teratur: Latihan yang sesuai dapat membantu menguatkan otot-otot di sekitar lutut, sehingga dapat mengurangi tekanan pada sendi.

2. Mengurangi berat badan: Mengurangi berat badan juga dapat membantu mengurangi tekanan pada lutut.

3. Menggunakan perban atau korset lutut: Alat bantu ini dapat membantu mencegah lutut linu atau mengurangi rasa sakit pada lutut.

4. Menghindari aktivitas yang berlebihan: Jika Anda merasa sakit pada lutut, cobalah untuk menghindari aktivitas fisik yang berlebihan sampai gejala membaik.

5. Mencoba terapi fisik: Beberapa terapi fisik, seperti pijat, peregangan, dan terapi panas/dingin, dapat membantu mengurangi sakit pada lutut.

Jika gejala lutut linu tidak membaik setelah mencoba beberapa cara di atas, sebaiknya Anda mencari bantuan medis untuk mengetahui penyebab pasti dan mendapatkan penanganan yang tepat.