5 Tips Memulai Usaha Kue Basah, yang Bermodal Kecil dengan Keuntungan Besar

2 min read

usaha kue basah

Meskipun zaman sudah maju tetapi eksistensi kue basah tidak hilang dari peredaran. Sampai hari ini jenis kue ini masih diminati banyak orang, dan sering disajikan sebagai makanan pembuka dan penutup. Bahkan di beberapa acara penting kue ini kerap kali disediakan, contohnya di acara keluarga atau reuni sekolah. Peluang usaha kue basah semakin terbaca jelas, dan membawa keuntungan yang menjanjikan.

usaha kue basah

Strategi Bisnis untuk Kue Tradisional

usaha kue basah

1. Perencanaan yang Matang

Sebelum mulai membuka usaha anda perlu sebuah perencanaan matang, untuk meminimal kerugian. Anda harus mempelajari seberapa jauh peluangnya dan strategi pemasaran yang menarik. Selain itu lakukan riset kecil-kecilan terkait jenis kue apa yang diminati oleh masyarakat. Setelah menemukan menu yang sesuai selera customer anda bisa mencoba berbagai resep, dan memunculkan keunikan produk anda.

usaha kue basah

2. Persiapkan Modal

Pastikan anda mempunyai keahlian membuat kue yang enak dan lezat, sehingga bisa memperkirakan kebutuhan bahan. Tujuannya untuk membuat perencanaan modal yang akan anda kelurakan, untuk membeli perlengkapan masak. Pasalnya untuk membuka usaha kue basah, anda memerlukan bahan-bahan yang berkualitas. Sehingga hasil kue buatan rasanya dijamin menggiurkan, dan membuat pelanggan tertarik.

usaha kue basah

3. Tentukan Jenis Kue

Sebelum memulai usaha anda perlu membuat survey pasar, untuk membaca peluang dan dan minat kosumen. Adanya riset mini ini akan mengantarkan usaha anda, ke jajaran produk yang paling dicari oleh masyarakat. Karena bagi mereka produk kue anda sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen. Mereka akan beranggapan bahwa kue yang anda ciptakan tidak memiliki duplikatnya, dan terus kembali ke toko anda.

Dengan membaca selera pasar produksi kue akan terjual habis, dan bisnis kue basah terus berkembang. Anda perlu menentukan kue yang tepat untuk diproduksi dan dijual, yang sekiranya laris di pasaran. Tujuannya untuk menekan biaya produksi dari usaha kue basah, agar modal yang harus diesediakan tidak terlalu besar.

Baca Juga  Usaha Pop Ice, Modal Kecil Untung Besar

usaha kue basah

4. Menetapkan Pasar yang Kompetitif

Anda tidak bisa sembarangan menetapkan pasar harus kompetitif, dan membuat produk dicintai oleh masyarakat. Pertama anda perlu menentukan harga jual yang sesuai dengan kantong masyarakat. Jangan terlalu murah ataupun terlalu mahal yang jelas masih menguntungkan untuk bisnis. Kedua anda perlu menentukan lokasi agar bisnis mudah untuk berkembang. Jika bisa pilih lokasi di daerah perkotaan tepatnya di pinggir jalan atau mall.

usaha kue basah

5. Buat Produk yang Inovatif

Setelah melakukan survey untuk membaca selera pasar dan menentukan jenis kue. Maka anda perlu memikirkan inovasi pada menu yang hendak diproduksi. Usaha kue basah akan laris jika anda bisa menghadirkan terobosan baru, yang sekiranya belum ada di pasaran. Pembeli akan lebih tertarik dengan kue yang rasanya enak dan lezat, namun cukup unik di indera perasa.

Setelah itu coba pikirkan untuk membuat brand yang mudah untuk diingat pelanggan. Sehingga ada kesan unik yang ingin anda tonjolkan disana, dan sulit untuk di duplikasi brand lainnya. Tidak hanya brand anda perlu membuat kemasan yang menarik dan cukup kekinian. Hitung-hitung sebagai cara terselebung untuk melakukan promosi lewat kemasan produk.

Membuka usaha kue sebenarnya cukup mudah, asalkan mempunyai keterampilan untuk membuat kue. Anda hanya perlu membuat rencana usaha yang melampirkan anggaran modal. Kemudian melakukan riset mini untuk membaca selera pasar, untuk menentukan menu yang akan dijual. Cobalah membuat produk kue yang inovatif dengan rasa unik tetapi tetap sesuai dengan selera konsumen.

asfa pratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *