Cara Beli Rumah Bekas, Seperti Apa Sih?

3 min read

Cara Beli Rumah Bekas

Cara Beli Rumah Bekas – Pasti anda berpikir-pikir bahwa membeli rumah bekas pasti takut karena entah ditipu atau tidak sesuai dengan ekspektasi. Sehingga jika anda ingin membeli rumah bekas, lakukankah pilihan dan kriteria yang berlaku sesuai kebutuhan anda.

Pembelian rumah bekas banyak diminati oleh masyarakat sehingga baik untuk dipilih juga tanpa melupakkan fokus pencarian rumah yang seperti apa. Berikut akan dijelaskan tentang cara beli rumah bekas yang baik dan benar, antara lain:

1. Sebelumnya Cek Anggaran atau Dana Anda
Sebelum melakukan rencana untuk beli rumah bekas, maka anda harus memperhitungkan dengan melihat harga dari rumah yang anda pilih. Anda juga jangan terpatok pada harga rumahnya saja, tetapi harga lain untuk mengurus surat, dan lain-lain. Jadi, jangan membeli rumah bekas jika anda belum siap segakanya alias masih setengah-setengah.

2. Pilih Rumah Sesuai Selera dan Kebutuhan
Walaupum pilihan rumah bekas sedikit, tetapi anda harus bisa memilih hunian yang baik sesuai dengan kebutuhan. Selera anda seperti apa sehingga cocokkan dengan rumah yang akan anda pilih. Jika cocok, pasti anda nyaman dan menjadi cocok.

3. Survei Kondisi Rumah ke Lokasi
Akan lebih baik lagi jika anda melakukan survei langsung ke lokasi melihat bagaimana kondisi rumah yang akan dibeli. Jadi anda bisa memastikan penjelasan dari developer apakah benar atau tidak. Apalagi yang namanya rumah harus dipilih secara baik dan benar karena dihuni dalam waktu cukup lama.

Pengecekan kondisi rumah bisa dilihat dari pondasi rumah, atapnya, jendela, sumber air, kusen, peralatan terkait air, lingkungan sekitar rumah, dan lain-lain.

4. Cek Usia Rumah
Perhatikan usia rumah yang akan anda kunjungi. Karena ini berkaitan dengan kualitas. Usia rumah juga mempengaruhi harga rumah tersebut. Cara menentukan apakah rumah tersebut tua atau tidak bisa digolongkan sebagai berikut:

Baca Juga  Ciri Konsultan Hukum yang Kompeten

Rumah usia 10 tahun ke bawah masih tergolong rumah baru. Jika usianya di 10-25 tahun, maka tergolong sedang, usia rumah 25 tahun ke atas maka sudah tergolong ke usia tua.

5. Cari Lokasi Rumah yang Sesuai dengan Kebutuhan
Lokasi rumah sangat diperhitungkan oleh para pembeli rumah. Karena selain terdapat kebutuhan yang perlu dipenuhi, lokasi juga sangat strategis untuk diperhitungkan. Sehingga tidak kaget jika lokasi suatu rumah mempengaruhi harga dari rumah tersebut.

6. Cek Kelengkapan Dokumen Rumah
Sebelum melakukan pembayaran, akan lebih baik lagi jika anda mengetahui dokumen rumahnya secara resmi, mulai dari sertifikat rumah, dan dokumen lain yang perlu untuk dilihatkan. Dengan kelengkapan dokumen yang baik, maka anda bisa memebeli rumahnya.

7. Pikir-pikir Dulu Sebelum Membeli.
Dalam memilih rumah, anda jangan sampi grusa grusu. Sehingga dalam memikir anda diberi waktu untuk mengukur apakah rumah itu pantas untuk anda dan cocok. Jika iya, maka segerakan untuk beli karena rumah bekas terbatas sehingga lakukan pemesanan dulu.

8. Gunakan Perantara yang Terpercaya
Jika anda masih ragu-ragu belum tahu sepenuhnya tentang cara beli rumah bekas, mak anda bisa menggunakan jasa perantara terpercaya. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang masih sibuk dengan urusan lain, sehingga menyerahkan tugas belinya ke orang yang terpercaya (hal ini perantara).

9. Cek Harga Pasaran Rumah Bekas
Sebelum membeli, pastikan anda sudah mengetahui harga pasaran rumah bekas yang ada di wilayah tersebut. jadi, anda bisa berpatok berapa harga dari rumah bekas tersebut. Walaupun pada akhirnya tergantung rumahnya maka hal itu bisa menjadi kisaran kira-kira beli rumah bekas seperti apa.

10. Cari Rumah Ideal
Ideal disini dalam artian sesuai dengan kriteria anda, selera anda, kebutuhan anda, dan keinginan anda. Sehingga anda akan nyaman dan cocok untuk membelinya. Contoh anda membutuhkan lokasi yang strategis, maka lakukanlah langkah pertama untuk fokus mencari rumah yang lokasinya strategis. Pasti setiap orang memiliki prioritas masing-masing dalam memilih rumah.

Baca Juga  Tips Mengatasi Nyeri Perut Akibat Mabuk Udara Di Pesawat

Itulah 10 cara beli rumah bekas yang perlu anda ketahui. Sehingga mendapatkan rumah yang terbaik dan benar. Jual rumah di Kelapa Gading bisa menjadi referensi bagi anda untuk membeli rumah bekas di sekitar sana atau anda ingin mencari rumah di sekitar wikayah itu.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *