Sebagai pemula wajar saat bingung harus memulai dari mana saat membuat channel YouTube. Tapi jangan khawatir. Ada beberapa cara untuk membuat channel YouTube yang akan membantu kamu memahami proses pembuatan dengan lebih mudah.

Cara membuat channel Youtube agar profesional merupakan tantangan yang hebat. Menjadi seorang Youtuber adalah pekerjaan baru yang menyenangkan. Dari orang biasa atau pun artis juga bisa menjadi seorang YouTuber. Apa yang lucu tentang ini?

YouTube telah menjadi tempat bagi orang-orang untuk menemukan atau menonton berbagai macam konten selama 12 tahun terakhir. Selama pertumbuhannya YouTube telah berubah dari platform berbagi video ke platform konektivitas dan penyedia konten.

Banyak orang membuat konten di YouTube menarik akhir-akhir ini. Terukti banyak orang menjadikannya sebagai hiburan atau sebagai sumber penghasilan. Akan tetapi semakin banyak individu yang menjadi YouTuber penuh waktu.

Menggabungkan AdSense dengan sponsor pihak ketiga dapat menghasilkan pendapatan yang menguntungkan. Banyak orang berhenti dari pekerjaan rutin mereka untuk mencurahkan waktu ke channel YouTube mereka.

Tujuan mereka menjadi YouTuber penuh waktu adalah untuk mengembangkan channel dan memengaruhi platform media sosial lainnya seperti Twitter Instagram dan Tiktok.

Tantangan Dalam Membangun Channel Youtube
Ada lebih dari 400 jam konten video diunggah ke YouTube setiap menitnya setiap hari. Tentu kamu akan mencurahkan banyak waktu dengan upaya membuat video jadi penting. Untuk memahami betapa mudahnya dalam menemukan video kamu.

Sistem pencarian YouTube memiliki dua arah yaitu agar membantu pemirsa menemukan video yang ingin mereka tonton. Kemudian memaksimalkan keterlibatan dan kepuasan pelanggan dalam jangka panjang kedepannya.
Jadi kamu perlu memahami cara membangun channel YouTube yang lebih baik dengan cara kerja sistem maupun konten kamu agar muncul. Kamu juga harus tahu cara membuat lebih banyak orang mengunjungi video di channel kamu.

Baca Juga  Transaksi Lebih Mudah Dengan E-Wallet, Ini Alasannya

Panduan Membuat Channel Youtube dan Pengoptimalannya
Menjadi seorang Youtuber sekarang sepertinya merupakan pekerjaan baru yang menarik. Dari orang biasa hingga artis dia juga seorang YouTuber. Apa yang lucu tentang ini? Kami tahu kamu dapat menghasilkan uang di YouTube saat kamu menyediakan konten yang menarik bermanfaat.

Berikut adalah beberapa langkah cara membuat channel YouTube dan beberapa langkah yang bisa kamu lakukan saat ingin menjadi seorang YouTuber.

Bangun Sekarang
Bagian tersulit dalam membuat channel Youtube adalah memulai. Setelah diluncurkan kamu harus secara konsisten merencanakan seperti apa channel YouTube kamu.

Untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang terminologi pengoptimalan YouTube kamu. Lalu juga perlu membaca banyak artikel dan berbicara dengan orang-orang yang melompat lebih dulu.

Tentukan Jenis Konten dan Target Audiens
Sebelum membuat video Youtube ada baiknya tentukan jenis konten dan target audiens. Mulailah dengan mencari channel YouTube yang tidak mirip dengan orang lain.

Dengan begitu kamu dapat melihat bagaimana konten kamu diformat untuk ditujukan pada siapa. Ini memudahkan untuk membuat video lain.

Mulai Buat Akun
Dalam membangun channel YouTube kamu harus mulai menyelesaikan jenis konten format video dan audiens target kamu. Daftar dengan YouTube lalu masuk. Setelah itu masuk ke Settings klik Create new channel dan masukkan nama channel YouTube yang ingin kamu buat.

Lengkapi Profil
Setelah berhasil membuat akun langkah selanjutnya adalah mengisi bagian profil. Bagian ini berisi deskripsi channel YouTube kamu dan jenis video yang kamu tawarkan. Kamu harus menyertakan sampul untuk channel YouTube.

Tentu saja kamu dapat mengubah desain sesuai keinginan kamu. Akan tetapi untuk ukuran yang disarankan YouTube setidaknya foto yang kamu gunakan harus 2560 x 1440 piksel dengan ukuran file maksimum 4MB.

Baca Juga  Hal Yang Harus Kamu Pahami Mengenai Diet Sehat Menurut Para Dokter dan Ahli Nutrisi

Undang Influencer Membuat video bersama
Cara terbaik untuk meningkatkan pemirsa YouTube kamu adalah dengan bekerja sama dengan berbagai influencer YouTube. Sekitar 65% pengguna YouTube memercayai rekomendasi dari YouTuber favorit mereka. Saat kamu mampu untuk bekerja sama biasanya ada pelanggan baru yang akan masuk keakun YouTube.

Pelajari Algoritma Youtube
Cara membangun channel Youtube yang bagus adalah memahami algoritmanya. Sistem algoritme memberikan rekomendasi waktu nyata berdasarkan minat dan preferensi individu untuk memenuhi beragam kebutuhan konten semua pengguna.

Ini membantu pengguna menonton lebih banyak video favorit mereka dan membuat kembali ke YouTube secara teratur. Dua hal terpenting yang dipengaruhi algoritme adalah hasil penelusuran dan alur rekomendasi.

Cara kerja algoritme dengan memberi peringkat pada video dengan menilainya berdasarkan data analisis kinerja. Ini kemudian mencocokkan video dengan orang-orang berdasarkan riwayat atau tontonan mereka dan apa yang telah ditonton oleh orang-orang serupa.

Tujuannya bukan untuk mengidentifikasi video tetapi untuk mencocokkannya dengan video yang ingin ditonton pemirsa kamu. Ini akan menghabiskan waktu sebanyak mungkin di platform dan melihat iklan sebanyak mungkin.

Apa yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan algoritme kamu. Itu bisa menunjukkan deskripsi dan kata kunci video. Bahkan sering mengunggah video untuk mengulangi tema konten yang sangat populer.

Optimalkan SEO
Kamu tidak hanya dapat mengoptimalkan situs kamu dengan SEO tapi juga harus mengoptimalkan channel YouTube kamu menggunakan cara sama. Sebelum membuat video kamu harus melakukan sedikit riset kata kunci yang paling banyak dicari.

Dengan beberapa persiapan ini kamu bisa membuat video secara optimal. Lihat jadwal tayangan video di channel YouTube. Mengunggah sekali tidak akan berhasil untuk kemajuan video kamu. Jadi kamu dapat merekam beberapa episode berikutnya dalam satu hari.

Baca Juga  Tips Menghasilkan Uang Dari Youtube Termudah

Monetisasi iklan youtube
Menghasilkan uang di YouTube membutuhkan waktu dan proses. Waktu yang dibutuhkan tergantung pada kualitas video kamu. YouTube memiliki persyaratan sebelum kamu menerapkan atau mengaktifkan iklan di channel YouTube.

Ini termasuk berapa jumlah banyak subcribe yang kamu miliki dan berapa lama video kamu ditonton oleh pemirsa. Jadi sangat penting untuk memikirkan audiens dan target kamu sebelum membuat channel YouTube.

Tentunya YouTube menyediakan tempat di mana kamu dapat menganalisis usia rata-rata penonton dan asal pemirsa untuk video kamu. Dengan menggunakan data tersebut kamu bisa menyesuaikan video berikutnya dan memberikan tampilan baru untuk menjangkau pemirsa yang lebih luas.

Analisis pesaing yang serupa dengan bidang sama harus kamu perhatikan. Jelajahi berbagai channel YouTube lain dan lihat video mana yang paling banyak dilihat. Tonton video untuk melihat jenis konten yang disukai dan tidak disukai pemirsa. Dengan gambaran itu kamu bisa mengembangkan lebih bagus.

Gunakan data ini untuk memberi channel YouTube kamu strategi konten yang unik. Juga jangan lupa untuk menggunakan deskripsi video. Kata kunci dan deskripsi yang baik dapat membantu peringkat channel kamu lebih tinggi di halaman pencarian YouTube.

Menjadi seorang YouTuber sepertinya menarik apalagi setelah menonton para YouTuber sukses. Akan tetapi yang perlu kamu ingat adalah selain berlatih cara membuat channel Youtube di atas kamu juga harus konsisten dengan apa yang kamu lakukan.