Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam

5 min read

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam – Kulit wajah memiliki karakternya tersendiri, dan setiap orang memiliki karakter kulit wajah yang berbeda. Karakter kulit wajah antara lain, kulit wajah yang berminyak, kering, dan lembap. Perawatan jenis kulit wajah pun berbeda. Cara perawatan kulit kering tidak cocok jika diaplikasikan dengan cara perawatan kulit wajah berminyak.

Kulit wajah berminyak selalu menjadi masalah. Kulit wajah jenis ini memerlukan perawatan yang khusus. Salah-salah, kandungan minyak yang ada di dalam kulit wajah justru bisa bertambah banyak. Artikel ini secara khusus, akan membahas mengenai perawatan kulit wajah yang berminyak.

Perawatan Wajah Berminyak dan Kusam

Perawatan wajah berminyak pada dasarnya sama seperti halnya perawatan jenis kulit lainnya. Dibutuhkan kesabaran dan waktu luang untuk melakukan perawatan. Jenis kulit wajah yang berminyak dan kusam biasanya tidak bisa lepas dari jerawat dan wajah yang penuh minyak. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah yang berminyak, jenis kulit ini pasti sangat merepotkan bahkan bisa saja sangat menyebalkan.

Wajah berminyak sering terlihat mengilap, basah oleh minyak, bedak yang disapukan di atas wajah menjadi sulit untuk merata. Selain itu, riasan pada wajah juga akan cepat luntur. Sudah bisa dibayangkan bagaimana sibuknya Anda menata wajah agar terlihat menarik.

Kulit Wajah Berminyak
Pada umumnya, kulit wajah yang berminyak akan tampak kusam dan mengilap. Hal ini terjadi karena produksi kelenjar minyak di wajah yang sangat aktif. Beberapa faktor penyebab kulit berminyak di antaranya tingkat hormon, kelembapan, diet berlebih, dan ketidakcocokan kosmetik yang digunakan. Selain itu, faktor keturunan pun ternyata memegang peranan yang besar dalam memproduksi minyak di wajah. Biasanya, orang yang memiliki jenis kulit berminyak memiliki pori-pori yang besar sehingga mudah sekali terkena jerawat.

Baca Juga  Bercinta Saat Hamil, Bolehkah?

Penyebab Kulit Wajah Berminyak dan Kusam
Biasanya, penyebab kulit wajah yang berminyak disebabkan pola makan yang buruk, seperti sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Ya, mengonsumsi makanan yang memiliki kadar lemak tinggi akan membuat produksi minyak di kulit menjadi berlebih.

Selain itu, faktor hormonal pun bisa dikatakan sebagai penyebab timbulnya minyak pada kulit wajah. Misalnya, hormon yang tidak seimbang saat masa puber bisa memicu pertumbuhan minyak di kulit wajah. Faktor keturunan pun bisa menjadi salah satu sebab kulit berminyak. Biasanya, orangtua yang memiliki kulit berminyak akan mewariskan kepada anaknya. Pemilihan kosmetik yang tidak tepat pun berpotensi menimbulkan kulit wajah yang berminyak.

Tips Merawat Wajah Berminyak dan Kusam
Jika Anda memiliki kulit wajah yang berminyak, ada baiknya menyimak tips mengenai perawatan wajah berminyak berikut ini.

  • Cuci wajah dengan sabun dan air hangat minimal tiga kali sehari. Mencuci dengan air hangat dapat melarutkan dan membasuh minyak pada permukaan kulit lebih efektif dibandingkan dengan mencuci wajah menggunakan air dingin. Untuk sabunnya, sebaiknya gunakan sabun khusus untuk wajah berminyak agar hasilnya lebih maksimal.
  • Lakukan perawatan wajah menggunakan masker. Pada umumnya, masker yang cenderung gelap dapat menyerap minyak dengan sempurna. Masker yang bisa digunakan antara lain masker lumpur atau tanah liat, masker wortel, masker lemon, masker jeruk, dan masker ketimun.
  • Jika Anda memakai kosmetik, sebaiknya beli kosmetik yang berbahan dasar air. Sementara itu, untuk bedaknya dapat menggunakan bedak tabur karena bedak tabur dapat meminimalkan minyak berlebih di kulit wajah.
  • Sebaiknya, hindari melakukan stimulasi kulit secara berlebihan. Exfoliating yang terlalu sering merupakan pemicu produksi minyak yang berlebihan. Jika Anda terus menerus menggosok atau scrubbing kulit juga dapat menyebabkan overstimulasi. Semakin banyak jaringan kulit yang terkelupas, dan itu akan meningkatkan produksi minyak di kulit wajah.
  • Hindari iritasi pada kulit, seperti kemerahan dan kulit mengelupas. Lebih baik gunakan obat atau resep dari dokter yang mengandung retinol untuk mengontrol kulit berminyak.
  • Biasakan hidup sehat dengan cara olahraga teratur. Hal itu dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan aliran darah. Berkeringat itu sangat baik untuk kulit karena dengan berkeringat dapat membantu menghentikan kulit berminyak dan mengurangi frekuensi jerawat.
Baca Juga  5 Jenis Camilan Sehat Untuk Penderita Maag

Perawatan Kulit Wajah Berminyak Secara Tradisional
Selain menggunakan pembersih wajah yang cocok dengan kulit wajah berminyak, ada pula cara tradisional yang dipercaya bisa merawat kulit wajah berminyak secara alami, tanpa efek. Berikut ini perawatan kulit wajah secara tradisional.

Sebelum tidur, tutupi wajah Anda menggunakan irisan tomat atau irisan mentimun. Cara lain, Anda dapat memarut mentimun yang dicampur dengan sedikit air. Kemudian, disaring dengan menggunakan kain tipis. Atau bisa juga dengan memblendernya. Air mentimun tersebut kemudian oleskan pada wajah dengan kapas secara merata. Bisa juga menambahkan madu, sedikit perasan jeruk nipis, dan minyak zaitun agar hasilnya lebih baik.

Setelah dioleskan pada wajah, biarkan selama kurang lebih 20-30 menit. Selanjutnya, cuci bersih menggunakan air hangat. Mencuci dengan air hangat berguna untuk menghilangkan lemak-lemak pada kulit muka. Setelah itu, ambil handuk dan celupkan pada air dingin. Setelah dicelupkan pada air dingin, peras handuk dan usapkan pada wajah yang telah dibilas dengan air hangat tersebut. Air dingin berguna untuk merapatkan kembali pori-pori yang terbuka akibat air hangat tadi.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam

Selain menggunakan masker dari mentimun dan tomat, Anda bisa juga menggunakan bedak dingin. Bedak dingin sudah dikenal sejak zaman dulu, khususnya gadis-gadis melayu. Di Kalimantan, khususnya Suku Dayak dan Banjar, penggunaan bedak dingin sudah menjadi tradisi, baik digunakan pada siang hari maupun malam hari. Tujuannnya tidak lain dan tidak bukan untuk melembutkan dan memutihkan wajah. Selain itu, untuk melindungi kulit dari sinar matahari langsung.

Bentuk bedak dingin ada dua macam, yaitu bedak dingin yang berbentuk bulat kecil seperti telur cecak dan dalam bentuk tepung. Jika bedak dingin yang Anda pilih berbentuk bulat, cukup ambil dua bulatan, kemudian hancurkan dengan sedikit air dan oleskan sebelum tidur. Jika yang digunakan adalah bedak dingin yang berupa tepung, ambil setengah sendok teh kecil, kemudian dicampur dengan sedikit air. Setelah itu, dioleskan pada kulit muka hingga merata sebelum tidur. Biarkan olesan bedak dingin tersebut hingga pagi. Setelah pagi, cuci bersih menggunakan air biasa.

Baca Juga  13 Manfaat Juice Wortel bagi Kesehatan Tubuh

Selain cara yang telah dijelaskan di atas, ada cara lain yang bersifat alami, yaitu dengan menggunakan daun seledri. Selain bermanfaat untuk mengobati darah tinggi, daun seledri pun bisa mengurangi kadar minyak pada kulit wajah. Untuk mengurangi kadar minyak pada wajah, ambil daun seledri secukupnya. Lalu, potong-potong hingga kecil. Setelah itu, potongan daun seledri dimasukan ke dalam air mendidih. Biarkan rendaman air seledri tersebut selam kurang lebih 15-20 menit. Setelah itu, biarkan dingin.

Setelah dingin, oleskan air seledri yangb sudah direbus tadi ke seluruh bagian wajah. Biarkan olesan tersebut meresap dan mengering. Setelah meresap dan mengering, bilas dengan air hingga bersih. Gunakan ramuan ini 2 hari sekali untuk hasil yang maksimal.

Itu lah Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat bagi Anda dan kulit wajah Anda akan terbebas dari minyak. Selain itu, kulit wajah Anda pun akan terlihat lebih segar dan awet muda. Selamat mencoba.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *