Mengobati Sariawan Pada Bayi – Sariawan pada bayi dan anak – anak adalah kondisi yang jarang sekali terjadi. Hal ini memang bukan termasuk kondisi yang berbahaya, pasalnya akan sembuh sendiri seiring berjalannya waktu. Tetapi kondisi tersebut dapat mengganggu asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya, apalagi jika sikecil tiba – tiba menolak untuk menyusu atau makan. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengobati sariawan pada bayi dan anak yang aman. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi dan Anak yang Aman

Mengoleskan Minyak Kelapa
Cara mengobati sariawan pada bayi dan anak pertama adalah dengan mengoleskan minyak kelapa murni.Di dalam minyak kelapa terkandung asam kaprilat yang dipercaya dapat melawan pertumbuhan jamur dan bakteri dibagian mulutsi kecil. Selain itu, minyak kelapa murni juga aman dan pastinya tidak menimbulkan efek samping.

Cara mengatasis ariawan dengan minyak kelapa murni mudah sekali, Anda hanya perlu mengoleskan minyak tersebut pada bagian puting payudara Anda saat bayi menyusu. Tetapi, jika sikecil menyusu lewat botol, maka Anda bisa mengoleskannya pada bagian dot botol susu yang digunakan.

Menjemur Si Kecil
Salah satu penyebab sariawan padabayi dan anak adalah menurunnya imunitas tubuh. Oleh karenanya, Anda perlu menjemur sikecil dibawah matahari pagi untuk meningkatkan imunitas tubuhnya. Dengan imunitas tubuh yang kuat maka bisa mengatasi sariawan yang dialaminya. Tetapi, Anda tetap tidak disarankan menjemur sikecil yang terlalu lama. Sebaiknya jemur sikecil selama 15 – 30 menit untuk meningkatkan imunitas tubuhnya.

Berikan Cairan yang Cukup
Saat sairawan, sikecil pastinya akan menjadi lebih rewel dan kehilangan nafsu makannya. Kondisi tersebut dikarenakan ada rasa perih saat sikecil mengkonsumsi makanan. Khususnya untuk bayi yang berusia di atas 6 bulan dan sudah mengkonsumsi MPASI, Anda bisa memberikan ASI yang cukup untuk memberikan nutrisi selama ia mogok makan. Sehingga sikecil tetap merasa kenyang dan juga nyaman.

Baca Juga  Pentingnya Mengetahui Cara Menggendong Bayi Sesuai Usia

Menggunakan Es Batu
Sariawan pada bayi dan anak biasanya juga menimbulkan rasa sakit dan perih. Nah, untuk meringankan rasa sakit tersebut Anda bisa menggunakan es batu. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu membungkus beberapa bongkahan es batu dengan kain lembut, kemudian menempelkan pada sariawan. Rasa dingin yang dihasilkan akan membantu menghilangkan rasa sakit dan sekaligus meringankan sariawan yang dialami sikecil.

Menggunakan Soda, Garam dan Air
Untuk mengobati sariawan, Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan campuran yang terdiri dari soda, garam dan juga air. Obat herbal sariawan pada bayi dan anak tersebut akan mengurangi bengkak dan membuat sariawan menjadi lebih cepat sembuh.

Caranya adalah dengan mencampurkan ½ sendok teh soda kue, ½ sendok teh garam halus dan 1 gelas air putih. Rendam beberapa kapas dalam air campuran tersebut, lalu peras dan tempelkan pada bagian sariawan.

Memilih Buah dan Sayuran Mengandung Vitamin C
Anda juga bisa memberikan buah dan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C dalam MPASI untuk mengobati sariawan yang dideritasi kecil. Haluskan buah seperti jambu, papaya atau sayuran brokoli dan kale untuk meredakan sariawan pada anak Anda .

Berikan Air Kelapa
Terakhir adalah dengan menggunakan air kelapa. Air kelapa adalah cairan yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya yaitu untuk meredakan dan mengobati sariawan. Namun demikian, cara tersebut hanya disarankan jika sikecil sudah memasuki usia 6 bulan keatas.

Nah, itulah cara mengobati sariawan pada bayi dan anak yang aman bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.