Ciri-Ciri Mudah Mengetahui Kehamilan

Ciri-Ciri Kehamilan

Ciri-Ciri Kehamilan –┬áKehamilan merupakan sebuah tahapan yang dialami seorang wanita yang sudah menikah. Selain itu kehamilan merupakan sesuatu yang paling dinantikan oleh wanita yang sudah menikah. Bisa dikatakan bahwa kehamilan merupakan tahap awal untuk menantikan kelahiran si buah hati yang merupakan anugerah dari Sang Maha Pencipta.

Kehamilan yang dialami seorang wanita memiliki ciri-ciri. Tentunya, ciri-ciri tersebut harus diketahui oleh para wanita khususnya dan para suami umumnya. Mengapa para suami harus mengetahui bagaimana ciri-ciri kehamilan? Hal ini agar suami lebih care dan lebih mengetahui kondisi istri jika mengalami kehamilan. Nah, secara umum, ciri-ciri kehamilan ditandai dengan gejala yang terjadi pada wanita, seperti mual dan terlambat bulan. Tanda-tanda kehamilan itu biasanya bisa diperkuat dengan hasil uji tes kehamilan yang dilakukan di dokter atau hanya dengan menggunakan alat tes biasa yang bisa didapatkan di apotek.

Ciri-Ciri Mudah Mengetahui Kehamilan

Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri kehamilan yang umum dialami oleh setiap ibu hamil.

1. Terlambat Haid
Ciri kehamilah yang umum dialami oleh setiap ibu hamil adalah terlambat haid. Ya, wanita hamil tidak akan mengalami haid selama proses kehamilan. Jadi, terlambat haid bisa dikatakan sebagai ciri umum terjadinya kehamilan. Jika Anda atau istri Anda biasa mengalami siklus haid yang teratur, haid yang terlambat seminggu harus menjadi acuan bahwa itu merupakan tanda kehamilan.

Jika Anda mengalami keterlambatan haid lebih dari seminggu, hal itu harus dicermati dan cobalah untuk menguji kehamilan dengan menggunakan alat tes kehamilan terlebih dahulu.
Untuk menguji kehamilan sendiri, dapat membeli alatnya yang dijual di apotek atau supermarket.

Jika alat uji kehamilan tersebut menunjukkan positif, ambil tindakan lanjut dengan memeriksakan ke dokter untuk memastikan kabar gembira tersebut. Namun, jika siklus haid Anda atau istri Anda memang tidak normal, bisa jadi hal itu dikarenakan pola hidup yang tidak sehat atau stres.

2. Muntah atau Mual pada Pagi Hari
Ciri umum dari sebuah kehamilan adalah timbulnya rasa mual atau rasa ingin muntah. Rasa mual atau ingin muntah ini biasanya terjadi pada pagi hari sehingga gejala ini biasa disebut dengan istilah morning sickness. Gejala mual atau morning sickness ini umum terjadi pada semua wanita hamil. Rasa mual atau rasa ingin muntah ini terjadi akibat perubahan hormon dalam darah yang mengakibatkan rasa mual pada perut. Gejala mual ini biasanya terjadi pada waktu trisemester pertama kehamilan dan akan hilang dengan seiring bertambahnya usia kehamilan.

3. Sering Buang Air Kecil
Ciri-ciri kehamilan selanjutnya adalah sering buang air kecil. Pada ibu hamil, akan terjadi gejala sering buang air kecil. Hal itu dipicu karena perubahan hormon dalam darah yang mengakibatkan sirkulasi darah dalam tubuh meningkat. Hal ini mengakibatkan ginjal bekerja lebih berat sehingga memproduksi air seni dalam jumlah yang lebih banyak. Semakin bertambah umur kehamilan, semakin besar pula ukuran janin yang ada di dalam rahim. Hal ini mengakibatkan terjadinya penekanan organ-organ di dalam tubuh, termasuk kandung kemih. Akibat dari hal itu, kapasitas kandung kemih menjadi lebih sempit sehingga lebih cepat penuh dan membuat Anda lebih sering melakukan buang air kecil.

4. Mudah Lelah
Ciri kehamilan lainnya adalah mudah lelah. Mudah lelah yang dialami ibu hamil bukan berati banyak melakukan kegiatan. Hal itu dialami karena meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh. Hormon ini berperan sebagai depresan alami bagi system saraf pusat yang menyebabkan merasa mudah mengantuk atau mudah lelah.

ciri hamil muda

Selain itu, pada waktu trisemester pertama kehamilan, tubuh akan bekerja lebih keras untuk memompa hormon dan memproduksi lebih banyak darah agar nutrisi bayi dalam kandungan terpenuhi. Rasa khawatir pun menyebabkan energi berkurang saat hamil. Untuk mencegah atau mengatasi gejala cepat lelah, perbanyaklah waktu istirahat dan konsumsi makanan bergizi.

5. Rasa Aneh pada Mulut
Ciri kehamilan lainnya adalah timbulnya rasa aneh pada mulut. Hal ini dipengaruhi perubahan hormon saat hamil. Perubahan tersebut berpengaruh pada indra perasa dan penciuman. Perubahan hormon terkadang menyebabkan timbulnya rasa seperti logam pada mulut. Perubahan ini mengakibatkan Anda tidak suka makanan tertentu dan hanya menyukai makanan tertentu pula. Jika mengalami gejala seperti itu, atasi dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil, tapi sering. Hal ini sengat penting agar janin dalam kandungan tetap mendapatkan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh sehat.

6. Payudara Berubah
Salah satu ciri kehamilan yang yang paling umum adalah terjadinya perubahan fisik. Selain perut membesar dan berat badan naik, ada hal lain yang menjadi ciri kehamilan, yaitu perubahan pada payudara. Selain ukuran payudara yang menjadi lebih besar, payudara pun kadang terasa nyeri saat dipegang dan tentunya payudara akan terasa lebih berat. Ciri lain dari perubahan fisik pada payudara adalah daerah puting atau areola akan semakin menghitam dan melebar.

7. Terjadi Kram Perut dan Bercak Merah Muda
Salah satu ciri terjadinya kehamilan adalah terjadinya kram perut dan timbulnya bercak merah muda. Tanda ini terjadi antara minggu ke-3 dan minggu ke-4 periode kehamilan. Pada fase ini, akan terjadi flek yang diakibatkan oleh tertanamnya sel telur yang telah dibuahi di dalam rahim. Pada fase tersebut, darah dilepas saat sel telur yang dibuahi melekatkan diri pada dinding rahim. Terjadinya flek ini juga diiringi terjadinya kram perut sehingga sering salah diartikan sebagai nyeri haid.

8. Kembung
Kembung ternyata menjadi salah satu ciri kehamilan. Kembung terjadi karena adanya perubahan rahim. Jadi, wajar jika wanita hamil mengalami perut kembung.

9. Sembelit
Salah satu ciri kehamilan adalah susah buang air besar. Pada wanita hamil, produksi hormon progesteron meningkat sehingga mengendurkan otot-otot rahim dan otot-otot dinding usus. Hal itu akan menyebabkan susah buang air besar. Namun, hal itu memiliki nilai positif, yaitu terjadi proses penyerapan nutrisi yang lebih baik.

10. Temperatur Suhu Basal Tubuh Meningkat
Ciri-ciri kehamilan lainnya adalah meningkatnya suhu basal tubuh. Suhu basal tubuh dapat diartikan sebagai suhu terendah yang dicapai oleh tubuh dalam keadaan istirahat (tidur). Oleh karena itu, pada wanita hamil, suhu basal tubuh akan meningkat.

11. Sering Terjadi Pusing atau Sakit Kepala
Ternyata, pusing atau sakit kepala pun sering dialamai oleh wanita hamil. Hal ini bisa saja diakibatkan faktor fisik, seperti kelelahan, rasa lapar, tekana darah. Selain itu, seringnya terjadi pusing pada wanita hamil bisa juga diakibatkan secara emosional karena perasaan tegang dan depresi.

Tanda-tanda wanita hamil yang telah disebutkan di atas bersifat tidak mutlak harus terjadi pada semua wanita pada awal kehamilannya. Namun, ciri-ciri tersebut yang paling dirasakan oleh seorang wanita yang sedang hamil. Ciri-ciri kehamilan yang terjadi pada wanita yang sedang hamil sangat bervariasi, bahkan ada yang tidak memiliki keluhan sama sekali walaupun sedang mengandung. Oleh karena itu, lebih baik untuk memastikannya lagi, lakukan tes kehamilan secara personal menggunakan test pack atau bisa ke bidan/dokter kehamilan untuk melakukan kehamilan.

Nah itulah penjelasan mengenai ciri-ciri kehamilan. Semoga penjelasan yang disampaikan bermanfaat bagi Anda dan semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *