Jeruk Nipis, si Ijo yang Sarat Manfaat

4 min read

jeruk nipis

Jeruk Nipis – Anda tentu tidak asing dengan buah ini, bukan? Buah ini terkenal dengan aneka khasiatnya yang luar biasa. Buah ini pun mudah ditemukan. Pasar tradisional adalah tempat yang paling mudah untuk menemukan jeruk nipis. Bentuk dan aromanya yang khas sangat mudah untuk dikenali.

Jeruk nipis adalah sejenis tanaman perdu yang menghasilkan buah. Pohon ini memiliki banyak dahan dan ranting dengan batang pohonnya berkayu keras. Yang paling banyak digunakan tentu saja buahnya yang bercita rasa asam itu.

Ketika berumur dua setengah tahun, pohonnya mulai berbuah. Air perasan jeruk ini sering digunakan untuk menggantikan cuka, terutama dalam hal menambah cita rasa makanan.

Itu hanya salah satu manfaat saja. Buah jeruk nipis sendiri tidak berukuran besar. Diameternya hanya berkisar antara 3 hingga 6 sentimeter. Buah ini memiliki nama Latin Citrus aurantifolia dan tergolong salah satu di antaranya lebih seribu jenis jeruk di dunia ini. Buah ini mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi dan berguna sebagai antioksidan.

Orang Indonesia tidak bisa lepas dari jeruk nipis ini. Entah hanya digunakan untuk melezatkan masakan, mengobati penyakit tertentu, atau hanya sekadar menghaluskan tumit kaki yang pecah-pecah. Bentuknya memang sederhana, harganya pun tergolong sangat murah, tapi jangan ditanya manfaat dari buah ini yang menyimpan segudang manfaat yang luar biasa.

Kandungan Jeruk Nipis
Jeruk nipis adalah buah yang sangat bermanfaat. Apakah kebetulan Anda seorang penggemar makanan serbaikan? Jika ya, tentu Anda sangat paham akan manfaat jeruk untuk ikan.

Apalagi kalau bukan menghilangkan aroma amisnya. Nipis mampu menetralkan bau amis dari ikan yang menusuk hidung. Sebelum ikan digoreng, orang biasanya membubuhkan perasaan air jeruk ini dan garam pada ikan yang masih mentah. Setelah itu, baru digoreng atau diolah sesuai keinginan.

Baca Juga  Penyebab Tekanan Darah Rendah dan Gejalanya

Apa saja kandungan buah ajaib bernama jeruk nipis ini? Buah ini mengandung berbagai unsur-unsur kimia yang sangat bermanfaat. Misalnya, limonen, sitral, geranil asetat, fellandren, dan linalin asetat.

manfaat jeruk nipis

Dalam setiap 100 gr jeruk ini, terdapat kandungan aneka unsur, misalnya 11,4 gr karbohidrat, 23 mg fosfor, 51 kal kalori, 0,2 gr lemak, 49 mg asam askorbat, 0,9 gr protein, 33 mg kalsium, 0,5 mg kalsium.

Jeruk ini juga dianggap sebagai salah satu tanaman herbal yang sangat penting dan sarat manfaat sehingga dapat dikatakan bahwa nipis tidak dapat disepelekan. Sayang sekali melewatkan kesempatan untuk memanfaat buah ini karena dijamin banyak kegunaannya.

Jeruk Nipis dan Kecantikan

Ingin memiliki tubuh yang langsing, rambut yang sehat, atau kulit yang halus? Salah satu jawabannya adalah jeruk nipis. Tidak percaya? Anda bisa membuktikannya sendiri.

Jeruk bisa membantu Anda mengatasi masalah seperti itu. Anda hanya perlu menyeduh secangkir penuh teh hijau. Lalu, bubuhkan perasan air tadi di atasnya, kemudian aduk rata.

Tidak usah banyak-banyak, cukup satu buah saja. Lalu, minum dengan rutin, minimal dua kali sehari, saat pagi dan petang. Anda akan segera melihat hasilnya.

Tapi ingat, harus dilakukan secara teratur. Tidak mungkin berat badan akan menyusut jika hanya dikonsumsi sesekali.

Rambut rontok dan berketombe juga bukan hal aneh. Kebanyakan wanita bermasalah dengan keduanya. Cara mengatasinya pun tidak terlalu sukar. Anda hanya butuh buah ini.

Iris tipis, lalu gosokkan di kulit kepala hingga merata. Biarkan beberapa saat, baru kemudian dibilas sampai bersih. Anda boleh menggunakan sampo seperti biasa. Lakukan secara rutin. Bahkan, ada yang membungkus kepalanya dengan handuk hingga semalaman demi mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Baca Juga  20 Cara Diet Sehat Alami dan Cepat

Jika mengidamkan rambut yang lebat, nipis dapat dicampur dengan kuning telur, lho! Sebutir kuning telur ayam kampung dicampur dengan perasan tiga buah jeruk nipis. Kemudian, Anda tinggal mengaplikasikannya di kepala hingga merata.

Untuk hasil terbaik, jangan langsung membilas kepala secepatnya. Bungkus kepala dengan menggunakan shower cap atau penutup khusus untuk bagian ini. Biarkan kira-kira dua jam, agar ramuan bekerja dengan sempurna. Setelah itu, Anda bisa membilas rambut seperti biasa.

Anda berjerawat? Tidak usah cemas! Oleskan irisan jeruk nipis di jerawat Anda. Tidak lama lagi jerawat akan mengempis dan kemudian sembuh. Efeknya sama seperti obat jerawat yang biasa digunakan.

Sementara tumit kaki yang pecah-pecah dan menghitam pun dapat disembuhkan dengan jeruk nipis ini. Anda harus menggosok tumit kaki dengan potongan nipis. Tentu saja harus dilakukan teratur. Tidak butuh waktu yang lama agar tumit kaki Anda tampil mulus kembali seperti sediakala.

Jika ingin kulit tampil lebih putih pun, caranya senada. Jeruk nipis digosokkan pada area yang ingin diputihkan, misalnya saja di siku atau lutut. Setelah digunakan beberapa waktu, Anda akan melihat perubahan warna yang cukup mencolok sebagai tanda bekerjanya cara ini.

Jeruk nipis bahkan bisa digunakan untuk mengecilkan perut bagi perempuan yang baru saja melahirkan. Caranya jeruk sebelumnya dibakar lebih dahulu. Airnya diperas dan dicampur dengan air kapur sirih. Campuran ini dioleskan di bagian perut sebelum dibungkus dengan gurita atau korset. Lakukan dua kali sehari. Anda akan bisa melihat bagaimana kondisi perut perlahan-lahan mulai menyusut. Murah dan mudah, namun berkhasiat.

Bermasalah dengan ketiak yang berbau? Potong jeruk nipis yang berukuran besar menjadi dua bagian. Kemudian olesi dengan sejumlah kapur sirih hingga rata. Tidak perlu tebal, cukup tipis-tipis saja.

Baca Juga  7 Cara Agar Terhindar dari Virus Corona

Lalu, oleskan ke ketiak dan biarkan hingga mengering. Setelah itu, bilas hingga bersih. Anda bisa melakukannya pagi dan sore. Untuk masalah ini, daun jeruk nipis yang masih muda pun bisa dikonsumsi. Sepuluh lembar daun ditumbuk sampai halus dan dikonsumsi sebanyak tiga kali dalam sehari. Niscaya masalah bau badan ini akan segera teratasi.

Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
Jeruk ini juga sangat berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Yang paling sering ditemukan adalah untuk menyembuhkan batuk atau radang tenggorokan. Jeruk diperas airnya dan dicampur dengan sesendok kecap manis.

jeruk nipis dan kecap

Campuran ini diminum. Jika tidak suka, kecap bisa diganti dengan madu dan sedikit garam. Bisa juga diganti dengan gula batu. Anda bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari. Niscaya Anda tidak perlu ke dokter.

Penyakit-penyakit lain seperti demam, ambeien, amandel, kurap, vertigo, terkilir, darah tinggi, dan pegal linu pun dapat disembuhkan dengan jeruk nipis. Tentunya, buah ini masih harus dicampur dengan beberapa bahan lain. Kadang malah menggunakan akar atau daunnya, dan bukan buahnya.

Banyak sekali manfaatnya, bukan? Jadi, kita tidak dapat mengabaikan kehadiran jeruk nipis begitu saja. Buah yang tampaknya begitu sederhana dengan harga yang sangat murah, ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa. Tidak bijak menilai sesuatu hanya berdasarkan penampilannya belaka. Bukan begitu?

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *