Khasiat Buah Pepino untuk Obat Diabetes

5 min read

Khasiat Buah Pepino

Khasiat Buah Pepino – Bila Anda mencari di situs google gambar buah pepino, maka Anda akan melihatnya seperti buah terong. Namun, ada juga yang seperti buah pir. Buah ini memang bukan berasal dari Indonesia. Buah ini berasal dari Amerika. Memang sudah di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Hanya saja, ia kurang masyhur seperti buah-buahan impor lainnya.

Ragam Khasiat Buah Pepino, Buah Asli Amerika

Ciri-Ciri Buah Pepino
Secara umum, pepino memiliki warna hijau muda, namun agak kekuning-kuningan. Di tengah buahnya terdapat garis berwarna cokelat yang sedikit agak gelap dan ada juga yang berwarna ungu muda. Ada bercak putihnya juga, plus warna garisnya ungu tua.

Dari segi daging, buah yang berasal dari Amerika Selatan persis seperti buah melon dan timus mas. Bila Anda membelah buahnya akan terdapat biji-biji kecil di tengah buahnya. Rasanya memang cukup aneh. Boleh dibilang hambar. Kenapa penulis katakan demikian? Karena ia memiliki rasa yang tidak manis dan juga tidak masam.

Selain memiliki ciri yang berbeda dengan buah lainnya. Buah yang berasal dari kawasan Pegunangan Andes di Amerika Selatan ini juga memiliki banyak nama. Di antaranya disebut dengan buah husada dewa, buah terong garis, buah melodi ungu, pepino dulce, mellow fruit, melosa, dan lain-lain.

Manfaat dan Khasiat Buah Pepino
Buah yang sering disebut dengan melodi ungu ini memiliki khasiat yang luar biasa, baik saat matang maupun mentah. Jika pepino dalam kondisi mentah dapat menjadi obat penyakit gula atau diabetes, maag, stroke, batu ginjal, dan bisa digunakan untuk menghambat kegemukan. Sedangkan pepino matang, ia memiliki khasiat untuk mengobati darah tinggi, sariwan, ambien, rematik, dan asam urat.

Baca Juga  Jadi Bahan Hand Sanitezer, Yuk Simak 7 Khasiat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit

Karena itu, tak mengherankan bila pepino dijual dengan harga yang agak mahal. Karena dalam kondisi bagaimanapun ia memiliki nilai jual.

Gizi yang Terdapat di Dalam Pepino
Pepino yang diklaim bisa mengobati diabetes ini sangat layak dikaji dari sisi gizinya. Untuk menghilangkan kebimbingan Anda, penulis mencoba mengutarakan satu per satu kandungan yang terdapat di dalamnya.

  • Di dalam pepino terdapat vitamin B dan vitamin C. Sudah jamak diketahui, bahwa vitamin B memiliki fungsi yang sangat berkaitan dengan metabolism tubuh. Sedangkan vitamin C berfungsi sebagai ketahanan tubuh dan mengandung zat antioksidean. Jika pepino 100 gram, maka kandungan vitamin C sekitar 25 mg.
  • Protein, zat besi, kalsium, dan fosfor juga menjadi kandungan dalam buah yang mirip dengan timun mas.
  • Di dalam pepino juga terdapat betakaroten yang kerap disebut sebagai provitamin A. Bila masuk ke dalam tubuh akan sangat berguna bagi kesehatan.
  • Demikian halnya, di dalam pepino juga ada serat makanan yang sangat bagus dalam hal penunjang kesehatan. Inilah sejatinya yang menyebabkan pepino menjadi obat untuk orang yang menderita sakit gula atau diabetes karena kandungan seratnya tersebut.

Cara Menikmati Pepino

buah pepinoSetelah Anda tahu tentang nama pepino hingga manfaatnya, penulis pun ingin membeberkan bagaimana cara menikmati pepino. Berikut ini cara menikmati buah pepino.

  • Pilihlah pepino yang agak liat, bukan terlalu lembek dan tidak juga terlalu keras. Kondisinya bisa ditebak melalu jari tangan ketika menekan pepino. Ini artinya, jangan pernah menikmati pepino yang lembek dan bonyok.
  • Pepino yang matang akan tampak dari warna kulitnya, yaitu kekuning-kuningan atau kemasan. Jika pepino berwarna hijau jangan pernah memilihnya karena itu belum begitu matang. Tapi, bila untuk menjadi obat tidak mengapa memilihnya.
  • Pepino adalah jenis buah yang gampang rusak dan busuk. Karena itu, bila sudah memetiknya dari pohon segera masukkan ke dalam plastik dan masukkan ke dalam kulkas. Bila di dalam kulkas, ia akan mampu bertahan sampai 3-7 hari.
  • Apakah memakan pepino harus dengan kulitnya atau tidak? Pepino bisa dimakan langsung dengan kulitnya dan bisa juga dikupas. Jika dimakan kulitnya juga tidak mengapa karena tidak menggangu kesehatan.
  • Sebagaimana penulis jelaskan di atas, bahwa pepino adalah jenis buah yang rasa hambar. Maka, jika ingin menambahnya menjadi lebih memiliki citra rasa, maka tambahkanlah jeruk nipis atau melon.
Baca Juga  Manfaat Mengkonsumsi Bayam Untuk Kesehatan

Jus Pepino feat Semangka
Di saat mudahnya membuat jus saat ini karena kehadiran juicer, maka pepino pun bisa di juicer dengan kombinasi bersama semangka merah yang manis. Jus ini sangat baik dikonsumsi karena memiliki serat dan kalsium yang baik, khususnya untuk hipertensi dan mengatasi penyakit jantung. Mau tahu cara membuat jusnya? Berikut cara-caranya.

  • Ambillah pepino ungu sebanyak 500gr.
  • Siapkan juga semangka merah 500gr.
  • Air jeruk nipis sebanyak ½ sendok makan.
  • Es batu secukupnya.

Untuk membuat jusnya, ikutilah langkah-langkah berikut ini.

  • Ambil pepino kemudian potonglah kecil-kecil.
  • Setelah itu, kupaslah semangka dan potonglah dengan kasar.
  • Setelah itu, masukkanlah keduanya, yaitu pepino dan semangka ke dalam juicer. Juicerlah dalam kondisi halus dan bercampur. Setelah itu, tambahkanlah air jeruk nipis yang sebanyak ½ sendok makan.
  • Bila Anda suka yang dingin, maka campurkan es batu ke dalam hasil juicer tersebut. Kini, Anda sudah bisa menikmatinya.

Baca juga: Manfaat Buah Timun Untuk Kecantikan

Bisnis Jus Pepino, Kenapa Tidak?
Di tengah geliatnya dunia bisnis, tak ada salahnya bila Anda membuka usaha jus pepino. Karena buah ini mengandung banyak manfaat bila dikonsumsi. Khususnya para penderita penyakit diabetes atau gula, mereka akan bisa menjadi konsumen tetap Anda.

Mental menjadi pengusaha pepino adalah mental yang siap menjadi orang kaya. Pasalnya, usaha yang dilakukan adalah usaha yang berkaitan dengan kesehatan. Umumnya, usaha-usaha yang berkaitan dengan pendidikan dan kesehatan selalu banjir konsumen.

Karena itu, cobalah untuk membangun usaha pepino. Coba untuk membangun kerja sama dengan para petani pepino. Anda bisa memesan kepada mereka setiap harinya berapa kilo. Lalu, Anda bisa mendagangkannya dalam bentuk jus ataupun dalam bentuk asli.

Baca Juga  Benarkah Nanas Dapat Menggugurkan Kandungan

Hanya kesabaran yang bisa membantu Anda untuk susah. Tak hanya menjual buahnya saja, coba juga melakukan eksprimen untuk menanam pepino di provinsi lain. Jika ternyata hidup, maka Anda pun bisa menjadikannya lahan bisnis. Tentu saja, usaha seperti ini, sekali lagi, membutuhkan kesabaran yang tinggi.

Jika usaha pepino Anda menghasilkan, maka akan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Namun, Anda tak perlu merasa tersaingi karena Anda adalah orang yang paling utama dalam berbisnis pepino.

Meski demikian, Anda harus bijak dalam berdagang. Jangan pernah memasarkan hanya dengan model yang selama ini dilakukan. Tapi, hendaklah juga memberikan inovasi yang baru.

Inilah artikel tentang Khasiat Buah Pepino, yang diawali dengan menceritakan buahnya, manfaatnya hingga cara berbisnisnya. Karena, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Mengonsumsi buah ini adalah salah satu pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk tetap sehat atau terhindar dari penyakit gula. Selamat mencoba.

lisa puspita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *