Segudang Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga –┬áPenelitian yang intensif dan rekayasa teknologi dalam bidang pertanian dan perkebunan telah memungkinkan ditemukannya varietas unggul dari berbagai macam buah dan sayuran lengkap dengan manfaatnya yang luar biasa, salah satunya adalah manfaat Buah Naga. Manfaat Buah Naga untuk kesehatan terutama mengatasi berbagai macam penyakit ini bisa diketahui setelah para peneliti terus melakukan penelitian secara intensif terhadap berbagai macam kekayaan nabati. Tentu saja hasil ini sangat menggembirakan terutama karena masyarakat bisa mengkonsumsi berbagai macam buah-buahan dan sayuran yang benar-benar kaya manfaat terutama untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya pengobatan di negeri ini tidaklah murah. Maka dengan ditemukannya berbagai macam manfaat buah-buahan yang gampang didapat dengan harga murah, menjadi alternatif untuk pengobatan yang kemudian dikenal sebagai pengobatan alternatif herbal. Bila melihat manfaat Buah Naga yang kaya dengan protein, suatu hari manfaat buah ini akan semakin optimal sehingga menjadi bagian dari pengobatan dengan herbal tadi.

Asal Muasal Buah Naga
Buah naga atau dalam bahasa latinnya hylocereus polyrhizus, adalah salah satu buah yang mempunyai bentuk oval merah dengan sisik hijau besar. Daging buah naga ini berbintik-bintik dengan biji hitam kecil. Buah ini mempunyai rasa sedikit manis atau agak hambar. Dalam praktek sehari-hari Buah Naga seringkali menjadi bahan utama es campur. Namun karena Buah Naga ini termasuk bukan buah utama yang dihasilkan para petani di Indonesia, sehingga tidak bisa sepanjang tahun bisa ditemukan di pasaran.

Jenis Buah Naga

Memang tidak diragukan lagi bahwa manfaat Buah Naga bagi kesehatan sangat tinggi. Buah ini biasanya ada yang berwarna merah tua, namun ada juga yang berwarna kuning dan merah muda. Kalau kita lihat dari kandungannya baik Buah Naga Merah, buah naga kuning maupun Buah Naga Merah muda, tidaklah terlalu berbeda, semua mengandung senyawa esensial baik untuk tubuh manusia.

Buah Naga baik di Indonesia maupun di dunia, belumlah terlalu lama dikenal. Namun demikian buah ini memiliki sejarah yang panjang melewati masa berabad-abad. Buah naga konon berasal dari Aztec, Amerika Tengah, yang telah ditemukan sejak abad ke-13. Orang Prancis diyakini telah membawa buah naga ke Vietnam, di mana sekarang buah naga tesebut mulai diekspor dalam jumlah besar ke berbagai negara di dunia.

Buah naga termasuk tumbuhan yang tidak manja, artinya buah naga ini akan tumbuh dengan baik apakah itu di daerah beriklim kering, tropis, maupun di daerah beriklim subtropis. Dan tanaman ini bisa tumbuh hampir di setiap jenis tanah. Walaupun Buah Naga ini berasal dari Amerika Tengah, tetapi sekarang buah tersebut telah tumbuh di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Tak terlalu jelas dan bisa ditelusuri, sebenarnya sejak kapan Buah Naga masuk ke Indonesia. Namun demikian para peneliti terus bekerja untuk mengetahui manfaat dan mengoptimalkan Buah Naga ini selain sebagai tanaman yang enak dimakan, menjadi buah untuk campuran es campur.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga cukup banyak, meskipun belum secara luas dikenal oleh kalangan masyarakat umum. Buah ini menurut penelitian bisa membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah kita, sehingga buah ini menjadi favorit bagi para penderita diabetes. Para penderita diabetes menggunakan Buah Naga ini sebagai makanan pengganti rendah gula. Cara mengkonsumsinya sendiri bisa langsung dimakan setelah buah ini matang atau dengan cara diolah. Di Indonesia sendiri terutama di daerah yang berudara panas, Buah Naga gampang ditemukan sebagai campuran minuman segar es campur.

Buah Naga mengandung serat yang cukup tinggi yang berguna membantu mengurangi lemak dan mengatur pencernaan. Karoten yang terkandung di dalamnya dapat membantu kesehatan mata kita. Dengan demikian apabila secara rutin mengkonsumsi Buah Naga, sangat baik untuk kesehatan terutama yang sering bermasalah dengan pencernaan atau penyakit sembelit. Penyakit sembelit secara umum memang disebabkan kekurangan serat di dalam makanan yang dikonsumsi. Akibat kekurangan makanan berserat inilah yang menyebabkan susah buang air besar dan akan mengakibatkan sembelit.

Buah naga memiliki vitamin C, B1, B2, dan B3 tingkat tinggi, fosfor, serta kalsium dan protein yang membantu pembentukan jaringan. Buah dengan daging merah ini mengandung lycopene, sebuah zat yang berfungsi untuk membantu memerangi penyakit jantung dan kanker, serta menurunkan tekanan darah.

Dengan memperhatikan manfaat Buah Naga bagi kesehatan yang demikian banyak, memang sudah selayaknya siapapun yang berkompeten dengan rekayasa genetika, pertanian, perkebunan, untuk meningkatkan produksi Buah Naga ini sehingga manfaat Buah Naga ini semakin dirasakan oleh masyarakat terutama masyarakat kurang mampu yang sangat kesulitan apabila menderita penyakit berbahaya seperti kanker atau penyakit jantung. Kalau bisa diatasi dan dicegah sejak dini dengan mengkonsumsi dan mengoptimal manfaat Buah Naga, tentu jauh lebih daripada menunggu penyakit benar-benar kronis.

Baca juga: 1001 Manfaat Pisang Bagi Tubuh Manusia

Cara Mengonsumsi Buah Naga
Anda telah mengetahui manfaat Buah Naga. Kini saatnya Anda mulai mengkonsumsinya. Buah naga ini sangat juicy. Dengan mudah Anda bisa membuatnya menjadi sebuah jus. Satu cangkir jus Buah Naga mengandung sekitar 100 kalori. Bagi penggemar minuman jus, tentu saja bisa mencampur Buah Naga ini dengan bahan lainnya yang juga bermanfaat, sehingga manfaat Buah Naga akan semakin tinggi. Misalnya saja untuk penggemar jus yang cenderung manis, bisa mengganti gula putih dengan campuran susu cair dan madu. Rasanya selain lebih nikmat, manfaatnya juga jauh lebih baik. Dalam berbagai macam referensi telah diketahui bagaimana manfaat madu tersebut.

Anda juga bisa memakannya secara langsung. Caranya dengan membelah buah tersebut menjadi dua bagian. Ambil isinya dengan sendok untuk disantap langsung. Jangan khawatir, untuk Biji buah ini tidak perlu kita buang, dikarenakan ukurannya kecil dan tidak keras. Selain itu, biji buah tersebut mengandung serat dan lemak tak jenuh. Karena itulah bila anda membeli semangkuk es campur, akan menemukan daging Buah Naga yang berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Bintik-bintik hitam itulah biji Buah Naga. Bila tergigit terasa agar sedikit kecal namun tidak keras seperti biji jambu. Jadi kalaupun langsung dimakan atau ditelan begitu saja tidak akan mengganggu. Rasa Buah Naga apabila dimakan langsung, dingin dan segar, manisnya tidak terlalu bahkan cenderung tawar.

Karena cita rasa Buah Naga ini tidak selezat apel maupun anggur, dalam mengkonsumsinya disarankan diolah terlebih dahulu, minimal dengan dibuat jus sehingga bisa dicampur dengan bahan lain. Atau bila memang ingin merasakan kelezatan buah tanpa kehilangan manfaatnya, bisa dijadikan pelengkap es campur. Silakan rasakan sensasi dari buah yang memiliki banyak manfaat ini. Itulah manfaat Buah Naga, dari sekedar pereda rasa haus dan lapar, sampai dengan mampu menjaga seseorang yang rajin mengkonsumsinya dari serangan penyakit kanker, jantung dan sembelit.

Selamat menikmati dan dapatkan manfaat Buah Naga untuk kesehatan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *