7 Manfaat Daun Ketepeng Cina Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ketepeng Cina

Manfaat Daun Ketepeng Cina – Pengobataan tradisional dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan tak kalah hebatnya dengan pengobatan medis berbahan kimia. Banyak sekali tumbuhan yang dapat di ambil manfaatnya, di antaranya yaitu daun ketepeng cina. Manfaat daun ketepeng cina untuk pengobatan tradisional cukup ampuh untuk berbagai penyakit, terutama yang diakibatkan oleh jamur. Pengobatannya aman dan tidak beresiko.

Daun ini mengandung zat antimicrobial yang bersifat fungistatik, berfungsi menghambat proses pemanjangan hifa (misellium) jamur, sehingga jamur tidak dapat berkembang-biak.

Beragam Manfaat Daun Ketepeng Cina

Daun ketepeng cina (Cassia alata L.) adalah tumbuhan dikotil dengan sistem perakaran tunggang. Akarnya bercabang-cabang berbentuk kerucut panjang yang senantiasa tumbuh lurus ke bawah. Berfungsi untuk memperluas penyerapan dan memperkuat tegaknya batang.

Tumbuhan ini hidup di dataran rendah hingga daerah beketinggian 1400 meter dibawah permukaan laut. Berasal dari daerah tropik Amerika. Ia merupakan tumbuhan berkayu yang ketinggiannya bisa menjadi kurang lebih 3 meter. Batangnya berbentuk bulat dan mempunyai percabangan simpodial.

Sementara, daun ketepeng cina berbentuk jorong, dengan panjang anak daun 5-15 cm, lebar 2,5-9 cm. Ujung daunnya tumpul dengan pangkal runcing serta tepi daun rata. Daunnya memiliki tulang menyirip dengan tangkai pendek sepanjang kurang lebih 2 cm. Berwarna hijau.

Ketepeng cina berbunga majemuk dengan memakai tandan dan kelopak berbagi lima. Mahkotanya berbentuk kupu-kupu berwarna kuning. Tumbuhan ini mempunyai buah berbentuk polong-polongan dengan ukuran panjang sekitar 18 cm dan lebar 2,5 cm. Biji yang terdapat dalam polong berbentuk segitiga lancip, pipih, berwarna hijau ketika muda dan berwarna hitam bila tua. Setiap polongnya terdapat 50-70 biji.

Di Indonesia, ketepeng cina mempunyai banyak sebutan bagi daerah-daerah di Indonesia. Ketepeng kebo (jawa) Acon-acon (Madura) Ketepeng badak (Sunda), Kupang-kupang (Ternate), Sajamera (Halmahera), Tabakun (Tidore), daun kupang, gelenggang, daun kurap (Sumatera).

Baca Juga  10 Manfaat Madu untuk Kecantikan

Pada umumnya, ketepeng cina adalah tumbuhan liar. Namun tumbuhan ini dapat dibudidayakan dengan biji-bijinya. Terlebih dahulu bijinya disemai, dan bibit yang dihasilkan dari penyemaian itu ditanam di kebun atau lahan yang diolah khusus.

Perawatannya cukup mudah, sama halnya dengan tumbuh-tumbuhan lainnya. Siram secara teratur tanaman ketepeng cina untuk menjaga kelembaban tanah. Sinar matahari yang cukup dan pupuk.

Efek farmakologis dan sifat kimiawi yang dihasilkan daun ketepeng cina adalah: berasa pedas, hangat, insektisida, menghilangkan gatal-gatal, pencahar, obat cacing, sariawan, obat kelainan kulit yang disebabkan oleh jamur parasit.

Manfaat daun ketepeng cina bagi pengobatan tradisional disebabkan adanya zat kimia didalamnya seperti rein aloe emodina, rein aloe emodina diantron, rein aloe emodina, asam krisofanat tannin, alkaloida, flavonoida dan antrakinon. Penggunaannya sangat mudah, yaitu dengan cara merebus lalu airnya diminum. Atau dengan cara menggosokkannya pada kulit yang terserang jamur parasit.

Baca juga: Manfaat Mengkonsumsi Bayam Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Daun Ketepeng Cina
Bila Anda sakit, maka tidak melulu Anda harus ke dokter atau menggunakan obat-obatan berbahan kimia pabrikan. Namun Anda dapat mencoba menggunakan kearifan lokal pengobatan dengan tumbuh-tumbuhan.

Daun Ketepeng Cina

Manfaat daun ketepeng terbukti ampuh untuk banyak penyakit seperti: obat kulit, sariawan, obat cacing, pelancar buang air besar, sembelit dan lain sebagianya. Bukan hanya manusia saja, daun ketepeng juga dapat mengobati penyakit pada hewan. Berikut tips-tips penggobatan menggunakan daun ketepeng cina.

 1. Obat kulit

Anda tentu tidak ingin kulit Anda terasa gatal, bercak-bercak dan tak sedap dipandang mata. Daun ketepeng cina dapat mengobati permasalah kulit yang diserang jamur parasit. Daun ini dapat mengobati rasa gatal dan efek buruk yang ditimbulkan oleh jamur. Penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap dapat diobati melalui daun ini dengan cara yang mudah dan aman.

Baca Juga  13 Manfaat Juice Wortel bagi Kesehatan Tubuh

Bahan:

  • 1 genggam daun ketepeng cina yang masih segar
  • sedikit tawas
  • 1 sendok makan kapur sirih

Cara membuat:

semua bahan direbus dan dilumatkan sampai halus menjadi bubur.

Cara menggunakan:

setelah jadi, bahan yang telah dilumatkan, digosokkan pada kulit yang terkena jamur sebanyak 2 kali sehari.

2. Obat pelancar buang air besar
Bagi Anda yang menderita susah buang air besar, Anda dapat mencoba daun ketepeng cina.

Bahan:

  • 6-7 lembar daun ketepeng segar
  • 2 gelas air

Cara membuat:

  • daun ketepeng dicuci bersih
  • rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih (menyisakan 1 gelas)
  • dinginkan

Cara menggunakan:

minum air rebusan sebanyak 2 kali perhari. Dan rasakan khasiatnya.

3. Sariawan
Mengobati sariawan tidak harus menggunakan obat-obatan atau penyegar berbahan kimia. Beralihlah dengan pengobatan alami.

Bahan:

  • ambil 4 lembar daun ketepeng cina segar
  • garam dapur secukupnya

Cara menggunakan:

cuci daun hingga bersih, lalu dikunyah dengan garam dan air kunyahan di telan dan buang ampasnya.

4. Obat cacing
Bahan:

  • 7 lembar daun ketepeng cina segar
  • asam secukupnya
  • 2 gelas air
  • 2 sendok teh bubuk akar kelembak

Cara membuat:

semuah bahan direbus dengan air hingga mendidih, kemudian saring. Dinginkan dan minumlah.

5. Obat kudis
Umumnya, kudis diobati dengan bahan kimia. Namun kini Anda dapat menggantinya dengan obat berbahan alami. Ekonomis, dan tidak beresiko.

Bahan:

10 gram daun segar ketepeng cina

Cara membuat:

daun ketepeng cina dicuci bersih, kemudian ditumbuk sampai halus.

Cara menggunakan:

daun yang sudah ditumbuk halus ditempelkan pada kulit dengan cara dibalut menggunakan kain bersih.

6. Obat koreng pada ternak (sapi, kerbau kambing)
Bila ternak Anda mengalami penyakit kulit yang disebabkan jamur, Anda dapat mengobati penyakit kulit ternak Anda dengan daun ketepeng.

Baca Juga  Algae, Si Kecil yang Sarat Manfaat

Bahan:

7-8 daun ketepeng segar

Cara menggunakan:

  • Mandikan ternak Anda sampai bersih dengan menggunakan sabun.
  • Gosok koreng dengan sikat berbahan lembut, kemudian keringkan di bawah sinar matahari pagi.
  • Cukur bulu di daerah sekitar koreng.
  • Kemudian gosok dengan daun ketepeng cina segar yang telah dibersihkan.
  • Lakukan berulang-ulang minimal satu hari sekali.

7. Obat pencegah jamur pada kolam ikan air tawar
Anda tentu tidak mau kolam ikan Anda tercemar oleh jamur-jamur parasit yang dapat mengganggu kelangsungan ikan Anda. Anda dapat saja mencegahnya dengan bahan kimia pabrikan, namun bahan alami daun ketepeng tentu lebih baik lagi. Selain biaya murah, resiko lebih aman dibandingkan obat berbahan kimia.

Tanaman ini dapat digunakan pada kolam lobster air tawar, ikan nila, ikan hias dan lainnya. Juga dapat digunakan pada kolam pembibitan. Zat-zat daun akan mengurai dan berfungsi sebagai anti/pencegah jamur. Daun tidak beresiko negatif pada ikan.

Bahan:

daun ketepeng cina segar secukupnya (ditentukan berdasarkan ukuran kolam)

Cara menggunakan:

  • Taburkan daun ketepeng cina pada kolam secukupnya.
  • Untuk kolam pembibitan, masukkan satu tangkai daun pada kolam ukuran 2×2.

Daun ketepeng cina terbukti dapat mengobati berbagai penyakit. Kini, tanaman ini banyak mendapat perhatian medis. Tanaman ini terus diuji secara laboratorium untuk mendapatkan khasiat-khasiat untuk pengobatan lainnya. Banyak bukan manfaat daun ketepeng cina bagi kehidupan kita. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x