Waspadai 7 Hal ini Yang Membuat Mata Merah

2 min read

Mata Merah

Mata merah disebabkan karena adanya peradangan yang terjadi di bagian selaput mata yang menyelimuti bagian putih pada mata. Dan pengertian dari peradangan disini adalah reaksi atau pertahanan diri yang dilakukan oleh membran untuk melawan bakteri, virus, agen penyebab alergi dan racun yang berusaha untuk menyerang organ tubuh, salah satunya adalah mata.

Berbagai Penyebab Mata Menjadi Merah

Banyak hal yang menjadi penyebabnya, dan berikut beberapa diantaranya:

1. Virus
Virus yang menginfeksi mata akan mengakibatkan peradangan pada mata sehingga menyebabkan mata menjadi merah. Penyebab mata menjadi merah yang diakibatkan oleh virus akan membuat mata mengeluarkan cairan bening yang tidak berwarna dan disertai gejala lain seperti influenza sehingga menyebabkan hidung tersumbat dan mengeluarkan cairan. Selain itu, virus akan membuat kelopak mata bengkak dan mata akan terasa sakit pada saat melihat sinar terang.

Anda perlu berhati-hati karena mata merah yang disebabkan oleh virus bersifat menular dan untuk mengobati Anda harus segera pergi ke dokter untuk mencegah terjadinya infeksi berkelanjutan yang bisa saja akan menginfeksi organ lain apabila tidak segera dilakukan tindakan oleh dokter.

2. Chlamydia
Chlamydia adalah jenis bakteri yang berasal dari Amerika. Penyebab mata jadi merah karena chlamydia jarang sekali terjadi dan hanya masyarakat yang tinggal Afrika dan negara Timur tengah yang memiliki kemungkinan atau resiko terserang bakteri ini. Penyebab mata merah karena bakteri chylamdia hanya bisa ditularkan secara seksual dan proses penyembuhan harus dilakukan dengan perawatan tetracycline atau erythromycin.

3. Alergi
Alergi akan menyebabkan mata terasa gatal yang disertai dengan keluarnya air mata dan pembengkakan pada selaput mata. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab alergi pada mata seperti serbuk sari dan debu.

Baca Juga  8 Buah Penurun Kolesterol Yang Paling Ampuh

Pengobatannya anda bisa dengan meletakkan handuk dingin dibagian mata serta memberikan obat tetes yang memiliki kandungan decongestant over-the-counter didalamnya.

4. Bahan Kimia
Banyaknya aktivitas yang dilakukan setiap harinya yang bisa menyebabkan bahan kimia masuk ke dalam mata salah satunya adalah makeup dibagian wajah. Apabila tidak dilakukan dengan hati-hati, bahan kimia yang terkandung dalam produk kosmetik akan mengenai bagian mata sehingga mengakibatkan merah.

5. Conjunctivitis
Red eye juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda sedang mengalami gangguan kesehatan atau penyakit seperti rheumatoid arthritis, systemic lupus erythematosus, kawasaki, penyakit ulcerative colitis dan penyakit crohn.

6. Subconjuctival Hemorrhage
Subconjuctival Hemorrhage disebabkan karena kepala megalami tekanan seperti tertawa atau terlalu lama menyelam sehingga menyebabkan pembuluh darah kecil yang berada dibagian putih mata menjadi pecah. Namun Anda tidak perlu khawatir karena subconjuctival hemorrhage tidak akan memberikan dampak buruk pada mata dan tidak akan menyebabkan gangguan pada penglihatan

7. Bakteri
Staphylococci, pneumococci, dan streptococci.adalah beberapa jenis bakteri yang menjadi penyebab mata menjadi merah. Gejalanya biasanya mata terasa nyeri atau sakit, bengkak pada mata dan munculnya kotoran berwarna kuning atau kehijauan yang membuat mata menjadi sulit untuk dibuka.

Cara mengatasinya mata membutuhkan antibotik yang diberikan oleh dokter, yang berfungsi untuk membantu sistem imun dalam tubuh melawan dan membunuh bakteri penyebab mata kita menjadi merah.

Sebaiknya tidak menyentuh mata pada saat tangan dalam keadaan kotor karena bisa menyebakan bakteri yang berada ditangan berpindah ke mata sehingga menyebabkan mata mengalami infeksi.

lisa puspita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *