Disaat pikiran penat, liburan selalu terasa menyenangkan. Agar liburan kita tidak ‘fail’, tentu kita harus merencanakan itinerary dengan baik sebelum memesan tiket pesawat, hotel, ataupun agen tur perjalanan. Bukan tanpa sebab, pernah seorang teman merasakan liburan-nya terasa tidak terlalu menyenangkan akibat banyak-nya biaya tambahan yang diminta agen perjalanan dan juga kesalahan memilih kamar hotel yang ternyata tanpa AC padahal sedang berlibur di pantai. Agar liburan kita lebih maksimal, yuk baca dahulu tips berikut ini,

Baca review hotel di media sosial dan blog yang ditulis oleh travel blogger
Bila ini pertama kali anda ke tempat liburan yang dituju, ada baiknya anda mencoba melihat-lihat dulu review tempat wisata tersebut di media sosial atau blog. Pada umumnya, influencer ataupun travel blogger tersebut akan turut memberikan ulasan tempat mereka menginap.

Tidak hanya yang bepergian dengan budget “koper”, ada juga influencer/travel blogger yang suka bepergian dengan budget “backpacker”. Namun pada umumnya influencer/travel blogger tidak terlalu “blak-blakan” masalah kekurangan hotel yang mereka kunjungi. Sebagai perbandingan, anda bisa melanjutkan ke tips selanjutnya,

Baca review hotel di ‘Google Maps’ ataupun website / aplikasi khusus pemesanan hotel
Selanjutnya, anda bisa mengecek lokasi wisata yang dituju di Google Maps atau anda juga bisa cek via website/aplikasi khusus pemesanan hotel. Pada umumnya apabila anda mengetik satu destinasi wisata, otomatis akan keluar rekomendasi hotel di sekitar tujuan wisata tersebut (beserta harga-nya).

Anda bisa mengecek langsung ulasan pelanggan hotel, baik itu ulasan yang bersifat compliment maupun complaint. Contoh kecil adalah ada beberapa hotel yang menyatakan mereka menyediakan air panas, namun beberapa pelanggan mengeluhkan bahwa kadang air untuk shower tidak panas.

Baca Juga  Ciri Konsultan Hukum yang Kompeten

Memesan jauh hari sambil memantau perkembangan harga hotel ataupun promo bank tertentu
Proses pemesanan kamar hotel saat ini tidak se-‘ribet’ sebelumnya, bahkan kewajiban memasukkan nomor kartu kredit-pun ditiadakan. Beberapa aplikasi pencari hotel gencar memberikan promo, baik itu potongan langsung diskon di travel fair ataupun potongan dengan kartu bank tertentu.

Sebaiknya anda lebih sering melihat update aplikasi pemesan hotel anda atau mengikuti media sosial hotel/aplikasi tersebut. Bila anda belum memiliki dana untuk membayar hotel-nya, beberapa aplikasi mengizinkan system “pay-later” ataupun bayar di hotel.

Mencocokkan fasilitas dengan kebutuhan anda
Sangat penting membaca baik-baik peraturan hotel dan fasilitas yang boleh digunakan secara umum. Bagi yang bepergian dengan membawa bayi ataupun balita, ketersediaan teko pemanas air menjadi keharusan untuk membuat susu ataupun makanan bayi kemasan. Sebenarnya bisa saja anda bolak-balik ke ‘pantry’ meminta air panas, namun tentu hal itu sangat merepotkan. Mengingat tidak semua kamar hotel standar memiliki fasilitas ini (terutama budget hotel), alangkah baiknya teliti dahulu fasilitas kamarnya.

Pastikan juga apakah hotel tersebut memiliki lift apabila anda memiliki orang tua atau saudara yang disabilitas dan membutuhkan kursi roda. Kalaupun tidak memiliki lift, usahakan memesan kamar di lantai paling bawah. Beberapa kota di Indonesia juga belum memiliki jaringan transportasi online ataupun taksi yang bisa dipesan terlebih dahulu. Solusi agar anda tidak terlambat ke bandara adalah mencari hotel yang memiliki layanan shuttle untuk mempermudah transportasi anda pulang.