Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional yang penggunaannya hampir dibutuhkan pada setiap hal di dalam kehidupan sehari – hari. Dimana bahasa Inggris dibutuhkan pada saat seseorang berkomunikasi, bukan hanya kepada penduduk Inggris atau penduduk dengan negara berbahasa Inggris, tetapi kepada semua penduduk di semua negara.

Bahasa Inggris juga dibutuhkan pada saat menempuh pendidikan, melamar pekerjaan, atau sedang melakukan pekerjaan. Tak jarang, bahasa Inggris menjadi syarat utama sebagai penentu kelulusan seseorang dalam pendidikan datau pekerjaan tersebut.

Oleh sebab itu, mampu menggunakan bahasa Inggris menjadi suatu modal utama seseorang untuk merain jenjang pendidikan atau kesuksesan karirnya. Banyak orang yang berbondong – bondong untuk mengambil kursus bahasa Inggris di tempat terbagus dan termahal.

Akan tetapi, semua itu tidak selalu akurat jika tidak dibarengi dengan pengulangan latihan dirumah. Latihan sendiri dirumah juga tetap menjadi modal utama seseorang untuk bisa berbahasa Inggris. Jadi, meskipun tidak mengambil kursus di luar jika memang sering berlatih dirumah niscaya akan mampu.

Latihan sendiri atau otodidak dalam berbahasa Inggris tidaklah sulit, asal mengerti tips melakukannya. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa menguasai bahasa Inggris secara otodidak:

1. Mengumpulkan Kosa Kata

Suatu bahasa tidak akan lepas dari penggunaan sebuah kata, kalimat, dan wacana. Jadi, untuk menguasai bahasa Inggris kamu harus memperbanyak perbendaharaan katamu. Pengumpulan kosa kata ini bisa kamu lakukan melalui suatu wacana, kamus, atau buku bahasa Inggris sesuai abjad, menerjemahkannya, dan menghafalkannya.

Mengumpulkan Kosa Kata

Lakukan hal tersebut setiap hari, jika dirasa sudah mampu coba buatkan kalimat dari kata – kata yang kamu kumpulkan tersebut. Caranya ! Kamu harus menuliskan sebuah kalimat dengan berbahasa Indonesia pada secarik kertas. Lalu, jika sudah kamu tuliskan kamu mulai bisa mengingat – ngingat bahasa Inggris dari setiap kata pada kalimat tersebut sehingga bisa diterjemahkan.

Baca Juga  20+ Cara Mengecilkan Pipi Tembem Secara Alami dan Mudah

Lakukan hal yang sama setelah itu dan jika sudah menguasai perbendaharaan kalimat, kamu bisa lanjut pada tahap pembuatan suatu paragraf. Yang harus kamu ingat pada poin ini adalah lakukanlah dengan konsisten, tak perlu harus banyak yang penting dilakukan setiap hari secara rutin tanpa absen.

2. Belajar Melalui Video

Belajar tak monoton harus bergantung pada buku dan lembaran kertas. Nah, pada zaman penuh teknologi ini kamu bisa memanfaatkan kehadiran youtube atau film sebagai alat penunjang belajar bahasa Inggris.

Mendengarkan Lagu

Menggunakan youtube sebagai media belajar tak salah, yang harus kamu lakukan hanyalah mengakses akun tersebut, mencari video dengan keyword ‘belajar bahasa Inggris’, amati dan dengarkan menggunakan headphone dan ulangi. Selanjutnya, melalui penggunaan film dimana kamu bisa menonton film menggunakan headphone, dan mengikuti alur pembicaraan setiap tokoh di dalam film.

3. Mendengarkan Lagu

Lagu bukan hanya digunakan untuk relaksasi pikiran, tetapi bisa dijadikan sebagai media belajar. Terkhususnya lagu bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan patokan untuk berlatih bahasa Inggris. Caranya, kamu mendengarkan lagu menggunakan earphone atau speaker (dengan nada yang bisa dijangkau secara dalam oleh indera pendengaranmu) coba pahami setiap liriknya, jika bisa temukan liriknya dan artikan lirik tersebut. Selain menikmati lagu, mendapatkan maknanya, kamu juga bisa menambah ilmu bahasa Inggrismu !

4. Berlatih Berbicara

Salah satu pengunaan paling penting dalam sebuah bahasa adalah berbicara. Begitu juga dengan bahasa Inggris, kamu harus mampu mempraktekan apa yang telah kamu latih selama ini. Kamu harus melatih dirimu agar mampu berkomunikasi secara lisan maupun tulisan dengan berbahasa Inggris. Oleh karena itu, kamu juga harus berlatih berbicara bahasa Inggris baik dengan diri sendiri atau orang lain.

Baca Juga  Tips Menyusui Bayi Biar Tak Tersedak atau Muntah yang Benar

Berlatih Berbicara

Ajak temanmu, dan lakukan saja sebuah percakapan singkat. Jika merasa masih canggung, kamu juga bisa berbicara dengan dirimu sendiri melalui sebuah cermin. Asal jangan malam – malam dan mati lampu ya serem hehe.

Poin – poin diatas haruslah kamu terapkan jika ingin menguasai bahasa Inggris. Ingat ! Kunci dari keberhasilan seseorang adalah rajin dan konsisten. Tak apa berlatih sedikit – sedikit tetapi rutin dibandingkan banyak tetapi sesekali. Semangat ya teman – teman, orang yang rajin berusaha dan berdoa niscaya akan sukses