7 Tips Menjaga Agar Ginjal Tetap Sehat

menjaga ginjal sehat

Menjaga Ginjal Sehat itu tidak mudah. Walaupun sebenarnya langkah-langkah menjaga ginjal tetap berfungsi dengan baik itu tidak sulit, tantangannya berat. Godaan berbagai macam makanan dengan bumbu yang menggiurkan menjadi salah satu tantangan yang harus ditundukan.

Makanan yang terlalu manis dengan kalori tinggi menjadi satu godaan luar biasa. Padahal kalau terlalu banyak mengkonsumsi makanan seperti ini, yang terjadi dikemudian hari bisa terkena diabetes. Kalau sudah menderita diabetes, kondisi ginjal pun terancam.

Ginjal berfungsi sebagai penyaring kotoran. Untuk itulah organ satu ini membutuhkan cairan yang cukup agar fungsinya bisa berjalan dengan lancar. Bila sering menahan minum hingga terjadi dehidrasi yang akan terjadi adalah kerusakan ginjal yang akut.

Orang mungkin tidak merasa haus ketika berada di daerah yang sejuk atau di ruangan dengan AC yang dingin. Padahal sesungguhnya tubuhnya membutuhkan cairan yang cukup.

Cairan yang paling bagus itu adalah air mineral atau air kelapa muda. Dua jenis air ini sangat baik dikonsumsi dalam kadar yang seimbang. Kalau terlalu banyak minum juga kurang baik karena bukan tidak mungkin malah keracunan air. Perut terasa sangat kembung dan keras.

Tips Menjaga Ginjal agar Selalu Prima

Apalagi kalau kondisi ginjal sudah tidak lagi prima, minum malah harus diatur sedemikian rupa agar tidak menyusahkan dan tidak menyakitkan. Sebelum mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan berkaitan dengan kondisi ginjal, ada baiknya untuk memelihara ginjal sejak dini. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Minum secara Teratur
Biasakan anak-anak untuk minum secara teratur walaupun tidak merasa haus. Jangan biasakan anak minum minuman bersoda. Minuman soda ini akan meningkatkan gula darah. Bila gula darah tidak digunakan dengan baik, yang terjadi adalah konsentrasinya akan membuat tubuh tak sanggup mengelolanya sehingga menjadi penyakit diabetes.

Baca Juga  20 Makanan Berprotein Tinggi

2. Jangan Mudah Minum Obat Kimia
Kalau terkena penyakit ringan seperti pusing kepala sedikit, jangan langsung minum obat penawar rasa sakit atau obat-obatan jenis lainnya yang mengandung zat kimia. Obat-obatan ini akan membuat kerja ginjal semakin berat. Tidak jarang orang yang terkena ginjal itu karena terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan dan tidak banyak minum air putih.

4. Olahraga Teratur
Jangan lupa untuk berolahraga yang teratur. Olahraga teratur ini membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga bisa mengurangi risiko pusing kepala atau tubuh lemas berkepanjangan. Kalau sudah merasa tubuh terlalu sering lelah walaupun tidak melakukan pekerjaan yang berat, curigailah mungkin kekurangan cairan dan kurang gerak.

5. Makan Buah-buahan dan Sayuran
Kita harus selalu makan buah dan sayuran. Kudapan yang baik itu adalah buah-buahan dan sayuran yang tidak dimasak dengan cara digoreng atau dicampur dengan makanan yang tidak sehat seperti jeroan.

buah sehat

Buah-buahan ini tidak harus yang mahal. Yang terpenting adalah bahwa buah tersebut mengandung vitamin dan air yang cukup banyak untuk menggantikan cairan yang telah terpakai.

6. Hindari Pemakaian Kosmetik Berbahaya
Hindarkan menggunakan kosmetik yang mengandung kromium dan cadmium. Kedua zat ini bisa meracuni ginjal. Ingatlah bahwa kalau ginjal telah tidak berfungsi dengan baik, organ lain seperti hati dan jantung pun tidak akan bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Yang terjadi kemudian adalah sesuatu yang cukup mengerikan. Berbagai penyakit akan datang silih berganti.

7. Hindari Minuman Beralkohol
Alkohol itu akan membuat organ dalam tubuh terbakar. Selain itu, fungsi mereka menjadi berkurang. Bagaimana ginjal sehat dan organ lain bisa bertugas dengan baik kalau organ tersebut telah terbakar akibat ‘api’ yang dikandung dalam alkohol. Tidak hanya itu alkohol ini akan menjadi sumber dosa besar yang sangat kejam.

Baca Juga  5 Obat Darah Tinggi Alami Yang Ampuh

Rokok pun sama. Pengaruhnya sangat fatal terhadap tubuh manusia. Tidak hanya akan menyebabkan kerusakan jaringan kulit sehingga wajah tampak lebih tua, juga akan membuat kulit menjadi keriput dan rambut menjadi memerah.

no smoking

Asap rokok pun akan menjadi candu dalam paru-paru. Kalau oksigen yang masuk dalam tubuh tidak baik, yang terjadi adalah berkurangnya darah segar. Darah segar yang tidak mencukupi akan membuat kepala pusing.

Lama-kelamaan, aliran darah akan berhenti dan jantung pun akan berhenti berdetak. Inilah bahaya rokok yang luar biasa. Mungkin sulit untuk berhenti merokok, tetapi mengingat akibatnya, seharusnya orang akan segera berhenti dan mulai hidup sehat demi masa depan yang lebih cerah.

Itulah ke 7 tips yang bisa kita lakukan agar ginjal kita selalu sehat. Mencegah lebih baik loh daripada mengobati, jadi mulai dari sekarang yuk kita menjaga ginjal sehat dengan perbaiki pola hidup kita ya sobat. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *