andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Menjaga Keamanan Data Perusahaan Dengan Data Center

2 min read

Data Center

Data Center bukan lagi hal baru bagi perusahaan yang mengutamakan keamanan dan kerahasiaan aset datanya. Sesuai dengan namanya, data center atau pusat data merupakan sebuah tempat untuk menyimpan sistem komputer dan elemen-elemen teknologi informatika lainnya yang masih berkorelasi dengan data perusahaan. Dengan kata lain, perusahaan menitipkan data dan informasi pada perusahaan pihak ketiga yang menyediakan layanan data center.

Tak dapat dipungkiri, data center memainkan peranan sangat penting dalam menunjang bisnis para pelaku industri. Penggunaan data yang kian besar dan terus-menerus berkembang membuat kita membutuhkan investasi besar untuk membangun infrastruktur IT dalam rangka menjaga performansi server-server yang menjadi pusat data perusahaan.

Ketika sebuah perusahaan menerapkan data center, maka akan mendapatkan beberapa keuntungan, di antaranya:

Efisiensi Sumber Daya
Pusat data mampu memberikan efisiensi waktu dan anggaran, juga tenaga kerja. Khususnya bagi bisnis yang bergerak di bidang finansial atau e-finansial, kemudahan penyimpanan dan pemrosesan data dapat diterapkan jika perusahaan menggunakan fasilitas pusat data.

Performa unggul
Layanan pusat data memiliki performa terbaik yang membuat perusahaan dapat mempercayakan data mereka dan mendapatkan data mereka dengan cepat sewaktu-waktu dibutuhkan. Data center Indonesia atau yang tersebar di negara lain sudah mempersiapkan server mereka di tempat yang aman dan terlebih bebas dan jauh dari bencana.

Keamanan
Soal keamanan tidak perlu diragukan lagi. Pusat data dapat diandalkan dalam hal penyimpanan karena penyedia layanan ini akan memenuhi standar, baik dari lokasi, sistem keamanan fisik, hingga cara mereka menjaga data tersebut.

Pentingnya peran data center ini juga membutuhkan dukungan infrastruktur yang kuat di antaranya infrastruktur jaringan, storage, keamanan, serta disaster recovery. Berkaitan dengan infrastruktur jaringan, data center membutuhkan koneksi dengan jaringan data berkecepatan tinggi serta terjaga dari waktu ke waktu tanpa boleh terputus. Saat ini di Indonesia, tidak semua provider data center memiliki layanan komunikasi data sendiri, hal ini dapat menjadi perhatian terkait efisiensi serta kualitas jaringan yang didapat.

Fasilitas data center juga membutuhkan komponen pendukung seperti pengatur suhu, sistem backup kelistrikan apabila terjadi pemadaman, hingga backup data secara berkala perlu menjadi perhatian setiap perusahaan. Komponen-komponen ini menentukan seberapa besar availability dan reliability data center Anda ketika dibutuhkan. Selama hal ini terjaga dengan baik, segala fitur dan kemudahan akan dapat Anda nikmati dengan maksimal dalam menjalankan operasional bisnis utama Anda.

Anda dapat memilih data center terbaik di Indonesia seperti neuCentrIX, karena merupakan salah satu penyedia layanan data center yang telah memiliki sertifikasi Tier 3. Pencapaian dan komitmen neuCentrIX tentunya tidak perlu diragukan lagi dalam mengembangkan ekosistem digital di Indonesia. neuCentrIX sendiri telah memiliki 13 lokasi di kota besar Indonesia yang tersebar di berbagai pulau seperti Kalimantan, Jawa, Sumatra, Sulawesi, dan Bali dengan layanan data center berkapasitas tinggi dan aman.

andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *