Inspirasi Nama Bayi Kombinasi Islam & Modern, untuk Anak Laki-laki dan Perempuan

3 min read

Nama Bayi Kombinasi Islam Modern

Nama Bayi Kombinasi Islam & Modern – Bagi Anda yang sedang mencari nama untuk sang buah hati mungkin nama-nama bayi kombinasi Islam modern akan sangat bagus untuk digunakan sebagai nama bayi Anda. Namun sebelumnya kita harus mengetahui penjelasan pemberian nama yang baik itu bagaimana. Yuk baca ulasannya sampai habis!

Dalam Islam pemberian nama akan disahkan ketika hari ketujuh kelahirannya. Bersamaan dengan akikah jika memang mampu. Memberikan nama tentu saja hal yang sangat penting sehingga para orang tua pasti sudah mempersiapkan nama-nama yang akan digunakan ketika anaknya lahir.

Nama merupakan identitas diri seseorang agar orang lain dapat mengenalnya. Dalam Al-qur’an juga dinyatakan ketika Allah mengabarkan bahwa Nabi Zakaria akan memiliki anak, disebutkan bahwa anak nabi Zakaria bernama Yahya yang kelak akan menjadi nabi menggantikan Nabi Zakaria. (Q.S. Maryam ayat 7)

Nama merupakan hal yang sangat penting karena dengan nama itulah kita dikenal di dunia dan akan dipanggil di akhirat kelak. Oleh karenanya kita harus memberikan nama yang sesuai dengan tuntunan Islam sehingga nama bukan hanya sebagai perhiasan namun juga sebagai syiar menyebarkan Islam sehingga nama yang diberikan haruslah nama-nama yang baik dengan arti yang baik pula. Tidak apa-apa menamakan bayi dengan nama-nama kombinasi bayi Islam modern asal tahu bagaimana panduan memberikan nama yang baik untuk si buah hati.

Panduan dalam Memberikan Nama bayi

Agar dalam memberikan nama sesuai dengan tuntunan agama Islam, hendaknya memperhatikan panduan dalam pemberian nama. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita akan memberikan nama pada seorang bayi di antaranya adalah sebagai berikut;

  1. Hendaknya memberikan nama dengan nama-nama yang baik yang menunjukan pada keislaman seperti nama-nama dari para nabi dan nama-nama yang diambil dari orang-orang saleh. misalnya Yusuf, Muhammad, Adam, Yahya, Zakaria, dan nama-nama nabi yang lain. Nama orang-orang Saleh sangat banyak untuk dijadikan nama bagi anak.
  2. Alangkah baiknya jika anak diberikan nama-nama yang menyatakan penghambaan kepada Allah dan nama-nama yang baik bagi Allah dalam asmaul husna juga dapat digunakan sebagai nama bayi. Misalnya Abdullah, Abdurrahman, Abdul Aziz, dan yang lainnya.
  3. Hendaknya tidak memberikan nama dengan nama-nama yang diharamkan dan nama-nama orang musrik seperti abu jahal, abu lahap dsb.
  4. Tidak memberikan nama dengan nama yang memiliki arti yang tidak baik atau buruk.
  5. Tidak memebrikan nama dengan nama yang diharamkan dan dibenci.

Nama adalah doa yang diharapkan orang tua agar anaknya kelak sesuai dengan nama yang diberikannya. Oleh karena itu hendaknya tidak asal dalam memberikan nama. Anda juga hendaknya memahami arti dari nama yang diberikan.

Nama Bayi Kombinasi Islam & Modern

Menggabungkan nama islami dengan nama modern sah-sah saja. Asalkan nama modern tersebut mengandung arti yang baik dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai keislaman. Nama bayi campuran modern ada yang untuk laki-laki dan untuk perempuan. Contoh nama Islam modern untuk laki-laki misalkan:

  • Muhammad Fathul Islam yang artinya Muhammad yang membuka kejayaan Islam.
  • Iqbal Nailun Hanan artinya Iqbal (diambil dari tokoh Islam) yang mendapatkan keberkahan.

Untuk nama-nama kombinasi bayi Islam modern untuk anak perempuan misalnya:

  • Fatimah Jamilah Brunella artinya fatimah anak yang cantik berambut cokelat diambil dari nama anak Nabi Muhammad dan Brunella diambil dari bahasa Italia.
  • Athaya Awwaliya Fathinah Wijayanto yang artinya hadiah pertama yang cerdas anak Bapak Wijayanto cocok diberikan bagi anak pertama. Sedangkan nama Wijayanto dapat diubah sesuai dengan nama ayahnya.
  • Adelle Rahma Tsania yang artinya anak kedua yang memiliki kasih sayang dan seorang yang baik hati.
  • Jamila Yhara Raihanah yang artinya anak perempuan cantik dan anggun seperti taman bunga yang wangi.

Untuk memberikan nama, biasanya orang tua akan mencarinya dalam buku-buku nama bayi Islam atau mencarinya di internet sehingga menemukan nama-nama kombinasi bayi Islam modern untuk anak. Anda juga bisa menemukan ratusan nama bayi laki-laki islam beserta maknanya di website theAsianparent Indonesia

Semoga postingan diatas dapat menginspirasi Anda untuk mencari nama yang cocok dengan si buah hati agar tercipta nama yang bagus dan penuh makna kebaikan.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *