100 Nama Bayi Laki Laki Islam Modern Beserta Artinya

Nama Bayi Laki Laki

 Nama bayi laki-laki sangat bermacam-macam. Sebelum membahas nama bayi laki-laki, mari kita bahas seputar kehamilan. Kehamilan adalah impian bagi semua wanita yang sudah menikah. Rasa penasaran ingin mengetahui bagaimana rupa atau kelamin anak hasil buah cinta antara Anda dan suami menjadi sebuah perasaan tersendiri. Setiap wanita pasti menginginkan anak yang dilahirkannya sehat sehingga tidak heran jika berbagai kegiatan untuk menjaga kehamilan menjadi rutinitas baru bagi para ibu hamil.

Kemajuan zaman memungkinkan ibu hamil mengetahui jenis kelamin dari anak yang dikandungnya. Jika sudah mengetahu jenis kelamin bayi, mempersiapkan berbagai kelengkapan bayi pun pada akhirnya bisa disesuaikan dengan jenis kelamin. Jika bayi yang Anda kandung berjenis kelamin laki-laki, biasanya perlengkapan serba berwarna biru menjadi incaran. Nama bayi pun sudah ikut dipersiapkan. Namanya biasanya bersifat “pemberani”. Tokoh-tokoh atau nama ksatria yang gagah, berani, dan dermawan biasanya menjadi pilihan.

100 Nama Bayi Laki Laki Islam Modern

Rasanya, ketika semua pasangan ditanya mengenai jenis kelamin anak yang diinginkan, hampir semua menjawab “Apa saja yang penting sehat”. Jenis kelamin seolah bukan lagi prioritas. Kesehatan dan keselamatan dalam proses kelahiran adalah hal yang lebih membebani pikiran. Persiapan mental pun menjadi lebih penting dari persiapan yang lain, termasuk mempersiapkan nama bayinya.

Bagi pasangan suami istri yang tidak menggunakan bantuan jasa USG atau ultrasonografi, jenis kelamin anak akan menjadi kejutan. Berbagai barang yang dibeli untuk keperluan bayi juga dilakukan secara acak. Mempersiapkan nama bayi laki-laki bahkan baru dipersiapkan ketika bayi itu lahir. Inspirasi memberikan nama pada bayi laki-laki Anda bisa didapat dari manapun, seperti buku misalnya. Hasilnya, buku panduan yang berisi nama bayi laki-laki dan perempuan mendadak ikut laku di pasaran.

Di Amerika, survey mengenai nama bayi dilakukan setiap tahunnya. Nama bayi laki-laki diurutkan berdasar banyaknya bayi yang menggunakan nama itu. Survey ini dilakukan oleh Departemen SSA Amerika. Mereka mendatangi klinik-klinik kelahiran kemudian mencatat nama bayi yang lahir. Yang mendapat peringkat pertama di Amerika pada 2010 yakni nama bayi Jacob.

Nama Bayi Laki-laki di Indonesia

Nama Bayi Laki LakiNama adalah doa. Begitulah yang sering dikatakan oleh orang banyak. Pemberian nama pada bayi dipercaya dapat memengaruhi sifat serta keberuntungan ketika anak tersebut tumbuh dewasa. Nama bayi laki-laki juga bisa menjadi ukuran kreativitas. Semakin nama bayi itu tidak pasaran, semakin nama dan artinya juga indah, maka dianggap semakin kreatiflah pasangan itu.

Masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, sebagian besar lebih memilih nama bayi laki-laki dengan nama yang lebih islami. Inspirasi pun datang dari Alquran. Penggunaan bahasa Arab serta nama-nama tokoh pejuang Islam menjadi pilihan bagi sebagian besar pasangan Indonesia.

Jika disurvey, penggunaan nama Muhammad sebagai nama depan bagi nama bayi sepertinya paling banyak terjadi. Sifat dan keagungan yang dimiliki nabi akhir zaman itu banyak menginspirasi pasangan Indonesia, khususnya pasangan muslim.

Nama Bayi Laki-laki Islami
Nama bayi cowok Islami memang sudah menjadi kebiasaan diberikan kepada anak cowok yang baru lahir. Berikut nama bayi lanang Islami untuk buah hati Anda beserta artinya. Temukan nama bayinya yang dapat memberikan arti untuk kehidupan anak Anda.

Aamir, yang artinya “memakmurkan”.
Aban, yang artinya “perbuatan yang sangat jelas; anak Utsman bin Affan.
Abbad, yang artinya “tekun beribadah”.
Abbas, yang artinya “singa”; nama paman Nabi.
Azmi, yang artinya “keteguhan hati”.
Badar, yang artinya “bulan purnama”.
Badi”, yang artinya “indah”.
Badil, yang artinya “pengganti”.
Badrani, yang artinya “dua bulan purnama”.
Badri, yang artinya “mempercepat jalannya”.
Daffa”, yang artinya “pertahanan; kuat”.
Da”I, yang artinya “yang memanggil; penyeru (kebaikan)”.
Dalil, yang artinya “pemberi petunjuk kepada sesuatu”.
Dallal, yang artinya “penunjuk jalan”.
Dani, yang artinya “dekat”.
Dhafir, yang artinya “menang”.
Dhahak, yang artinya “yang banyak tertawa; periang”.
Dhahir, yang artinya “yang membantu”.
Dhamir, yang artinya “yang langsing”.
Dhia, yang artinya “sinar; cahaya”.
Dzahab, yang artinya “emas”.
Dzaka”, yang artinya “kecerdasan; kepandaian”.
Dzaki, yang artinya “cerdas”.
Dzakir, yang artinya “kuat ingatan”.
Dzakwan, yang artinya “cerdas”.
Fadhali, yang artinya “kelebihan; keutamaan”.
Fadhil, yang artinya “utama; mulia”.
Fadhlun, yang artinya keutamaan; kemuliaan”.
Fahd, yang artinya “singa; nama raja Arab Saudi”.
Fahim, yang artinya “memahami”.
Fahmi, yang artinya “pemahamanku”.
Haazim, yang artinya “teliti”.
Habib, yang artinya “kekasih”.
Habibi, yang artinya “kekasihku; kesayanganku”.
Hadaya, yang artinya “pemberian; hadiah”.
Haddad, yang artinya “kuat kemauan; pendai besi”.
Idrak, yang artinya “akal; sesuai rencana”.
Iftikar, yang artinya “pengamatan”.
I”hab, yang artinya “pemberian”.
Ihsan, yang artinya “kebaikan; amal baik”.
Ijlal, yang artinya “terhormat; mulia”.
Ja”far, yang artinya sungai; unta betina; sahabat Nabi”.
Jihad, yang artinya “perjuangan”.

Itulah daftar nama bayi laki laki Islami yang dapat dijadikan sebagai salah satu nama buah hati atau bayi laki-laki Anda. Kumpulan nama bayi tersebut banyak diberikan kepada anak laki-laki karena memiliki arti yang bernilai positif.

Nama Bayi Laki-laki dari Bahasa Sanskerta
Selain nama bayi laki laki bernuansa islami, masyarakat Indonesia kini mulai menyenangi nama bayi dari bahasa Sanskerta. Keunikan nama dari bahasa Sanskerta cukup menarik hati. Nuansa kerajaan atau keagungan menjadi ciri khas dari nama yang berasal dari bahasa Sanskerta. Sebagai contoh, nama sutradara terkenal Hanung Bramantyo juga berasal dari bahasa Sanskerta. Bramantyo atauBramanty dalam bahasa Sanskerta berarti ‘ksatria perang’.

Nama bayi laki – laki lain yang berasal dari bahasa Sanskerta antara lain:

Aditya: Orang yang pandai dan bijaksana
Bayanaka: Luar biasa
Danandyaksa: Penjaga kejayaan
Catra: Payung kebesaran raja
Dimas: Orang yang terkasih
Kawindra: Rajanya pujangga
Mahatma: Berjiwa besar
Nararya: Orang yang dimuliakan
Prawara: Orang yang paling terkemuka
Prayata: Orang dengan sifat sholeh
Radithya: Matahari
Waradana: Hadiah yang bernilai
Wirasana: Orang dengan sikap pahlawan

Itulah contoh-contoh nama bayi laki-laki. Semoga bemanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *