Peluang Usaha Minuman Bubble Yang Menggiurkan

peluang usaha minuman bubble drink

Tertarik dengan peluang usaha minuman bubble? Membuka usaha atau berwirausaha kini banyak menjadi pilihan bagi masyarakat untuk mencari sumber pendapatan ekonomi. Ini disebabkan oleh makin terbatasnya lowongan pekerjaan yang tersedia, sehingga kreativitas dan kejelian melihat peluang lain dibutuhkan. Salah satu jenis usaha yang marak dilakukan di masa ini adalah membuka gerai-gerai usaha minuman bubble. Jenis minuman ini cukup laris dan memiliki pasar tersendiri.

Bubble Drink dan Peluang Usaha Minuman Bubble

Bila Anda butuh informasi mengenai bubble drink dan peluang usahanya, silakan simak artikel di bawah ini.

Sejarah Bubble Drink
Minuman bubble bukan minuman asli dari Indonesia. Jelas saja, sebab minuman asli Indonesia adalah minuman tradisional semacam jamu, bandrek, wedang jahe, dan minuman yang terbuat dari bahan alami. Sedangkan bubble drink terbuat dari beberapa bahan yang tergolong baru.

peluang usaha minuman bubble

Bubble drink adalah jenis minuman yang dikreasikan untuk pertama kalinya di negara Taiwan. Minuman yang berisi teh dicampur es dan aneka sirup berbagai rasa, juga jenis jely atau pacar cina dan biji-biji lain ini segar dikonsumsi saat cuaca panas. Kadang penambahan susu, buah potong, dan cokelat meises dilakukan sesuai resep baru yang terus saja muncul.

Karena rasanya yang enak dan segar, serta cara pembuatan yang tidak sulit, jenis minuman ini lantas mulai tersebar ke berbagai negara lain di Asia, Eropa, Amerika, dan juga Australia. Termasuk ke Indonesia yang mulai booming sejak tahun 1980-an.

Penamaan “bubble drink” sendiri karena pembuatannya yang menggunakan blender dan shaker atau kocokan, sehingga bahan minumannya tercampur rata dan mengembang seperti busa (bubble). Demikian juga bahan campuran yang berbentuk bulat-bulat kecil semacam jeli dan cokelat meisis, yang menyerupai balon kecil.

Usaha Modal Kecil
Gerai usaha ini menjamur di perkotaan, terutama di pusat-pusat perbelanjaan, mal, dan warung makan pinggir jalan yang kerap menjadi tempat kegiatan ekonomi masyarakat. Bisnis minuman bubble ini mudah berkembang sebab penggemar atau penyuka jenis minuman ringan tersebut cukup banyak. Mulai dari kalangan anak-anak hingga remaja dan dewasa serta orang tua menyukai minuman ini.

Pengusaha kecil pun tertarik menanamkan modal ke jenis usaha ini sebab besaran rupiah yang harus dikeluarkan untuk membuka sebuah gerai tak terlalu besar. Keuntungan yang dijanjikan dengan membuka gerai aneka minuman bubble juga lumayan manis dan cepat kembali ke modal awal.

Rata-rata untuk satu gelas minuman bubble jenis standar, harga yang dibandrol sekitar Rp5000 hingga Rp 15.000. Besarnya harga bergantung pada komposisi bahan dan besarnya gelas yang digunakan.

Baca juga: 5 ide usaha dengan modal kecil tapi untung banyak

Bahan Baku
Untuk memulai sebuah usaha atau membuka gerai baru minuman bubble, maka yang harus dilakukan pertama kali tentu mencari bahan baku apa yang harus dipersiapkan untuk produksi. Jika skala usaha kecil, maka membeli bahan baku yang sudah jadi akan lebih menghemat tenaga dan biaya. Carilah pemasok bahan baku minuman bubble ke pasar-pasar grosir makanan, atau membeli franchise.

Keuntungan membeli usaha franchise adalah, Anda tak perlu susah-susah memikirkan bahan baku, resep dan gerobak atau booth, sebab biasanya sudah disediakan. Namun, jika Anda hendak membuat merek atau brand sendiri, maka bahan baku Anda dapat cari sendiri.

Perlengkapan
Perlengkapan untuk memulai usaha minuman ini juga tak terlalu banyak. Di antaranya adalah gelas atau wadah plastik (cup) yang dapat Anda beli dalam jumlah besar ke pasar grosir. Kemudian sedotan khusus yang berlubang besar. Cooler atau tempat es yang berukuran sedang atau besar serta blender atau shaker. Jika Anda ingin menambahkan kursi dan meja untuk pengunjung yang ingin duduk sejenak di gerobak atau booth milik Anda, maka silakan saja.

Pemilihan Tempat
Anda tentu ingin usaha Anda berjalan lancar dan laris, bukan? Jadi saat memilih lokasi atau tempat berjualan ada baiknya Anda melakukan survei dan penelitian dahulu. Apakah di sana sudah banyak penjual minuman, atau jenis minuman bubble sudah ada atau belum di sana. Ramai oleh pengunjung atau tidak. Sesuai atau tidak harga sewanya dengan kemungkinan keuntungan yang akan Anda raih. Serta berbagai pertimbangan lain yang harus Anda pikirkan.

Pekerja
Bila Anda adalah pemula, maka ada baiknya Anda pikirkan juga kebutuhan mempekerjakan karyawan. Apakah sudah sangat perlu bagi Anda untuk menggaji karyawan, atau Anda dapat mengatasi sendiri semuanya. Bila Anda merasa membutuhkan karyawan, maka sebaiknya pilih yang jujur dan rajin. Memang gampang-gampang susah mencari karyawan, terutama bila Anda masih baru dalam memulai usaha.

Promosi
Semua jenis usaha, di bidang apa pun itu, memerlukan trik promosi untuk mengembangkannya. Persiapkan banner atau spanduk dengan warna terang dan menarik perhatian. Jika perlu, Anda bisa memberikan tester kepada pengunjung. Ini agar mereka yakin bahwa minuman bubble yang Anda jual enak, benar-benar seperti iklan yang Anda pasang.

Pelayanan
Ingat slogan bahwa pelanggan adalah raja. Selalu pasang muka ramah yang tulus dan tak dibuat-buat saat meladeni permintaan pembeli, sebab itu akan membuat mereka datang kembali ke produk anda. Selain rasa yang enak, pelayanan yang baik merupakan kunci penarik pelanggan yang jitu. Jangan pilih karyawan yang memiliki wajah cemberut dan mahalsenyum.

Penetapan Harga
Memasang bandrol harga di spanduk booth atau gerobak Anda cukup penting. Di Indonesia, pembeli kebanyakan masih memilih produk dengan harga yang jelas terpampang di spanduk, sebab mereka bisa menimbang dan memutuskan jenis minuman yang akan mereka beli sesuai jumlah uang di dompetnya. Selain itu, gambar yang menarik di bawah banderol harga itu juga trik jitu menarik pelanggan. Harga wajar bagi minuman bubble di Indonesia adalah Rp5.000; hingga Rp15.000; Kisaran harga tersebut sudah cukup menutup kebutuhan modal dan keuntungan.

Baca juga: Usaha Pop Ice, Modal Kecil Keuntungan Besar

Risiko
Untuk meminimalisasi kerugian, penggunaan lemari pendingin untuk menyimpan berbagai bahan baku yang tidak tahan lama akan sangat membantu. Risiko usaha minuman segar di mana pun adalah turunnya pembeli di saat musim hujan. Demikian juga persaingan yang ketat antara penjual. Bersiap untuk kerugian yang bisa saja terjadi dalam sebuah usaha lebih baik. Mental wirausahawan adalah siap untung dan juga siap rugi. Bila Anda hanya siap untung namun tak siap rugi, maka sebaiknya tak jadi wirausahawan.

Kecerdikan meminimalisasi kerugian itu yang harus Anda miliki. Jadi bila ada indikasi yang mengarah pada kerugian, Anda bisa segera menghentikannya. Usaha minuman bubble hanya salah satu alternatif usaha yang bisa Anda lirik jika ingin menjadi wirausahawan.

Kreativitas jenis usaha lain bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan sumber daya yang Anda miliki. Juga besarnya modal dan kemampuan yang bisa Anda sediakan. Namun, hingga saat ini usaha di bidang minuman segar cukup laris di Indonesia yang memiliki cuaca panas dan iklim tropis. Masyarakat Indonesia juga gemar mencoba jenis kuliner baru, sehingga Peluang Usaha Minuman Bubble ini memang menjanjikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *