7 Alasan Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis

Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis

Pentingnya Email Profesional dalam Bisnis – Dalam berbisnis di era industri 4.0 saat ini keberadaan email sangat penting ya sobat, baik yang menggunakan email profesional ataupun email gratisan. Mengapa penting? Karena dengan memiliki email, sebuah bisnis tidak hanya bisa berkomunikasi dengan para klien/customernya namun juga untuk membuat akun pada saluran marketing digitalnya.

Pentingnya Memiliki dan Menggunakan Email

Berbicara tentang saluran marketing digital, saat ini ada banyak sekali macamnya. Yang saat ini sedang trend diantaranya seperti iklan di sosial media (facebook dan instagram), iklan melalui search engine (seo dan google ads) dan iklan di forum ataupun marketplace. Dan semua saluran marketing tersebut memerlukan alamat email untuk melakukan pendaftaran.

Meskipun tidak semua saluran marketing digital memerlukan alamat email, akan tetapi dengan kita memakai alamat email, kita bisa leluasa melakukan pengaturan terhadap akun bisnis kita ke depannya. Seperti mengirimkan notifikasi, mengganti password, mengupdate informasi terbaru/ newsletter akan lebih enak mengaksesnya melalui email dari pada melalui sms.

2 Jenis Email Berdasarkan Alamatnya

Di atas Anda sudah mengetahui tentang pentingnya mempunyai dan menggunakan email di dalam bisnis online. Dan selanjutnya kita akan membahas tentang 2 jenis email berdasarkan pada alamat emailnya.

2 jenis email berdasarkan alamat emailnya tersebut antara lain :

  • Email gratis
  • Email profesional

Email gratis adalah sebuah email yang alamat emailnya masih menginduk pada layanan email gratisan. Sebagai contoh akurapuh@gmail.com, sobatambyar@yahoo.com, cariduit@live.com, dll. Itu semua adalah email gratisan yang memakai layanan dari Gmail Yahoo, maupun dari Microsoft.

Sedangkan Email profesional adalah sebuah email yang alamat emailnya sesuai dengan bisnis yang kita jalankan. Sebagai contoh kontak@masandy.com. Itu adalah sebuah email profesional dari bisnis atau perusahaan yang bernama masandy.com.

Ciri-ciri Utama Email Profesional

Anda sudah tahu tentang perbedaan email profesional dengan email gratisan. Berikutnya kita akan membahas tentang ciri utama dari email profesional. Ciri utama dari email profesional menurut saya ada 2, yang diantaranya :

Digunakan untuk keperluan bisnis

Ciri yang pertama adalah digunakan untuk keperluan bisnis. Sesuai dengan namanya, email profesional dibuat memang bertujuan untuk bisnis, bukan untuk keperluan pribadi.

Baca Juga  Peluang Bisnis Kopi yang Menggiurkan

Menggunakan alamat email dengan domain sendiri

Sedangkan ciri yang kedua adalah menggunakan alamat email domain sendiri. Domain digunakan untuk mengakses halaman website dari bisnis yang kita jalankan. Namun domain juga bisa untuk mengakses alamat email untuk bisnis yang kita jalankan.

7 Alasan Utama Mengapa Bisnis Anda Harus Menggunakan Alamat Email Profesional

Berikutnya kita akan langsung pada inti dari artikel ini, yaitu tentang mengapa bisnis Anda harus menggunakan alamat email profesional. Sebenarnya tidak ada yang mengharuskan Anda menggunakan alamat email profesional di dalam bisnis Anda. Namun jika Anda ingin mendapatkan citra yang baik bagi bisnis dan brand Anda, maka Anda harus menggunakan alamat email profesional.

Setidaknya ada 7 alasan utama pentingnya email profesional dalam bisnis. 7 alasan tersebut kita bagi menjadi 2 bagian, yaitu alasan internal dan juga alasan eksternal.

Alasan internal adalah alasan dari menggunakan alamat email profesional yang berdampak pada internal perusahaan atau bisnis Anda. Sedangkan alasan eksternal adalah alasan menggunakan alamat email profesional yang melibatkan pihak luar dari bisnis Anda.

Alasan Internal Mengapa Harus Menggunakan Alamat Email Profesional

1. Bisa Dipakai Berbagai Keperluan Bisnis
Alasan yang pertama adalah bisa untuk berbagai keperluan bisnis. Maksudnya adalah dengan alamat email profesional Anda bisa memisahkan mana email untuk bagian marketing, mana email untuk bagian HRD, mana email untuk bagian customer service dan lain sebagainya.

Dan yang paling penting adalah email profesional untuk berbagai keperluan ini masih dalam satu bisnis yang sama. Tidak peduli berapapun jumlah keperluan bisnis Anda, semuanya bisa Anda lakukan dengan email profesional.

Anda sebenarnya bisa juga menggunakan email gratisan untuk berbagai keperluan bisnis. Hanya saja dengan email gratisan ada kekurangannya, yaitu jika Anda membuat alamat email yang hampir mirip maka bisa-bisa akan dianggap sebagai tindakan yang mengarah ke spamming.

Anda bisa membandingkan alamat email berikut ini. Dari segi keperluan bisnis, kira-kira mana yang lebih baik, yang ini :

kontak@masandy.com
info@masandy.com
cs@masandy.com
admin@masandy.com

atau yang ini :

kontakmasandy@gmail.com
infomasandy@gmail.com
csmasandy@gmail.com
adminmasandy@gmail.com.

Baca Juga  Macam-Macam ISO Standarisasi Internasional

Silakan Anda perhatikan mana yang lebih baik untuk bisnis Anda, alamat email profesional atau alamat email gratisan?

2. Mudah Dikelola
Alasan kedua mengapa bisnis Anda harus menggunakan alamat email profesional adalah pengelolaan yang mudah.

Bisnis itu penuh dengan dinamika. Salah satunya adalah keluar masuknya karyawan atau tim. Pada berberapa bisnis atau perusahaan, setiap karyawan mempunyai email. Sehingga dengan email profesional ini Anda bisa dengan mudah membuat alamat email untuk karyawan baru ataupun dengan mudah juga menghapus alamat email dari karyawan yang keluar.

Coba Anda bayangkan bagaimana repotnya jika Anda menggunakan email gratisan untuk setiap karyawan yang masuk dan keluar di bisnis atau perusahaan Anda?

3. Leluasa Membackup Data di Email
Alasan ketiga mengapa bisnis Anda harus menggunakan alamat email profesional adalah adanya backup untuk semua email Anda dan tim.

Fitur backup ini digunakan jika email Anda tidak sengaja terhapus dan Anda ingin mengembalikannya. Pada email gratisan juga ada fitur backup. Namun bedanya adalah pada jumlah akun email yang bisa dibackup dan restore.

Dengan email profesional Anda bisa membackup semua email Anda termasuk email tim Anda dan merestorenya secara bersamaan jika terjadi kesalahan. Namun dengan email gratisan Anda hanya bisa melakukan backup email untuk satu akun saja.

Kalau tim Anda ada puluhan bahkan ratusan, bagaimana Anda akan melakukan backup dan restore jika masih menggunakan email gratisan?

4. Privasi Lebih Terjamin dan Juga Bebas Iklan

Anda pernah melihat iklan di saat Anda mengakses email di Gmail ataupun Yahoo? Dan saat Anda melihat tampilan dashboard email dari teman Anda ternyata iklannya berbeda dengan yang ada di dashboard Anda.

Itu artinya pihak penyedia email seperti Google tahu apa yang menjadi isi dari email-email Anda. Sehingga biarpun dari segi keamanan sangat terjamin, tetapi dari segi privasi, email gratisan belum tentu aman. Buktinya Anda masih bisa melihat iklan di dalam email Anda. Berbeda jika Anda menggunakan email profesional. Dengan email profesional keamanan dan privasi Anda terjami dan juga bebas dari iklan.

Baca Juga  Tips Menjadi Seorang Marketing Handal

Alasan Eksternal Mengapa Harus Menggunakan Alamat Email Profesional

5. Mengurangi Resiko Ditandai Sebagai Spam

Alasan berikutnya mengapa Anda harus menggunakan alamat email profesional untuk bisnis Anda adalah mengurangi resiko ditandai sebagai spam.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi sebuah email ditandai spam atau masuk ke spam. Salah satunya adalah alamat email ini. Dengan menggunakan email profesional maka resiko ditandai sebagai spam kecil. Berbeda dengan Anda menggunakan email gratisan. Ketika Anda mengirimkan email masal atau broadcast email maka akan langsung masuk ke spam jika menggunakan email gratisan.

Lagi pula Google sudah tidak lagi mengizikan email Gmailnya digunakan sebagai email sender untuk broadcast email. Kalau melanggar bisa-bisa akun email gratisan Anda terkena suspend.

6. Email Bisnis Membangun Kepercayaan.
Berbagai penelitian telah menemukan bahwa alamat email profesional membantu membangun kepercayaan konsumen. Memiliki email dan situs web yang terhubung bersama menunjukkan Anda serius tentang bisnis Anda dan ini membantu untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan atau kolega.

pentingnya email profesional dalam bisnis anda

https://www.godaddy.com/garage/cant-afford-skip-business-email-infographic/Berdasarkan survei dari GoDaddy terhadap pelanggan mereka diatas, ternyata 75% pelanggannya menyatakan bahwa alamat email profesional adalah kunci untuk membangun kepercayaan dengan bisnis. Dan saya rasa ini tidak perlu diragukan lagi karena GoDaddy adalah sebuah perusahaan berskala internasional yang menjual domain dan hosting.

7. Memberikan Akses Yang Jelas Menuju Website Anda

Tidak hanya membangun kepercayaan, email bisnis dapat berfungsi sebagai alat pemasaran untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas (traffic) ke website Anda. Contohnya nama domain setelah @ adalah situs website Anda. Jadi jika ada calon klien/pelanggan ingi tahu websitenya tinggal mengunjungi nama website setelah nama emailnya. Contoh info@masandy.com nama domain setelah @ adalah masandy.com.

Sehingga jika Anda ingin membangun dan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan Anda maka mau tidak mau Anda harus menggunakan email dengan alamat email profesional.Itulah 7 Alasan Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis, semoga bermanfaat dan salam sukses buat semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *