7 Tips Perawatan Kawat Gigi Yang Bagus Dan Tepat

Perawatan Kawat Gigi

Perawatan Kawat Gigi –┬áPada jaman saat ini, mungkin kita akan lebih mudah untuk menemukan orang yang memakai kawat gigi atau yang juga banyak disebut dengan behel. Dalam pemasangan kawat gigi ini, haruslah diperhatikan dalam cara perawatan kawat gigi yang bagus dan yang tepat karena hal inilah yang akan menentukan kesehatan dari kawat gigi itu sendiri juga seluruh bagian dari mulut.

Pemasangan Kawat Gigi
Pada awalnya, pemasangan kawat gigi hanya untuk alasan kesehatan. Misalnya, karena gigi tampak tidak rata atau gigi menonjol ke bagian depan yang dengan kedua hal ini akan menyebabkan berkurangnya penampilan dari seseorang sehingga dipakaikanlah kawat gigi ini.

Namun, seiring dengan perkembangan jaman, alasan dari pemakaian atau pemasangan kawat gigi inipun sudah berkembang dan berubah dari hanya sekadar alasan kesehatan menjadi alasan tren atau gaya hidup.

Tips Perawatan Kawat Gigi Yang Bagus Dan Tepat

Pemasangan kawat gigi ini pada awalnya akan menyebabkan rasa tidak nyaman di bagian mulut. Hal ini sangat wajar karena mulut akan menyesuaikan dengan adanya benda asing yang masuk dan berada di dalam mulut. Bahkan ada sebagian orang yang pada waktu awal pemasangan kawat gigi ini akan mengalami kesulitan untuk makan karena timbulnya rasa ngilu pada gigi ketika sedang mengunyah makanan.

Namun hal ini sedikit demi sedikit akan berangsur menghilang paling tidak selama dua minggu. Setelahnya gigi dan mulut akan mampu untuk beradaptasi dengan keberadaan benda asing yaitu kawat gigi yang ada di dalam mulut. Lama pamasangan kawat gigi ini sendiri tergantung dari seberapa berat atau parah dari penyebab pemasangan kawat gigi. Jika memang kasus penyebab ini terbilang parah atau akut maka pemasangan kawat gigi akan berlangsung lebih lama.

Baca Juga  10 Manfaat Gurah dan Efek Sampingnya

Namun pada keadaan normal, pemasangan kawat gigi yang bagus adalah berkisar mulai dari jangka waktu satu tahun sampai satu tahun lebih. Setelahnya jangka waktu yang ditentukan oleh dokter spesialis yang memasangkan kawat gigi ini maka kawat gigi akan dilepas.

Perawatan Kawat Gigi Yang Bagus Dan Tepat
Dalam hal pemakaian kawat gigi, perawatan yang kita lakukan adalah hal lain yang membutuhkan pertimbangan dan perhatian yang sangat maksimal dan optimal. Karena dengan perawatan yang benar akan menentukan keberhasilan dan juga keoptimalan dalam peraihan tujuan yang ingin dicapai. Lain halnya kita jika ketika memakai kawat gigi tidak dibarengi dengan perawatan yang benar maka hanya akan semakin menambah resiko yang ada bagi kesehatan mulut dan gigi.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara perawatan terhadap kawat gigi secara tepat agar kawat gigi bisa nampak selalu bagus dan terlebih manfaat dari pemasangan kawat gigi itu sendiri dapat dicapai dengan lebih optimal.

1. Menggunakan sikat gigi khusus untuk kawat gigi atau sikat gigi orthodontiks

Sikat gigi untuk gigi yang memiliki kawat ini bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan sikat gigi yang biasa ada. bulunyapun juga lebih halus. Serta hal lain yang membedakan sikat gigi ini dengan sikat gigi biasa adalah terdapat bagian bolog di tengahnya untuk lubang kawat gigi.

Perawatan Kawat Gigi

Sebenarnya, masih memungkinkan untuk memakai sikat gigi yang biasa namun pemakaian sikat gigi yang khusus ini hanyalah sebagai perawatan ekstra kawat gigi. Agar kawat gigi juga dapat tersapu dengan lebih halus dan tak sampai menyebabkan kawat gigi menjadi berkurang kualitasnya karena sapuan bulu yang tak begitu halus.

2. Menghindari makan makanan dengan tekstur yang sangat kuat

Hal ini akan berpengaruh pada kawat gigi jika kita makan jenis makanan yang keras. Karena jenis makanan yang keras akan dapat mempengaruhi posisi dari kawat gigi yang dipakai jika harus mengunyah atau memakan makanan yang memiliki tekstur keras.

Baca Juga  Kandungan Gizi Kangkung dan Keistimewaannya

Maka dari itu, selama pemakaian kawat gigi, sebaik mungkin untuk dapat mengatur pola makan. Jenis makanan yang dapat dimakan adalah makanan yang tak keras seperti halnya aneka jenis sayuran dan juga buah.

Jika memang terlanjur atau dalam keadaan yang tak memungkinkan untuk makan makanan yang bertekstur keras maka yang dilakukan adalah mengunyah makanan tersebut pada gigi geraham. Hal ini akan mengurangi kemungkinan mengoyahkan posisi dari kawat gigi itu sendiri.

3. Menerapkan cara mengunyah yang sedikit biasa dibandingkan ketika tidak memakai kawat gigi

Walaupun tidak terlihat sangat siginifikan, sejatinya akan terdapat perbedaan dalam hal mengunyah bagi yang sedang memakai kawat gigi ini. diusahakan ketika memakai kawat gigi, tidak terburu-buru untuk menelan makanan tanpa mengunyah dengan benar.

Sebaiknya, melakukan proses pengunyahan makanan lebih lama hingga tekstur makanan menjadi lebih halus dan lembut. Selain hal ini sangatlah baik untuk sistem pencernaan kita, hal ini juga akan menghindarkan adanya kemungkinan untuk terjadinya luka akibat adanya gesekan antara kawat dan juga gigi.

4. Tidak makan permen karet atau makanan yang dapat lengket di bagian kawat gigi

Inilah hal penting lainnya yang harus diperhatikan ketika memakai kawat gigi adalah menghindari makan jenis makanan yang dapat menempel di kawat gigi. Sebut saja seperti permen karet ataupun dodol. Jika makan makanan inipastinya beberapa bagian dari makanan ini akan menempel di sela kawat gigi kita.

5. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula

Jenis makanan yang memiliki rasa manispun juga harus dihindari. Karena gula atau gukoas ketika menempel di sekitar gigi ataupun kawat gigi akan merangsang bakteri untuk berkumpul di bagian yang mterdapatkan atau tertempeli dengan gula ini. sehingga jika kita banyak makan makanan yang mengandung gula maka akan semakin membuka peluang untuk adanya banyak bakteri yang menempel di gigi dan juga kawat gigi.

Baca Juga  Cara Mengobati Diabetes secara Aman dan Cepat

6. Banyak berkumur

Banyak berkumur dapat digunakan sebagai cara untuk membersihkan gigi ataupun kawat gigi dari kotoran ataupun sisa makanan yang berukuran kecil yang mungkin saja untuk menempel. Ini adalah hal yang paling mudah dan praktis untuk dilakukan sebagai upaya perawatan kawat gigi dan gigi itu sendiri.

7. Rajin untuk menggosok gigi

Ketika kita tidak memakai kawat gigi sudah banyak disarankan untuk rajin menggosok gigi, maka ketika sedang memakai kawat gigi maka frekuensi dari menggosok gigi sudah sebaiknya untuk ditingkatkan. Hal ini adalah untuk menjaga kebersihan dari gigi dan kawat gigi. Dengan keadaan kawat gigi yang bersih maka akan menjaga kualitas dari kawat gigi itu sendiri serta menjauhkan dari peluang adanya kuman atau kotoran yang dapat mengotori kawat gigi tersebut. Karena keadaan kawat gigi yang kotor akan sangat memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan gigi dan mulut.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai perawatan terhadap siapa saja yang sedang memakai kawat gigi. Dengan melakukan beberapa hal yang telah disebutkan di atas maka akan memungkin lebih banyak peluang untuk memperoleh kawat gigi yang bagus. Terlebih, kesehatan mulut dan gigi juga akan terjaga dengan lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *