andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Perjuangan Brand Sepatu Lokal di Indonesia

3 min read

sepatu patrobas

Ingin tampil trendy dengan menggunakan sepatu kekinian? Saat ini sudah banyak sekali produk sepatu lokal di Indonesia yang memiliki kualitas bagus. Mulai dari segi bahan hingga desain yang beragam.

Selain itu, harganya pun sangat terjangkau jika dibandingkan dengan produk impor. Uniknya, para pelaku usaha memadukan kearifan lokal pada sepatu sehingga memiliki nilai seni yang tinggi.

Ada sejumlah brand sepatu lokal di Indonesia yang cukup sukses di pasaran di antaranya Patrobas dan Exodos57. Keduanya memiliki tantangan tersendiri dalam mengembangkan bisnisnya. Untuk lebih jelas, yuk simak di bawah ini!

Apa Itu Sepatu Patrobas?

Patrobas merupakan brand sepatu lokal yang ada di Indonesia asal Tangerang Selatan yang didirikan oleh Sebastian Surya Sutantio pada tahun 2014. Brand ini selalu menghadirkan karya terbarunya yang bisa menjadi Andalan untuk tampil trendy.

Tidak heran Patrobas menjadi salah satu brand sepatu sneaker yang diburu oleh berbagai kalangan terutama anak muda. Saat ini saja terdapat seri produk terbaru dari Patrobas yang memadukan dengan khas lokal.

Hanya saja jumlah produk hasil dari kolabrasi Patrobas saat dikeluarkan cukup terbatas. Meskipun demikian, setiap seri sepatu yang terjual selalu habis dalam waktu yang singkat.

Patrobas memiliki logo yang cukup unik yakni ‘PB’ yang merupakan singkatan dari Pride and Benefits. Makna dari logo tersebut yakni produk kualitas terbaik dengan harga terjangkau.

Perkembangan Bisnis Sepatu Patrobas

Patrobas yang mulai diperkenalkan sejak tahun 2014, saat ini sudah menjadi brand lokal yang sukses di pasaran. Hal ini berkat kreasi dan konsistensi Bastian selaku pemiliknya.

Awalnya, Bastian merintis bisnis sepatu untuk menambah uang jajan saat masih kuliah dulu. Namun, seiring berjalannya waktu bisnisnya berkembang hingga memiliki brand sendiri.

Sebelumnya, Patrobas mengalami penolakan dari berbagai toko dengan alasan bukan brand besar dan belum dikenal banyak orang. Selain itu, masih banyak orang yang bangga menggunakan produk impor.

Pada tahun 2019 perubahan sangat terasa saat ada kampanye local pride sehingga membantu perkembangan bisnisnya. Gerakan local pride sangat membantu terutama untuk memperkenalkan produk lokal.

Setelah mengalami peningkatan penjualan, Patrobas mengalami penurunan sejak tahun 2020 yang diakibatkan wabah Corona. Namun, pada akhir tahun 2020 dan awal 2021 penjualannya mengalami peningkatan.

Meskipun ada penurunan pennjualan di Februari tetapi terjadi peningkatan kembali di Maret. Selaku pemilik Patrobas, Bastian juga terus konsisten berinovasi dan menguatkan nilai brand dan kualitas produk sepatunya tersebut.

Di akhir tahun ini Patrobas kembali mengenalkan buah karyannya yakni seri Patrobas El Clasico Low. Memiliki perpaduan warna hitam, gelap, dan cokelat dengan motif batik parang.

Patrobas El Clasico Low menjadi simbol perjuangan bangsa Indonesia dalam menghadapi era Normal Baru. Namun, pada 14 November 2020 lalu seri Patrobas ini telah dilelang melalui situs balaipersepatuan.ri.

Apa Itu Sepatu Exodos57?

Selain Patrobas, brand sepatu lokal lainnya yang telah sukses di Indonesia yaitu Exodos57. Brand sepatu ini berfokus pada jenis vintage sneakers yang berdiri sejak tahun 2016 di Bandung.

Sepatu Exodos57 memiliki bentuk yang unik sehingga menjadi sepatu lokal yang cukup diminati. Meskipun dibuat dari bahan kulit tetapi karya Exodos57 sangat berbeda dengan sepatu lainnya.

Brand ini menggabungkan kulit dengan tenun sehingga lewat sepatu bisa mengangkat budaya lokal. Selain itu, ada juga yang menggabungkan kulit dengan bahan kanvas, serta bahan kulit dengan batik.

Exodos57 juga mengeluarkan seri terbaru dengan desain yang cukup unik dan memiliki nilai seni yang tinggi. Salah satu desainnya yakni terdapat peta Indonesia pada sepatu dan berlatar batik.

Perkembangan Bisnis Exodos57

Exodos57 sendiri merupakan brand sepatu lokal yang didirikan oleh Gally Gangga. Adapun pengerjaannya menggunakan sistem industri rumahan, di mana dikerjakan langsung oleh pengrajin.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Exodos57 juga akan memproduksi sepatu kulit reguler dengan bahan utama kulit. Sehingga tidak hanya produk sepatu mix bahan lain, tapi terdapat juga sepatu seri regulernya.

Akan tetapi, perkembangan bisnis Exodos57 sempat terkena dampak dari pandemi. Meskipun begitu, pihaknya juga memaksimalkan banyak hal mulai dari bahan baku hingga tenaga dari pengrajin.

Akhir Kata

Saat ini sepatu lokal tidak kalah bagus kualitasnya dengan sepatu buatan luar negeri. Pasalnya, sepatu karya anak bangsa seperti Patrobas dan Exodos57 memiliki nilai seni yang tinggi dan kaya akan makna.

andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Leave a Reply

Your email address will not be published.