Kini bermain game tidak hanya dijadikan sebagai media bersenang-senang. Akan tetapi kamu dapat menggunakannya sebagai hobi positif yang dapat menghasilkan uang. Cara melakukannya adalah dengan menjadi YouTuber gaming profesional.

Youtuber gaming merupakan kegiatan yang bisa dilakukan para gamers untuk mendapatkan uang. Sudah banyak yang melebarkan sayapnya lewat game sebagai YouTuber profesional. Contoh ada Jess No Limit yang terkenal dengan game Mobile Legends. Bahwa kesuksesan yang diraih berasal dari kerja keras dan komitmen.

Untuk menjadi YouTuber game kamu harus memiliki beberapa alat. Peralatan ini memiliki perangkat lunak dan perangkat keras. Kamu akan membutuhkan untuk membuat konten dan video yang menarik. Secara garis besar perlengkapan yang kamu butuhkan ada HP/laptop , recorder dan software editing.

Ini hanya gambaran umum sebagai perlengkapan yang kamu butuhkan. Di sini kami akan memperkenalkan kamu beberapa peralatan yang diperlukan untuk sebuah game Youtuber profesional. Untuk menghemat waktu saya akan membahasnya.

1. Perangkat Software

Game
Untuk menjadi youtuber gaming membutuhkan aplikasi game yang akan kamu mainkan. Kamu bisa mencoba dan menemukan game yang menyenangkan. Temukan game populer lalu pelajari sampai kamu mahir. Mulai dari tahun 2018 sampai hari ini banyak game populer yang dimainkan oleh para youtuber.

Cara Menjadi Youtuber gaming

Diantaranya seperti Mobile Legends dan PUBG yang telah menggunakan basis android dan PC untuk bermain sendiri atau dengan teman. Lakukan riset game yang ingin kamu mainkan apakah sangat diminati secara umum atau tidak.

Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan tentang game melalui forum dan YouTuber lain. Ada banyak forum gamer yang bisa kamu ikuti untuk memberluas wawasan. Forum yang cukup populer dan mudah kamu jumpai seperti Facebook atau komunitas youtube.

Perekaman Layar
Software perekam layar memiliki kemampuan untuk merekam layar baik untuk handphone atau laptop kamu. Ini mampu untuk merekam semua yang kamu lihat di layar saat menjalankannya. Untuk pengguna Android bisa menggunakan aplikasi perekaman seperti Screen Recorder.

Baca Juga  Kunci Sukses Menjadi Seorang Youtuber di Era Modern

Lalu untuk pengguna laptop bisa menggunakan aplikasi Camtasia Studio. Itu merupakan deretan aplikasi edit video untuk PC dengan kemampuan merekam layar yang sangat bagus. Camtasia Studio merupakan sebuah aplikasi sederhana yang bisa dijalankan secara mudah dengan fitur modern.

Aplikasi Pengeditan Video
Berikutnya ada software dari pihak ketiga yang tidak kalah penting adalah pengeditan video. Saat kamu selesai membuat video jelas membutuhkannya. Tentu kamu perlu melewati proses editing video agar hasil gambar lebih bagus. Tambahkan efek video suara atau musik serta pencahayaan dan lainnya.

Semua membutuhkan kreativitas kamu dalam menggunakan aplikasi edit video. Ada cukup beragam aplikasi pengeditan video untuk pemula yang sangat mudah kamu pakai. Kamu bisa pilih aplikasi edit video sesuai dengan kemampuan. Sehingga memungkinkan kamu untuk berimajinasi dengan lebih bebas.

Aplikasi Pengeditan Audio
Kamu juga perlu aplikasi pengeditan suara untuk menambahkan efek ke suara kamu dan mendapatkan suara unik yang punya ciri khas. Beragam aplikasi edit suara yang bisa kamu gunakan seperti Audacity. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu juga bisa mengkonversi video ke mp3.

Jadi kamu dapat mengekstrak suara dari musik kedalam video. Bahkan kamu juga dapat menggunakan untuk mengubah suara dari pria menjadi wanita. Tentu semuanya kembali kepada kamu dan apa yang kamu butuhkan untuk membuat video.

2. Perangkat Hardware

HP atau PC (Laptop)
Alat penting saat kamu ingin menjadi YouTuber gaming adalah HP atau PC yang mesti di utamakan. Pakailah yang mempunyai spesifikasi besar untuk kebutuhan gaming. Umumnya game membutuhkan RAM 2 GB sampai dengan RAM 3 GB.

youtube gaming

 

Untuk mencegah koneksi lambat atau hang saat bermain game pakai yang bagus. Sehingga kamu bisa menjalankan game dengan nyaman. Termasuk kamu harus menjalankan aplikasi perekaman layar untuk mendukung pemrosesan.

Baca Juga  Yuk Intip 7 Penyebab Tekanan Darah Rendah dan Cara Mengobatinya

Jadi kamu membutuhkan HP dengan spesifikasi terbaik dan membuat video yang dihasilkan lebih bagus. Plus kamu juga bisa menambahkan aksesoris tambahan seperti mouse untuk PC dan laptop. Akan tetapi tergantung pada kebiasaan kamu sendiri.

Kamera dan Lampu
Pendukung ini dimaksudkan untuk merekam wajah kamu saat bermain game atau pun sebagai penerangan agar wajah kamu agar tidak gelap. Semua tergantung pada keadaan saat wajah kamu sedang direkam.

Beberapa YouTuber hanya membuat konten video tanpa menunjukkan wajahnya karena suatu alasan tertentu. Akan tetapi menurut kami ekspresi wajah pada saat bermain game menjadi sebuah elemen yang menarik untuk di tonton.

Saat kamu memiliki lebih banyak uang dapat menggunakan kamera lain untuk merekam wajah dalam bermain game. Jadi akan menghasilkan 2 video secara bersamaan yang bisa kamu dapatkan untuk di edit ulang.

Pada bagian video pertama bisa dipakai untuk hasil perekaman layar dengan ekspresi wajah. Lalu sinkronkan dengan video lain selama proses pengeditan. Akan tetapi saat kamu hanya memiliki satu alat perekam dapat menggunakan kamera depan saja cukup.

Gunakan apa pun yang kamu miliki untuk memaksimalkan hasil video. Setidaknya untuk menjadi youtuber gaming kamu harus memiliki spesifikasi HP bagus. Ini akan menghasilkan karya yang sangat menarik untuk di tonton.

Mikrofon dan headset
Mikrofon berfungsi agar kamu dapat mendengar suara kamu secara jelas saat merekam video. Saat kamu menjadi Youtuber coba tambahkan suara kamu sendiri. Hal ini untuk mencegah penonton bosan saat menonton video kamu.

Kemampuan berbicara di depan umum kamu diuji saat melakukan perekaman sambil bermain game. Saat karakter yang kamu bawa lucu dan menyenangkan akan membuat penonton menyukainya lebih cepat. Dengan ini kamu bisa mengasah keterampilan di depan kamera tanpa merasa ragu.

Baca Juga  5 Pemicu Kanker Kelenjar Getah Bening yang Tidak Boleh Diabaikan

Mungkin akan terlihat sulit pada awalnya tapi semua yang terjadi itu sangat normal untuk seorang pemula. Tanpa sebuah perjuangan dan kerja keras akan membuat semuanya tidak menghasilkan apa pun.

Green screen
Pernahkah kamu melihat gamer Youtuber menunjukkan wajahnya? Di mana latar belakangnya yang dihadirkannya berupa game tersebut. Teknik yang di pakai untuk melakukan tindakan itu adalah green screen atau layar hijau.

Green screen merupakan satu teknik editing video yang menghilangkan background atau latar belakang dalam sebuah video ataupun adegan. Layar ini membutuhkan gambar hijau polos tanpa kombinasi warna lain. Kamu bisa menggunakan kain hijau sebagai background pembuatan video. Lalu kamu membutuhkan aplikasi edit video dengan kemampuan layar hijau (Green screen).

Itu semua adalah sejumlah peralatan yang kerap gamer Youtuber untuk menunjang aktifitas. Menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras yang sudah di sebutkan tadi. Sekarang kamu bebas untuk melakukannya.

Saat kamu tidak bisa melakukan dapat menggunakan sejumlah peralatan yang sudah di miliki dahulu. Entah itu HP atau PC untuk proses merekam dan mengedit video youtube. Saat kamu mampu beli alat yang lebih canggih segera realisasikan atau wujudkan.

Kamu mesti harus pelajari cara mengedit video agar lebih menarik dan selalu terus belajar hal-hal baru. Tujuannya agar kamu bisa membuat lebih banyak orang menonton video dan senang.