Sumber Vitamin D Disekitar Kita

5 min read

Sumber Vitamin D Disekitar kita

Sumber Vitamin D – Tahukah Anda bahwa hidup kita disokong oleh berbagai nutrisi pelengkap tubuh? Di antaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Itu untuk kategori vitamin. Bahkan vitamin B pun memiliki varian, seperti vitamin B1, B6, B12. Selain vitamin, ada juga nutrisi lain yang sama pentingnya untuk tubuh kita. Di antaranya yaitu kalsium, aneka mineral, zat besi, protein, karbohidrat, lemak, asam amino dan berbagai hal lainnya.

Semua saling bahu-membahu, menjaga tubuh kita tetap sehat, fit dan segar. Namun, kecenderungan berkurangnya beberapa nutrisi dalam tubuh pun membuat kita lebih cepat merasa sakit, lemah, lesu dan tidak bergairah. Oleh karena itu, asupan bergizi dan seimbang mutlak diperlukan untuk menyokong kelangsungan hidup kita.

Memang, tidak semua keseimbangan tubuh kita dijaga lewat asupan nutrisi, namun juga perlunya pengolahan tubuh dengan cara berolahraga secara teratur. Nutrisi yang berguna dalam tubuh kita ternyata bisa kita dapatkan dari alam. Alam sudah menyediakan apa yang kita butuhkan, tinggal bangaimana kita mengolahnya. Misalnya saja.

Tumbuh-tumbuhan seperti sayur dapat melengkapi asupan vitamin dan mineral. Pada susu pun memiliki gizi yang tinggi, karena disinyalir sungguh-sungguh lengkap mengandung beragam kebutuhan gizi manusia. Susu memang diproduksi oleh binatang. Susu ini dikhususkan untuk masa tumbuh kembang anaknya. Ini karena nilai gizinya memang tidak terkira.

Selain dari tumbuhan dan susu, Anda juga bisa menjumpai daging dari hewan yang kita potong pun memberikan nutrisi pelengkap untuk tubuh kita. Di antaranya lemak, Vitamin B dan juga protein. Kalau ingin mengkonsumsi protein yang berguna memperbaiki sel tubuh dan juga membuat anda cerdas, seringlah mengkonsumsi ikan, terutama ikan laut. Ikan disinyalir memiliki nilai gizi yang tinggi.

Tahukah Anda bahwa sinar matahari pun bisa menjadi sumber nutrisi untuk Anda? Terutama dalam pemenuhan kebutuhan tubuh akan vitamin D. Vitamin D dikenal sebagai vitamin yang berkolaborasi dengan kalsium untuk membantu pembentukan tulang dan gigi.

Baca Juga  Ini Dia Penyebab Nyeri Dada Yang Sering Kita Alami

Vitamin D berfungsi membantu penyerapan kalsium oleh tubuh agar bisa digunakan secara optimal. Biasanya makanan atau minuman yang berhubungan atau bersinggungan dengan vitamin ini standarnya pasti pun mengandung kalsium. Yuk, kenali ragam makanan yang sarat vitamin D dan masalah apa yang bisa muncul kalau anda kekurangan vitamin ini.

Makanan yang Sarat Vitamin D

Yoghurt
Yoghurt adalah makanan yang disinyalir kaya akan kalsium dan juga Vitamin D. selain rendah lemak, Anda bisa mengandalkan makanan ini untuk asupan Vitamin D harian Anda. Pastinya tubuh Anda sudah terlengkapi bila mengkonsumsi yoghurt. Pastikan Anda mengkonsumsinya setiap hari. Tidak usah khawatir kegemukan.

Susu
Kalau Anda ingin memenuhi nutrisi tubuh Anda lengkap, maka konsumsi susu adalah cara terbaik untuk bisa memenuhi seluruh kebutuhan gizi Anda. Susu tidak hanya mengandung Vitamin D yang tinggi, tapi juga dilengkapi dengan kalsium. Susu pun lengkap memiliki semua varian jenis vitamin dan beberapa mineral.

Biasakan minum dua gelas susu perhari. Satu di waktu pagi, dan satunya di sisa malam Anda. Pastikan susu yang Anda konsumsi bebas lemak. Selain untuk menghindari kegemukan, lemak yang terlalu banyak dikonsumsi tubuh malah bisa menyerang balik tubuh Anda

Ikan Sarden
Ikan dipercaya mengandung nilai protein yang tinggi, juga asam amino. Termasuk ikan jenis sarden. Bahkan ikan ini pun memiliki kandungan Vitamin D dan kalsium yang amat tinggi. Mengkonsumsi ikan jenis ini, baik yang kalengan maupun sang segar sama enaknya.

Soal harga, Anda bisa sedikit mengabaikannya, apalagi kalau Anda melihat kandungan nutrisi yang dimiliki jenis ikan ini. Sangat disarankan mengkonsumsi ikan jenis ini. Paling tidak dalam satu minggu untuk memenuhi kalsium, protein dan Vitamin D Anda.

Baca Juga  Cara Cepat Menambah Tinggi Badan Dalam Seminggu

Ikan Salmon
Tahukah anda bahwa sepotong ikan salmon dengan berat hanya 3 ons saja sudah cukup untuk memenuhi satu hari kebutuhan kalsium dan asupan Vitamin D Anda? Ya, ikan salmon yang dipercaya memiliki kandungan protein sama tingginya dengan sarden. Ikan ini juga mengandung lemak Omega 3 yang disinyalir baik untuk jantung Anda.

Bayam
Bayam juga memiliki kandungan Vitamin D meskipun tidak sebanyak susu dan ikan. Namun, cukup untuk memenuhi sekitar dua puluh lima persen kebutuhan kalsium Anda. Selain itu, bayam juga diperkaya dengan zat besi, mineral, Vitamin C dan juga Vitamin A.

Makanya Popeye suka dengan bayam dan akan jadi bertenaga dan kuat. Sayuran sangat baik dikonsumsi karena kandungan seratnya mempermudah pencernaan dan membersihkan usus kita dari lemak daging.

Sayur Hijau
Yuk biasakan makan sayur, terutama yang hijau-hijau. Anda bisa juga mengkonsumsi sawi hijau sebagai pelengkap kalsium dan Vitamin D Anda. Sawi hijau pun memiliki jumlah yang sama dengan Bayam dalam kandungan Vitamin D-nya. Selain itu, sawi juga memiliki mineral dan juga zat besi.

Jus
Suka jus? Sebaiknya Anda mulai membiasakan minum jus. Jus jeruk disinyalir kaya akan Vitamin C dan juga D. kandungan Asam Askorbat-nya membantu penyerapan Vitamin D dan kalsium.

Makanya, di masa dahulu, ketika pelayaran terjadi begitu lama dan hanya mengandalkan angin saja, para pelaut sering sekali menderita defesiensi Vitamin C dan Asam Askorbat. Mereka menderita gusi berdarah dan kekakuan pada tulang. Vitamin C juga bagus untuk menjaga kondisi tubuh dan berfungsi sebagai perisai kekebalan tubuh.

Sereal
Sereal dibuat dari beragam biji-bijian. Bisa dibuat dari gandum, atau dari tanaman biji-bijian lainnya. Sereal memiliki macam-macam kandungan, terlebih kandungan yang sudah ditambahkan oleh pabrik pembuatnya.

Karena kaya serat, Vitamin C dan D, serta kalsium serta disinyalir juga memiliki asupan lainnya yang melengkapi nutrisi kita, sereal sangat disarankan. Terutama untuk menjaga jantung dan tubuh tetap sehat. Sereal dianggap rendah lemak sehingga tidak mengemukkan dan tetap menjaga jantung sehat.

Baca Juga  Vitamin Penambah Darah Untuk Penderita Anemia

Ikan Tongkol
Ya, ikan memang selalu sarat protein dan kalsium. Vitamin D yang ada dalam kandungan tongkol memang tidak sebanyak ikan sarden ataupun ikan salmon. Tapi cukup untuk memenuhi seperempat kebutuhan Vitamin D Anda. Namun hati-hati, ikan tongkol juga bisa bikin Anda alergi. Untuk yang memiliki bakat alergi ikan tongkol, jangan coba-coba mencicipinya. Dikhawatirkan gizinya tidak seberapa, Anda malah diserang sakit akibat alergi tongkol.

Bagaimana Bila Asupan Vitamin D Kurang?
Kalau dipikir-pikir, Vitamin D yang sudah terkandung pada matahari pagi seharusnya bisa mencukupi kebutuhan manusia akan Vitamin yang satu ini. Tapi ternyata tidak begitu. Hal ini disebabkan karena kondisi bumi yang kian buruk dan kurangnya lapisan ozon (ozon telah menipis) hingga paparan matahari yang seharusnya baik, malah menjadi buruk.

Bila matahari tidak bisa diharapkan dalam memberikan asupan Vitamin ini, tampaknya kini saatnya beralih pada makanan. Memang, beragam makanan, beragam juga kekayaan Vitamin D-nya. Ada yang cuma bisa melengkapi seperempat dari yang dibutuhkan tubuh, ada juga yang bisa melengkapi semua.

Namun, yang manapun, pastikan tubuh Anda sungguh-sungguh tidak kekurangan Vitamin D. Kekurangan Vitamin ini akan memperlambat penyerapan kalsium dalam tubuh dan terjadi penumpukan dalam darah. Akibatnya, tulang Anda tidak bisa mendapatkan kalsium yang dibutuhkannya dan tentu saja ini berbahaya.

Kelihatannya sih Vitamin ini sepele, namun ternyata berdampak besar pada tubuh. Biasanya makanan yang mengandung Vitamin D pasti akan berdampingan dengan kalsium. Keduanya saling membutuhkan, dan yang pasti keduanya akan membantu Anda memiliki tulang yang sehat, gigi yang kuat, dari sekarang sampai nanti.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *