Taman Laut Bunaken, Surga Bawah Laut yang ada di Indonesia

6 min read

tips liburan

Taman laut Bunaken – Ada yang ingin kesana? kalau admin mau banget nih. Destinasi tempat wisata ini merupakan salah satu kawasan wisata laut yang menjadi andalan bangsa Indonesia saat ini. Tempat wisata ini terkenal hingga ke manca negara, dan sudah menjadi salah satu tempat tujuan wisata dunia selain pulau Bali.

Taman Laut Bunaken pernah menjadi salah satu tempat yang digunakan untuk melakukan prosesi pemecahan rekor dunia. Yaitu ketika diselenggarakan upacara bendera memperingati Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2010 lalu. Pada saat itu, ribuan penyelam dari berbagai negara, mengadakan upacara di dasar laut dan melakukan pengibaran bendera sebagaimana kegiatan upacara di daratan.

Taman Laut Bunaken, Surga Bawah Laut Indonesia

Taman Laut Bunaken sendiri merupakan sebuah pulau yang berada di kawasan Teluk Manado. Lokasi ini berada di sebelah utara pulau Sulawesi, yang memiliki luas 8,08 kilometer persegi. Pulau Bunaken sendiri masih termasuk bagian wilayah kota Manado, yang sekaligus juga ibu kota propinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Untuk bisa menjangkau Taman Laut Bunaken, bisa ditempuh dengan menggunakan perahu cepat atau juga dengan menggunakan kapal sewaan. Lama perjalanan dari pelabuhan kota Manado sekitar 30 menit. Taman Laut Bunaken sendiri terletak di pulau Bunaken, dan menjadi bagian dari Taman Nasional Bunaken.

Taman Laut Bunaken

Kelebihan dari Taman Laut Bunaken ini adalah pada taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan yang paling tinggi di dunia.

Dengan kelebihan yang dimilikinya ini, banyak penyelam dari berbagai dunia yang berkunjung untuk menikmati keindahan dasar laut di pulau Bunaken. Di Taman laut yang memiliki luas 75.256 hektar tersebut, terdapat lima pulau yang menjadi bagian dari taman tersebut. Kelima pulau tersebut antara lain Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken itu sendiri, Pulau Siladen, Pulau Mantehage dan beberapa anak pulaunya, serta Pulau Naen.

Meski memiliki area yang cukup luas, tidak semua kawasan boleh dijadikan area penyelamanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kelestarian dari Taman Laut Bunaken tersebut. Lokasi yang boleh dijadikan kawasan menyelam dibatasi pada masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau tersebut saja. Di luar kawasan itu, sudah masuk arena terlarang untuk melakukan kegiatan penyelaman.

Di kawasan Taman Laut Bunaken, terdapat 20 titik penyelaman atau dive spot. Kedalaman setiap titik tersebut tidaklah sama antara satu sama lainnya. Titik penyelaman terdalam, mencapai 1.344 meter. Dari 20 titik yang ada, sebagian besar terletak di sekitar pulau Bunaken. Tercatat ada 12 titik penyelaman yang ada di pulau tersebut. Dan titik penyelaman inilah yang banyak dijadikan pilihan favorit para penyelam untuk bisa menikmati keindahan pemandangan di dasar laut Pulau Bunaken. Khusus untuk kegiatan penyelaman di daerah arakan dan Wowontulap dapat ditempuh melalui jalan darat selama kurang lebih 40 menit.

Baca Juga  7 Wisata Air Terjun di Jawa Barat Yang Eksotis

Lokasi titik penyelaman yang ada di pulau Bunaken ini, letaknya berjajar mulai bagian tenggara hingga barat pulau tersebut. Di kawasan tersebut terdapat sebuah fenomena alam, yaitu air terjun bawah laut yang sering disebut dengan hanging walls. Bentuk dari air terjun raksasa ini berupa dinding karang raksasa yang berdiri secara vertikal dan melengkung ke bagian atas. Dinding karang ini berfungsi sebagai sumber makanan untuk ikan-ikan yang terdapat di sekitar pulau Bunaken tersebut.

Di kawasan Taman Laut Bunaken ini, wisata bahari merupakan daya tarik utama bagi para wisatawan. Di tempat tersebut, para pengunjung bisa menikmati berbagai sarana wisata yang ada. Seperti melakukan kegiatan penyelaman yang merupakan pesona utama kawasan tersebut.

Taman Laut Bunaken

Bagi yang tidak menginginkan kegiatan penyelaman, bisa menikmati keindahan bawah laut dengan cara snorkling atau berenang di permukaan laut. Selain itu bisa pula kita melihat keindahan bawah laut melalui perahu yang memiliki dasar berupa kaca tembus pandang.

Selain itu, wisatawan bisa menikmati kehangatan mentari dengan cara berjemur di tepi pantai, berenang di laut atau juga menyewa speed boat untuk sekedar berkeliling kawasan Bunaken tersebut. Untuk masalah penginapan, tidak perlu merasa khawatir, sebab di sekitar kawasan itu tersedia beberapa tempat menginap. Mulai dari hotel berbintang hingga sekedar losmen yang menyediakan fasilitas sederhana.

Kekayaan hayati bawah laut di Bunaken, seringkali menjadi sebuah obyek penelitian. Itulah mengapa, banyak peneliti yang datang ke tempat tersebut, selain untuk menikmati keindahan alamnya juga untuk meneliti kekayaan hayati yang ada di Taman Laut Bunaken tersebut.

Persiapan Sebelum Liburan agar Rekreasi Tenang

Siapa yang tidak senang dengan liburan? Tentu saja tidak ada. Semua orang butuh bahkan lebih senang libur daripada beraktivitas. Wajar memang karena hidup santai itu lebih enak daripada sibuk. Betul tidak?

Biasanya apa yang Anda rencanakan ketika liburan? Pasti ada yang menjawab hanya tidur di kamar, malas-malasan di rumah, belanja, apel dengan pacar, berekreasi, piknik, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  7 Oleh-oleh Khas Manado Yang Wajib dibawa Pulang

Bagi Anda yang akan berlibur ke luar kota atau luar pulau, pasti harus ada persiapan khusus sebelum pergi. Dimulai dari membawa peralatan mandi, pakaian, mempersiapkan kendaraan, menyiapkan vitamin, dan membawa bekal uang untuk membeli oleh-oleh pastinya.

Agar perjalanan atau liburan Anda menyenangkan, sepertinya menyimak beberapa tips liburan perlu Anda lakukan. Inilah sedikit tips liburan yang mungkin membantu Anda agar liburan lebih menyenangkan.

Tips Liburan di Luar Kota / Luar Pulau
Jika Anda merencanakan untuk berlibur ke luar kota /luar pulau, ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan selama di perjalanan atau di tempat tujuan.

1. Siapkan Baju Secukupnya
Jika Anda pergi ke luar kota /luar pulau untuk waktu yang lama, tentu membawa bekal pakaian “wajib” hukumnya. Jika tidak, nanti Anda malah boros karena harus membeli pakaian baru. Daripada membuang-buang uang, lebih baik bawa pakaian yang sudah Anda punya di rumah.

Agar pakaian tidak kusut, lebih baik Anda gulung-gulung hingga menjadi kecil. Walaupun kemungkinan akan kusut juga, namun lebih baik daripada Anda lipat baju seperti biasa. Selain agar terlihat lebih rapi dan tidak kusut, dengan menggulung baju bisa menghemat ruangan dalam tas Anda.

baju digulung

Jika tas Anda lumayan kecil sementara barang bawaan banyak, menggulung baju membuat Anda lebih mudah untuk membawa barang lainnya. Jangan sampai lupa membawa baju dalam, dan bawa baju yang sesuai dengan kondisi tempat tujuan wisata.

Pastinya jangan bawa jaket bila akan berlibur ke daerah Jawa Tengah, dan Timur. Jangan juga hanya membawa hotpants dan tanktop jika berlibur ke daerah Bandung atau Jawa Barat. Pokoknya, bawa baju yang sesuai dengan kondisi tempat yang akan Anda datangi.

2. Cek Kendaraan dan Kelengkapannya
Ingin berkendara menggunakan kendaraan pribadi ke luar kota / luar pulau? Persiapkan dulu semua kelengkapan dan kesiapannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jika Anda tidak mengerti apapun mengenai mesin, sebaiknya segera datang ke bengkel terpercaya. Biarkan mekanik di sana yang membantu mengecek mesin mobil atau motor Anda.

tips liburan

Carilah bengkel yang benar-benar terpercaya, lebih baik bengkel resmi milik produsen kendaraan Anda. Dengan begitu, klaim jika terjadi kerusakan pada kendaraan bisa diserahkan kepada bengkel tersebut (jika bukan atas kelalaian Anda).

Baca Juga  Sewa Bus Semarang di Ranggawarsita Tour

Bengkel resmi juga lebih menjamin kesiapan kendaraan Anda karena suku cadang yang sudah disesuaikan dengan kendaraan yang dimiliki. Tentunya bengkel resmi memiliki spesifikasi terbaik untuk kendaraan dan pelanggannya. Mintalah montir di sana mengganti komponen kendaraan yang sekiranya sudah tidak bagus lagi. Ganti juga oli dan minyak rem dengan yang baru agar tidak celaka.

3. Bawa Bekal Cukup
Bekal di sini bisa berupa makanan, uang, atau obat-obatan. Untuk menghemat waktu perjalanan Anda, membawa bekal makanan dari rumah lebih dianjurkan. Bila Anda termasuk orang yang turun naik kendaraan, bawalah makanan sendiri dari rumah.

Bawa makanan ringan, makanan berat, dan minuman untuk menjaga stamina Anda ketika dalam perjalanan. Akan tetapi, bagi yang mengendarai kendaraan sendiri, jangan terlalu banyak makan. Nanti Anda akan mengantuk dan risiko kecelakaan akan lebih banyak terjadi.

bekal piknik

Selain makanan, bawa juga obat-obatan, seperti obat pusing, sakit perut, dan masuk angin. Jika perjalanan Anda jauh, ketersediaan obat-obatan itu sangat penting. Tidak boleh lupa juga pasti bawa bekal uang.

Jika perlengkapan Anda sudah lengkap semua, sedangkan uang tidak dibawa, itu bisa gawat. Meskipun Anda berkunjung ke rumah saudara saja dan tidak akan membeli apa-apa, membawa uang tetap penting.

Uang menjadi “senjata” ampuh untuk menghadapi berbagai kemungkinan. Kemungkinan kekurangan makanan, obat-obatan, bensin, membawa oleh-oleh, memberikan uang kepada pengemis, terkena denda atau tilang dan lain sebagainya. Pokoknya, uang adalah barang paling penting yang harus Anda bawa.

4. Membawa GPS atau Peta
Jika tujuan liburan Anda belum pernah didatangi sebelumnya, menyiapkan sebuah peta adalah hal yang wajib. Untuk itu, terlebih dahulu pelajari cara membaca gps/peta agar jika tersesat, Anda akan tahu arah mana yang harus dituju.

gps

Apalagi bagi Anda petualang backpacker, membawa gps/peta sangatlah perlu. Oleh karena biasanya para backpacker mengunjungi lokasi yang tidak banyak orang ketahui. Untuk meminimalisir kemungkinan tersesat, membawa gps/peta adalah solusinya.

5. Mempersiapkan Asuransi Perjalanan

Sebenarnya kita tidak mau juga hal yang tidak diinginkan terjadi namun berjaga-jaga itu wajib hukumnya agar nantinya jika terjadi hal yang buruk entah itu kecelakaan dll ada yang membackup dari segi biayanya.

Demian Ulasan admin tentang Taman Laut Bunaken dan Tips Liburan Bebas Cemas ala admin, semoga bermanfaat. Lets start your jurney.

lisa puspita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *