Terong, Sebagai Makanan dan Minuman yang Kaya Vitamin

5 min read

Terong yang Kaya Vitamin

Terong yang Kaya Vitamin – Terong adalah jenis sayuran yang akrab hampir di semua lapisan masyarakat, tidak kenal kaya atau miskin terong menjadi menu yang dinanti. Untuk membelinyapun tidak sulit, tersedia di pasar-pasar maupun supermarket. Cara mengolahnya terbilang sangat mudah.

Sebagai keluarga Solanaceae dan Genus Solanum, tumbuhan hijau yang ditanam secara tahunan ini memiliki buah yang berbeda-beda dari yang kecil sampai yang besar. Tumbuhan terong juga memilik buah yang warna yang berbeda-beda terutama, hijau, ungu, kuning dan putih. Hal ini tergantung budidayanya.

Dari kesemua jenis terong dengan aneka warna dan bentuk (bulat ataupun lonjong) semuanya mengandung banyak vitamin dan gizi yang tinggi, seperti vitamin B-kompleks, thiamin, pyridoxine, riboflavin, zat besi, phosphorus, manganese dan pottasium. Selain itu terong juga bisa menghindari sembelit karena kandungan kalorinya sangat rendah dan memiliki serat yang sangat tinggi.

Tak hanya di Indonesia, terong cukup dikenal dan bisa digunakan sebagai obat. Contohnya, di Korea: penduduk Korea mengeringkan terong terlebih dahulu pada waktu akan mengonsumsinya. Terong mampu mengobati penyakit seperti encok, nyeri pinggang dan nyeri lainnya. Serta mampu mengobati penyakit cacar, campak, alkoholik, dan luka bakar.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan apabila mengonsumsi terong, selain rasanya yang enak, buah ini juga bisa diolah menjadi bermacam-macam menu masakan dan minuman. Buah terong memiliki biji yang kecil-kecil dan lembut, biji buah terong boleh dimakan namun karena mengandung alkaloid nikotin sehingga rasanya memang sedikit agak pahit.

Terong yang Diolah Menjadi Makanan
Terong bisa dimasak sesuai selera, bisa diperlakukan dan dikolaborasikan dengan menu lain. Misalnya saja lalap atau sayur lodeh. Berikut adalah resep-resep masakan yang menggunakan terong sebagai bahan utamanya:

1. Terong Goreng
Terong yang berwarna ungu dengan bentuk lonjong bisa dipotong seperi bentuk dadu, kotak-kotak atau bisa pula dipotong panjang kemudian lamuri dengan tepung terigu, tambahkan garam dan merica secukupnya. Kemudian goreng, hasilnya akan seperti kentang goreng loh. Atau bisa juga dipotong tipis-tipis seperti keripik.

Baca Juga  7 Manfaat Daun Ketepeng Cina Untuk Kesehatan

2. Terong Sebagai Lalap
Terong yang berbentuk bundar kecil dan berwarna hijau bisa juga dipakai lalap. Makanan khas sunda, terong untuk lalap bisa langsung dikonsumisi (mentahan) dengan membelahnya menjadi empat bagian atau dikukus terlebih dahulu agar lebih empuk. Terong dicoel disambal rasanya sangat nikmat dan segar.

Resep di atas sangat sederhana, berikut ada resep-resep dengan bahan terong yang divariasikan dengan bahan-bahan lainnya, salah satunya adalah Resep Terong Gulung. Menarik untuk dicoba:

3. Terong Gulung

terong gulung
Bahan-bahannya:

  • 3 buah terong (pilih yang berwarna ungu) yang sudah sudah diiris tipis-tipis.
  • Tepung bumbu instan sebanyak kurang lebih 50 gram.
  • Satu butir telur ayam.
  • Panir kasar sebanyak 75 gram.
  • Minyak goreng

Bahan bagian isi terong gulung:

  • Udang yang sudah dibersihkan sebanyak 75 gram, kemudian dicincang halus.
  • Daging ayam yang sudah dibersihkan sebayak 75 gram, dicincang halus.
  • Setengah gram bawang bombai yang sudah dicincang halus.
  • 1 butir putih telur.

Untuk bumbu : Satu sendok teh garam, seperempat sendok merica dan seperempat sendok gula pasir.

Jika bahan-bahan diatas sudah siap dan tersedia, cara pembuatan resep Terong gulung sangatlah mudah, yaitu:

  1. Pertama-tama buatlah bagian untuk isi.
  2. Masukkan minyak goreng secukupnya, kemudian masukkan bahan-bahan bagian isi berupa; udang dan ayam yang sebelumnya sudah dicincang, campur sampai menyatu. Kemudian masukkan bawang bombay, bawang putih dan bumbu: garam, merica, gula pasir. Aduk sampai rata. Sesudah matang angkat, kemudian tiriskan.
  3. Isi bahan yang sudah masak oleskan ke atas (bagian dalam terong yang sudah diiris tipis-tipis) ada waktu menggulung, tekan sedikit agar lebih padat.
  4. Sesudah itu, terong yang sudah diisi digulung-gulung di atas tepung bumbu. Agar tepung bumbu menempel celupkan terong ke dalam telur dan gulingkan lagi di atas panir kasar.
  5. Siapkan minyak panas, lalu goreng terong yang sudah diisi dan digulung. Tunggu sampai matang dan berubah warna agak kecoklatan. Angkat dan sajikan
Baca Juga  Kandungan Kacang Hijau dan Manfaatnya

Cara menyajikan olahan terong ini cukup mudah. Siapkan piring yang rata, letakkan terong gulung di atasnya, agar nampak lebih segar bisa ditambahkan tomat atau brokoli yang sudah di iris, ditata di sekitar terong gulung. Jangan lupa pula siapkan minuman penyegar dengan bahan terong pula.

Walaupun sama-sama berbahan terong akan ada sensasi yang berbeda ketika menikmatinya. Membuat minuman dengan bahan terong lebih mudah dibandikan dengan membuat bahan makanan, contoh simpelnya kita bisa membuatnya menjadi jus yang menyegarkan.

Terong yang Diolah Menjadi Minuman
Jus terong mampu mencegah penyakit kanker, apabila mengonsumsi jus terong dengan teratur maka kandungan tripisin atau proteasea yaang ada dalam buah terong mampu menekan kerusakan yang dialami oleh sel-sel dan melawan zat yang bisa menjadi pemicu terjadinya kanker. Berikut adalah resep-resep membuat jus terong:

1. Olahan Terong Untuk Minuman – Jus Terong
Terong belanda sangat nikmat dan segar untuk dibuat jus. Bahan-bahannya:

  • Terong belanda sebanyak 2 buah atau bergantung yang Anda inginkan.
  • Madu sesuai selera dan secukupnya.
  • Gula putih secukupnya.
  • Air putih satu gelas.
  • Es batu yang sudah dibubukkan kecil-kecil.
  • Susu kental.

Cara membuatnya:

  1. Siapkan buah terong, usahakan pilih terong belanda yang sudah matang, dan sudah dicuci bersih.
  2. Masukkan bahan-bahan ke dalam blender. Siapkan gelas kaca, sebelum jus dimasukkan lumuri terlebih dahulu pinggiran dalam gelas dengan susu kental.
  3. Sesudah dimasukkan bahan ke dalam gelas, bagian atas lumuri juga dengan susu.
  4. Untuk toping bisa dengan jeruk lemon yang sudah diiris tipis, lalu diselipkan dipinggiran gelas. Atau bisa dengan tomat, stroberi.

2. Jus Terong Untuk Para Pria
Resep kedua, jus terong yang bisa menyehatkan para lelaki. Di Nigeria, terong dipercaya mampu menghilangkan rasa gugup dan dipakai sebagai kontrasepsi untuk pria. Hal ini ternyata terbukti, ketika para peneliti melakukan percobaan dengan memberikan makanan pada marmut.

Baca Juga  Khasiat Kunyit bagi Kecantikan dan Kesehatan

Ada juga yang berpendapat bahwa terong bisa mengatasi impotensi, serta mampu meningkatkan gairah seksual laki-laki. Ada resep jus terong yang bisa menyembuhkan impotensi, yaitu:

Bahan-bahannya:

  • Pilihlah terong yang berwarna ungu sebanyak satu buah.
  • Biji pare dan biji kucai. Masing-masing sebanyak 15 gram.
  • Lengkeng kering 5 buah.
  • Jahe sebanyak 15 gram, yang diparut kemudian diperas dan diambil airnya.
  • Madu secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Terlebih dahulu terong dikukus sampai lunak, lalu diblender sampai halus.
  2. 15 gram biji pare dan biji kucai masukkan kedalam panci yang sudah diisi air, kemudian rebus.
  3. Masukkan terong yang sudah diblender ke air rebusan, juga buah lengkeng kering.
  4. Masukkan air hasil perasan jahe, kemudian tambahkan madu.
  5. Jus terong siap diminum, seduh dan sajikan selagi hangat

Jelaslah sudah dari paparan di atas terong memang mengandung banyak manfaat, serta rasanya yang lezat sehingga banyak orang yang melakukan kreativitas dalam mengolahnya menjadi masakan dan minuman. Tak sedikit pula orang mengonsumsinya.

Hal inilah yang terus membuat petani membudidayakan terong di kebun atau lahan miliknya. Jika Anda memang penggemar fanatik aneka macam terong, tidak salahnya membudidayakan tanaman ini di rumah. Tidak rumit, bisa dengan membeli bibit yang sudah jadi dan menanamnya di dalam pot. Selain buahnya bisa langsung dikonsumsi, jatah belanja terong setiap bulannya menjadi lebih murah.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *