andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Tips dan Cara Menjaga Kelembaban Kulit yang Mudah Dijalani

5 min read

menjaga kelembaban kulit

Tips dan cara menjaga kelembapan kulit badan memang banyak dicari oleh semua orang. Tidak hanya kaum wanita, memiliki kulit tubuh yang halus juga diimpikan oleh kaum pria. Seperti yang umumnya diketahui, kulit merupakan bagian tubuh manusia yang melindungi tubuh terluar. Hal ini tentu menjadi tugas penting bagi kulit.

Selain untuk melindungi tubuh dari serangan luar, kulit juga menjadi pemandangan terluar yang dilihat oleh orang lain. Oleh karena itulah mengapa kulit tubuh harus benar-benar dijaga dan dirawat.

Berbicara mengenai menjaga dan merawat kulit, terdapat berbagai macam cara merawat dan menjaga kulit tersebut. Cara-cara merawat dan menjaga kulit tubuh ini bergantung pada jenis-jenis kulit yang dimiliki setiap orang. Secara umum, jenis kulit yang umumnya dimiliki ada tiga, yaitu kulit normal, kulit berminyak, dan kulit kering.

Untuk kulit normal, perawatan yang harus dilakukan tidaklah rumit. Cukup dengan sering membersihkan badan secara rutin dan juga memberikan nutrisi penting untuk kulit. Namun, bagi untuk Anda yang memiliki kulit berminyak atau kering, hal ini tentu harus diperhatikan secara seksama. Mengingat, aka nada banyak perawatan yang harus dilakukan.

Cara Merawat Kulit Tubuh Kering Secara Alami
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kulit merupakan lapisan terluar tubuh manusia yang berfungsi sebagai pelindung. Selain itu, kulit juga menjadi hal utama yang menjadi perhatian banyak orang. Oleh karena itu, kulit tubuh ini harus dirawat dan dijaga dengan baik, terutama untuk jenis kulit yang kering.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan tampak kusam. Beberapa faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Di antaranya disebabkan oleh cuaca, seringnya memakai air yang terlalu panas ketika mandi, terpapar sinar matahari terlalu sering, dan lain sebagainya.

Dan untuk mengatasi kulit yang kering, Anda bisa melakukannya dengan cara yang alami. Apa sajakah itu? Berikut uraian selengkapnya.

1. Konsumsi Banyak Air Putih
Cara merawat kulit tubuh yang kering bisa dilakukan dengan cara memperbanyak konsumsi air putih. Seperti yang sudah banyak diketahui, setiap harinya tubuh membutuhkan air sekurang-kurangnya 8 liter.

Selain dapat menjadi detoks alami tubuh, air juga berguna untuk menjaga kelembaban kulit. Air putih yang dikonsumsi dapat juga bermanfat untuk mentralisir racun yang terdapat pada tubuh. selain itu, air juga bisa mengeluarkan kotoran yang menjadi pemicu kering dan kusamnya kulit tubuh.

2. Kurang Bersih dalam Menghilangkan Kotoran Tubuh
Banyak orang yang menyepelekan kebersihan kulit tubuh, padahal hal ini bisa menjadi pemicu keringnya kulit Anda. Kurang bersihnya kulit ketika membersihkan menyebabkan kotoran menempel hingga menumpuk. Hal ini tentu saja tidak baik terhadap kondisi kelembaban kulit.

Lakukan pembersihan tubuh secara benar secara rutin. Dianjurkan untuk menggunakan sabun herbal yang secara alami dapat membantu merawat dan menjaga kulit tubuh. berbeda dengan sabun kimia yang secara umum dapat membuat kulit kering dan kusam.

3. Menghilangkan Sel Kulit Mati pada Tubuh
Kotoran pada kulit tubuh yang sangat mengganggu lainnya adala sel kulit mati. Sela kulit mati secara umum dapat membuat kulit tidak sehat dan terlihat kusam. Hal ini tentu sangat megganggu penampilan Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mencobanya dengan bahan alami, yaitu jeruk nipis.

Jeruk nipis merupakan jenis tumbuhan yang kaya akan manfaatnya. Salah satu manfaat dalam tips menjaga kulit badan, di antaranya adalah menghilangkan sel kulit mati. Dengan memanfaatkan jeruk nipis, kulit Anda dapat terlihat terawat dan halus. Penggunaan jeruk nipis ini bisa Anda usapkan pada kulit yang kering.

Anda juga bisa mengunakan lotion atau pelembab yang berfungsi sebagai langkah untuk menjaga kelembaban kulit tubuh Anda. Carilah lotion pelembnab kulit yang dibuat dengan bahan-bahan alami untuk perawatan kulit tubuh kering. Gunakan secara rutin, sedikitnya 2 kali dalam sehari, setelah mandi dan sebelum tidur.

4. Mandi Dua Kali Sehari
Mandilah dua kali dalam sehari, yaitu pada saat pagi hari dan sore hari atau sebelum tidur. Dengan mandi secara teratur maka kotoran yang menempel pada kulit tubuh akan hilang dan kulit akan dibersihkan. Setelah mandi, gosoklah kulit tubuh secara lembut menggunakan handuk. Dilarang menggosok badan secara kasar. Hal ini bisa menyebabkan kulit iritasi dan menjadikannya kering.

5. Pilih lotion dengan SPF yang Cukup
Matahari yang notabenenya memberikan cahay disiang hari pada manusia ternyata juga memberikan efek negative pada kulit manusia. Paparan sinar matahari secara langsung pada kulit dapat menyebabkan kulit kusam. Selain itu, kandungan sinar ultraviolet juga bia merusak kesehatan kulit tubuh, bahkan hingga menyebabkan kanker kulit.

Untuk mencegah hal-hal yang demikian, Anda bisa menggunakan lotion yang mengandung SPF yang cukup. Dengan lotion yang mengandung SPF cukup, kulit Anda akan terjaga dari paparan sinar matahari yang lebih dan juga mencegah resiko buruk yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Itulah beberapa cara merawat kulit tubuh agar sehat dan tetap lembab. Satu hal yang penting juga untuk diketahui, jam istirahat juga menjadi faktor sehat tidaknya kulit Anda. Usahakan tidur yang cukup setiap harinya atau sekitar 6 hingga 8 jam per hari.

Tips Jitu Menjaga Kulit Tubuh
Setelah mengetahui cara merawat kulit tubuh secara alami, hal yang tidak kalah penting dari hal tersebut adalah tips menjaga kulit badan Anda. Kulit sebagai organ terbesar dari sistem terluar manusia memiliki peran penting dalam perlindungan tubuh. Dalam sistem perlindungannya, kulit memiliki beberapa lapisan yang tentunya berperan sebagai penutup otot-otot yang meliputi tulang, organ internal manusia, dan juga ligamen.

Pada strukturnya, kulit manusia tertutupi oleh folikel bulu atau rambut yang secara kasat mata tidak terlihat. Namun, secara umum kulit manusia juga terdiri atas dua jenis, yaitu kulit berbulu dan kulit tak berbulu. Hal ini bergantung pada keadaan dan kondisi lingkungan sekitar manusia berada.

Untuk menjaga kulit tubuh dalam kondisi apapun, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat dan terawat. Berikut tips menjaga kulit badan secara alami;

1. Pemakaian Sabun dengan PH Rendah
Penggunaan sabun yang memiliki pH rendah memang sangat di anjurkan untuk kulit tubuh Anda. pH rendah cenderung memiliki tekstur yang lembut dan membuat kulit lembab. Sabun yang bertekstur lembut akan membuat Anda merasa nyaman dan kulitpun akan tampak halus.

2. Gunakan Shower Ketika Mandi
Mandi dengan menggunakan shower lebih baik daripada mandi engan cara berendam. Hal ini mempengaruhi kondisi lapisan kulit yang sering direndam. Terutama ketika Anda berendam dengan menggunakan air panas.

3. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Gizi Seimbang
Mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga seimbang tidak hanya baik untuk kondisi tubuh, tetapi juga sangat bermanfaat untuk kulit. Setidaknya, konsumsilah lima jenis buah dan juga sayuran yang mengandung banyak antioksidan. Dengan begit, kecantikan dan kesehatan kulit Anda akan tetap terjaga.

4. Hindari Alkohol dan Rokok
Perkembangan zaman yang saat ini sangat luar biasa kerasnya membuat gaya hiduppun tidak sehat. Konsumsi alkohol dan rokok menjadi hal yang lumrah dikalangan orang. Padahal, alkohol dan rokok merusak kesehatan dan kecantikan kulit tubuh secara langsung.

Itulah beberapa cara dan tips menjaga kulit badan yang dapat disampaikan. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat membantu Anda untuk tampil menarik dengan kulit tubuh yang cantik dan juga sehat.

andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *