Hallo Bunda, Menabung adalah kebiasaan positif yang perlu diajarkan sejak kecil. Dengan menanamkan kebiasaan menyimpan uang sejak dini, anak Bunda akan siap untuk mengelola keuangannya sendiri karena sudah terbiasa diajarkan sejak kecil.

Mengajarkan anak untuk menabung sejak dini akan membiasakan mereka untuk tidak menghabiskan semua uang yang mereka miliki. Bunda tidak akan terlalu cepat untuk mengajari si kecil menabung. Semakin lama anak terbiasa menabung, maka semakin mudah untuk ia menyisihkan uang yang mereka miliki.

Yuk simak tipsnya dibawah ini:

⦁ Mengenalkan Fungsi Uang, Biasanya minat anak pada berbagai hal di sekitar juga akan semakin bertambah besar. Mulailah mengenalkan anak pada berbagai fungsi dan juga hal lainnya yang sederhana tentang uang. Berikan gambaran dan contoh yang mudah saat melakukan hal ini.

⦁ Berikan uang saku, selanjutnya yaitu dengan memberikan uang saku, baik harian, mingguan, maupun bulanan. Pemberian uang saku untuk masa tertentu akan mengajarkan anak cara mengelola uang dengan baik. Selain itu, ia juga akan lebih paham berapa jumlah yang harus disisihkan untuk ditabung dan berapa untuk dihabiskan.

⦁ Membelikan celengan lucu, Dengan membelikan celengan yang memiliki karakter lucu akan membuat anak lebih bersemangat dalam menyimpang uangnya.

Baca juga : Cara Membuat Bento Untuk Bekal Makanan Anak Sekolah

⦁ Jangan lupa ajarkan beramal, Saat uang sudah terkumpul dan anak meminta sesuatu bunda-bunda bisa menjelaskan mana kebutuhan dan mana keinginan. Dan juga bisa diajarkan beramal dengan menyisihkan uang yang sudah ditabung untuk orang yang kurang mampu atau anak yatim agar mereka juga mulai terbiasa beramal sedari kecil.

⦁ Menjanjikan hadiah, Terkadang uang tabungan anak tidak terlalu banyak, dan untuk membeli sesuatu yang ia inginkan dengan uang hasil tabungan membutuhkan waktu lama.

Baca Juga  Para Orang Tua Wajib Tahu Cara Mengajari Buah Hati Agar Mau Menabung Sedini Mungkin

Untuk menghindari rasa bosan menyimpan uang dan mencegah anak putus asa, orangtua bisa memberikan hadiah bagi anak di setiap tahapan menabung.

Apabila tabungan anak sudah mencapai 25% dari total yang ia inginkan, Bunda bisa memberikan anak hadiah agar ia tambah semangat mengumpulkan uang tabungan. Ini bisa dilakukan hingga tabungan anak terpenuhi.

Beberapa tips diatas bisa diterapkan bunda saat anak diusia 3 tahun ya. Dengan mengajarkan hal baik dari kecil ini besar kemungkinan saat sudah besar pasti akan lebih mudah memanajemen uang dengan baik yang bisa bermanfaat dalam kehidupannya sehari-hari.