Tips Menghindari Masalah Android Terkunci FRP, Pola, PIN dan Mi Cloud

5 min read

Tips Menghindari Masalah Android Terkunci

Tips Menghindari Masalah Android Terkunci – Setiap perangkat teknologi apapun itu ketika digunakan dalam jangka waktu singkat maupun panjang sudah pasti akan muncul problem atau masalah.

Penyebab terjadinya masalah pun bervariasi, mulai dari cara penggunaan, cara perawatan, tingkat kualitas produk, dan adanya kecelakaan ketika pemakaian baik yang disebabkan kesalahan prosedur kerja, keteledoran maupun sesuatu yang tidak diduga dan disangka-sangka akan menimbulkan masalah. Termasuk disini masalah yang sering terjadi dikalangan masyarakat berkaitan dengan penggunaan perangkat teknologi yang saat ini hampir semua orang menggunakannya yaitu Android.

Saat ini pengguna perangkat Android semakin hari semakin meningkat, seiring dengan berkembangnya teknologi dan kebutuhan dalam mengakses informasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Adapun masalah yang sering menimpa dan dialami oleh pengguna Android antara lain:

  • Lupa Pola atau PIN Layar
  • Lupa Username dan atau Paword Akun Google
  • Lupa Pasword Mi Akun (Mi Cloud) Khusus bagi pengguna Android Merk Xiaomi

Disini saya akan membagian Tips bagaimana agar bisa terhindar dari masalah-masalah tersebut di atas, paling tidak Tips yang akan saya bagikan ini bisa meminimalisir terjadinya masalah tersebut yang jelas-jelas tidak ada orang yang menginginkannya. Silahkan simak penjelasan ke 3 poin masalah tersebut di atas berikut ini:

Tips Agar Terhindar dari Masalah Lupa Pola atau PIN Layar 

Melindungi data privasi yang ada di dalam Android yang digunakan dalam menjalani kehidupan sehari-hari memanglah sangat disarankan dan penting untuk dilakukan. Salah satu cara untuk melindungai data privasi dalam Handphone Android agar tidak mudah diakses oleh orang lain adalah dengan membuat pola atau pin layar dan juga Pola atau PIN Aplikasi.

Namun perlu diketahui bahwa tindakan membuat Pola atau PIN yang rumit atau terlalu sering justru akan menimbulkan masalah atau dalam kata lain bisa menjadi boomerang bagi diri sendiri. Jika memang Anda adalah type orang yang mudah pelupa saya sangat sarankan janganlah membuat Pola atau PIN yang terlalu rumit, dan jangan juga terlalu sering berganti Pola atau PIN

Baca Juga  7 Langkah Memilih Rumah Kost Terbaik

Resiko yang terjadi handphone akan terkunci ketika anda tidak ingat dengan Pola atau PIN yang dibuat terakhir kali yang pada akhirnya akan merepotkan dan tidak jarang terjadi harus melibatkan jasa orang lain untuk mengatasinya. Tentunya hal tersebut tidaklah gratis, kecuali Anda mempunyai saudara yang berprofesi sebagai Teknisi dan bisa diandalkan.

Sebenarnya membuat pola atau PIN yang rumit tidak menjamin data Anda benar-benar aman dan tidak bisa dilihat oleh siapapun atau memblokir penggunaan Android ketika terjadi kehilangan.

Perlu diingat bahwa selalu ada banyak cara untuk menembus system keamanan apapun itu selama yang membuatnya adalah manusia kecuali system kemanan dari Tuhan tidak akan bisa ditembus oleh hambanya. Termasuk disini perlindungan Android dengan menggunakan Pola, PIN, ataupun Mi Cloud bagi pengguna Android Xiaomi. Ketika Android Anda hilang misalnya dan ditemukan oleh orang lain, masalah Pola, PIN, atau pun Mi Cloud dapat dengan mudah dibypass oleh orang-orang yang memang ahli di bidang service handphone.

Maka dari itu sebenarnya tidak perlu membuat pola atau pin yang rumit, tinggal bagaimana anda menjaga perangkat Anda dari jangkau orang-orang yang Anda tidak ingin orang lain dapat dengan mudah mengakses dan melihat isi dari handphone Android Anda. Cukup memberi Pola atau PIN yang mudah diingat dan selalu waspada tidak sembarangan meletakkan Android di tempat-tempat yang sekiranya rawan banyak tangan saya rasa itu sudah cukup.

Tips Menghindari Masalah Lupa Username dan atau Pasword Akun Google 

Sering sekali terjadi kasus lupa username dan atau pasword Akun Google pada pengguna Andorid. Rara-rata terjadi karena kebanyakan orang pada umumnya kurang menyadari pentingnya menyimpan atau mengingat-ingat username dan pasword akun Google yang disinkronkan di Android miliknya. Bahkan sering terjadi meminta kepada pihak penjual tempat membeli Android untuk membuatkan akun Google (Terima Beres) dan tidak peduli menanyakan atau mencatat username dan pasword akun google yang dibuat.

Baca Juga  Mobil Matic Tidak Bisa Distarter? Jangan Panik, Ini 5 Solusinya

Ada pula yang sudah diberikan catatan username dan pasword namun tidak ada kesadaran pentingnya menyimpan catatan akun tersebut, yang pada akhirnya ketika Handphone di Flash ulang atau di Reset terkunci FRP Google Akun. Selain itu ada juga yang dengan sengaja membuat pasword yang rumit yang pada akhirnya tidak ingat sama sekali.

Untuk menghidari masalah lupa username dan atau pasword Akun Google saya sangat menyarankan kepada Anda dan siapa saja pengguna handphone Android untuk tidak membuat pasword yang rumit agar mudah diingat dan khusus bagi yang memiliki penyakit pelupa saya sarankan untuk mencatat username dan pasword serta menyimpan catatan tersebut di tempat yang aman sehingga ketika terjadi masalah lupa akun atau pasword dapat dengan mudah diatasi tanpa harus mengeluarkan biaya menyewa jasa teknisi handphone untuk membaypass akun.

Tips Menghindari Masalah Lupa Pasword Akun Mi Cloud Khusus pengguna Android Xiaomi

Masalah Android Xiaomi terkunci Mi Akun juga sangat sering terjadi, rata-rata penyebnya masih sama dengan penyebab lupa username dan pasword Akun Google. Kesadaran untuk menyimpan dan mengingat-ingat pasword Mi Cloud pengguna Android Xiaomi masih bisa dibilang sangatlah rendah. Banyak yang masa bodoh dan menggampangkan masalah dan Resikonya. Perlu diketahui bahwa ketika Android Xiami terkunci Mi Akun tidak dapat diatasi dengan flash ulang ataupun hardreset.

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Iklan Membandel di Hp Xiaomi

Cara mengatasi Mi Akun pun tidaklah semudah mengatasi masalah lupa Pola atau PIN, dan lupa Akun Google. Proses ByPass Mi Akun (Mi Cloud) lebih rumit dan bisa dikatakan cukup sulit tidak semua orang dapat dengan mudah melakukannya. Itulah yang menyebabkan kenapa jasa bypass Akun Mi (Mi Cloud) lumayan tinggi alias mahal rata-rata teknisi memasang tarif hingga ratusan ribu rupiah.

Untuk itu saya menghimbau bagi siapa saja pengguna Android Xiaomi untuk tidak asal dalam membuat Akun Mi dan lebih berhati-hati. Jangan sampai karena kecerobohan Anda bisa mengakibatkan resiko Adroid Xiaomi terkunci Mi Akun dan juga Anda harus menanggung resikonya kehilangan uang yang cukup banyak untuk membayar jasa bypass Mi Akun. Buat pasword yang mudah diingat dan tidak terlalu rumit, Catat dan simpan pasword Mi Akun untuk berjaga-jaga barang kali suatu hari Anda lupa

Baca Juga  3 Cara Terbaik Mengirimkan Tulisan Ke Tim Redaksi Berita

Jangan mereset Android Xiaomi yang dalam kondisi masih bisa diakses sementara pasword Mi Akun tidak diketahui, karena dapat beresiko setelah reset justru Android Xiaomi akan terkunci Mi Akun, jangan pula melakukan flash ulang karena resikonya juga masih sama. Apabila Kartu SIM yang dipakai untuk mendaftar Akun Mi masih aktif, sebaiknya lakukan reset pasword melalui website Mi Cloud dengan metode lupa pasword. Kartu SIM dapat digunakan untuk menerima kode konfirmasi reset pasword Mi Akun.

Selain itu apabila Anda hendak menjual handphone Android Xiaomi yang sudah dipasang Mi Akun sebaiknya dilogout terlebih dahulu Akun Mi nya. Jika lupa pasword lalukan reset paword terlebih dahulu seperti yang saya kelaskan di atas. Agar sang majikan baru dikemudian hari ketika hendak flash ulang atau mereset Android Xiami yang dibeli dari Anda tidak terkunci Mi Account.

Demikianlah Uraian Tips cara agar terhindar dari masalah Android terkunci FRP akibat lupa username dan atau pasword Akun Google, terkunci Pola atau PIN akibat terlalu sering berganti-ganti pola atau PIN dan anda seorang yang pelupa, Terkunci Mi Akun atau Mi Cloud karena lupa pasword Mi Akun.

Apabila ternyata masalah tersebut sedang menimpa Anda pada saat anda membaca artikel ini Anda mungkin bisa mencari dan mendapatkan solusinya di Blog BerbagiTutorialOnline.Com tempat berbagi aneka tutorial mengatasi masalah Android.

Ada banyak tutorial yang membahas cara mengatasi masalah yang saya sebutkan di atas dan masalah-masalah seputar Android lainnya khususnya untuk handphone Android dengan merk Andvan, Oppo, Samsung, Xiaomi, SPC dan Vivo.

Penulis: Sahrul Parawie (Blogger Lampung)

andy
  1. Mantab Jiwa, Terima Kasih Gan Guest Post saya sudah diterima dan Dipublikasikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *