Menjelajahi Kemolekan Wisata Garut yang Mempesona

5 min read

Wisata Garut

Wisata Garut – Apabila diibaratkan seorang manusia, Wisata Garut pastilah mengambil sosok seorang perempuan muda nan cantik. Bertubuh molek, berparas indah dilihat serta memiliki kepribadian menarik. Mengundang siapa pun untuk mengenal dan bersahabat dengannya.

Analogi ini tidaklah berlebihan. Wisata Garut memang memancarkan daya pesona bagi siapa pun. Layaknya mojang Priangan yang terkenal akan kegeulisannya, wisata Garut memiliki keserupaan. Indah dilihat dan ramah ketika disapa. Menyenangkan bagi siapa pun. Seperti itu pula karakteristik alam yang dijanjikan oleh Garut. Sarat dengan keindahan alami dan jauh dari sesuatu yang membahayakan atau mengerikan.

Terkhusus bagi Anda yang tergila-gila dengan suasana keasrian alam dan jauh dari hiruk-pikuk keramaian kota, wisata Garut mutlak jadi pilihan utama. Selain aksesnya tak terlalu jauh dari Ibu Kota Jakarta dan Bandung, Garut juga menawarkan beragam jenis wisata. Mulai dari pegunungan, air terjun (curug), pemandian air panas, danau (situ), candi, perkampungan adat, arung jeram, hingga pantai pun ada. Sangat variatif, bukan? Yuk, kita jelajahi satu per satu.

Wisata Alam Garut – Pegunungan
Sebagai daerah dengan dominasi pegunungan, wajar jika gunung-gunung yang ada menjadi salah satu daya tarik bagi wisata Garut. Sebut saja nama gunung seperti Papandayan, Cikuray, Guntur, Karacak, Mandalawangi, Putri Sadahurip, dan banyak lagi gunung lain yang memiliki karakteristik serupa, yaitu keasrian alam dan tantangan bagi para pendaki untuk menaklukkan puncaknya.

Meskipun rata-rata gunung yang menjadi wisata Garut tak setinggi gunung-gunung di Jawa Tengah atau Jawa Timur, namun tak mengurangi nilai eksotis dan adventure-nya. Kawah yang masih aktif, hutan perawan dengan beraneka ragam hewan maupun tumbuhan, tebing terjal memacu adrenalin bergejolak, berbagai mitos masyarakat setempat, dan tempat-tempat keramat di gunung-gunung tertentu, seakan jadi racikan sempurna bagi Anda yang berjiwa petualang.

Gunung Putri Sadahurip

Bahkan, pada awal tahun 2012, masyarakat di Indonesia sempat dihebohkan dengan temuan yang menyatakan terdapat piramida terkubur di daerah ini. Tepatnya di Gunung Putri Sadahurip. Piramida itu disebut-sebut lebih besar ukuran dan lebih tua usianya dibanding Piramida Giza di Mesir. Walaupun berita itu terbukti hanya isapan jempol belaka, tapi tak seorang pun menyangkal bahwa wisata alam di Garut khususnya untuk pegunungan, masih banyak tertutup oleh kabut misteri.

Baca Juga  Taman Laut Bunaken, Surga Bawah Laut yang ada di Indonesia

Wisata Air Garut – Air Terjun (Curug)
Nah, berkaitan dengan misteri, jika Anda menjelajahi wisata Garut berupa air terjun (curug), nuansa itu begitu terasa. Perpaduan antara keindahan alam yang masih perawan dan cerita-cerita masyarakat setempat berbau misteri.

Contoh, Curug Orok. Dari namanya saja sudah membuat siapa pun yang bernyali kecil akan ciut ketakutan. Akan tetapi, bagi Anda yang bernyali besar dan berjiwa pemberani, pastilah hal yang berbau seperti ini yang dicari-cari. Konon dari penuturan masyarakat setempat nama Curug Orok diambil dari cerita seorang ibu yang melemparkan bayinya (orok) dari atas air terjun tersebut.

Lalu, ada juga Curug Sanghyang Taraje atau Curug Kembar. Berbeda dengan Curug Orok yang kentara dengan nuansa mistiknya, misteri Curug Sanghyang Taraje terkenal dengan mitosnya, yaitu kisah tentang Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Masyarakat di sekitar air terjun percaya bahwa curug ini pernah digunakan oleh Sangkuriang untuk naik ke langit. Tujuannya adalah mengambil bintang seperti yang dikehendaki oleh Dayang Sumbi. Masyarakat setempat hingga kini juga masih percaya apabila di Curug Sanghyang Taraje ada siluman berbentuk raksasa yang menjaga kawasan wisata tersebut

Pemandian Air Panas
Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan terbiasa menghabiskan akhir pekan ke Pemandian Air Panas Ciater, Bandung, tak ada salahnya bepergian sedikit lebih jauh. Berkunjunglah ke suatu tempat yang tak kalah pamornya dan menjadi salah satu andalan wisata di Garut, yaitu Pemandian Air Panas Cipanas. Nyaris tak ada seorang pun di Garut yang tak mengetahuinya. Begitu pula bagi para wisatawan dalam maupun luar negeri, nama Pemandian Air Panas Cipanas sangatlah familiar.

wisata alam garut

Bersumberkan panas dari kawah Gunung Papandayan, air di Cipanas kemudian diolah dan dibangun menjadi suatu kawasan wisata Garut terkenal. Kawasan Cipanas lengkap dengan fasilitas, seperti kolam pemandian, taman rekreasi, lintasan untuk jogging, hingga beragam jenis penginapan dan toko-toko yang menjual makanan, minuman serta pernak-pernik khas Garut. Ini membuat Cipanas seakan menjadi kota kecil padat penduduk

Baca Juga  8 Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

‘Penduduknya’, tentu saja dari para wisatawan dalam maupan luar negeri tak henti-hentinya membanjiri wisata yang terkenal ini. Tidak hanya pada akhir pekan atau hari libur nasional, setiap harinya denyut kehidupan pariwisata di Cipanas selalu hidup. Jadi, jangan pernah melewatkan berkunjung kesini jika Anda tidak ingin menyesal nantinya.

Danau (Situ) di Garut
Ada sebuah danau yang punya panorama indah dan legenda menarik di balik keberadaannya. Nama wisatanya itu adalah Situ Bagendit. Situ yang berarti danau, sedangkan Bagendit diambil dari nama seseorang bernama Nyai Endit. Nah, dari kisah Nyai Endit inilah legenda menarik Situ Bagendit bermula.

Mendengar legenda Situ Bagendit sembari mengitari danau yang memiliki fasilitas sewa perahu atau rakit ini, pastilah menarik. Apalagi, disana tidak hanya menawarkan kesejukan dan kedamaian khas daerah danau, Situ Bagendit juga punya panorama pegunungan yang benar-benar memanjakan mata. Disarankan mengunjunginya pada saat siang hari. Sebab, segala kelebihan yang ada di Situ Bagendit dapat dinikmati dengan sempurna. Udara sejuk, suasana tenang dan damai, serta pemandangan cerah sehingga pegunungan yang mengitari danau dapat terlihat jelas puncaknya, semua itu lengkap dapat Anda alami.

Selain Situ Bagendit, ada wisata Garut lainnya yang juga tak kalah menarik, yaitu Situ Cangkuang. Memang, secara kualitas panorama alam, danau yang ukurannya tak begitu luas ini, masih kalah indah dibandingkan dengan Situ Bagendit. Namun, Situ Cangkuang punya keunikan dan daya tarik lain yang tak dimiliki oleh Situ Bagendit, yaitu adanya bangunan candi zaman Hindu bernama Candi Cangkuang, dan perumahan adat Kampung Pulo yang berada di pulau tepat di tengah-tengah danau.

Arung Jeram dan Pantai
Wisata di Garut lainnya yang harus Anda jelajahi adalah arung jeram dan pantai. Kedua jenis wisata tersebut punya daya pikat yang tak kalah memesona dengan jenis wisata lainnya. Contoh untuk wisata arung jeram, kegiatan memacu adrenalin berlebih ini bisa Anda rasakan di dua aliran sungai di Garut, yaitu Sungai Cikandang dan Cimanuk.

Baca Juga  5 Tempat Hunting Foto Terbaik di Jogja

arum jeram Sungai Cikandang

Bukan hanya rute untuk berarung jeram yang terbilang panjang (sekitar 20-30 km), faktor lain seperti curamnya kemiringan sungai, kejernihan sungai, dan debit air yang konstan tak terpengaruh oleh musim, membuat arung jeram menjadi asyik dilakukan.

Wisata Garut berupa pantai juga termasuk jenis wisata yang tak boleh dilewatkan. Secara geografis, wilayah Garut memiliki pantai yang posisinya terletak menghadap Laut Selatan (Pantai Selatan Jawa). Ini membuat pantai-pantai tersebut memiliki karakteristik pantai berpemandangan indah berupa pantai landai, pasir putih nan lembut, air laut biru jernih, dan ombak yang menantang Anda untuk berolah raga surfing.

Wisata Garut berupa pantai berpandangan indah beberapa di antaranya yang terkenal adalah Pantai Santolo, Rancabuaya, dan Sayang Heulang. Pantai-pantai indah dan eksotis ini tersebar di sepanjang jalan utama yang menghubungkan Kota Garut dengan wilayah Pameungpeuk. Tempatnya mudah diakses dan mudah pula menarik hati Anda untuk menjadi terpikat pada pesona alam dari pantai-pantai tersebut

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *