andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

17 Manfaat Buah Mangga Bagus Untuk Jaga Imunitas

5 min read

Manfaat Buah Mangga Untuk Imunitas

Manfaat Buah Mangga – Kesehatan memang menjadi hal yang perlu kita jaga setiap hari. Tidak ada yang menyangka bahwa sistem imunitas yang lemah bisa menjadi sesuatu yang sangat berbahaya di situasi pandemi saat ini.

Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti olahraga dan makan secara benar. Salah satu makanan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh adalah buah mangga.

Manfaat Buah Mangga Untuk Imunitas Tubuh

Buah dengan nama latin Mangifera Indica L ini memiliki banyak sekali manfaat yang berguna untuk meningkatkan serta menjaga imunitas tubuh anda. Berikut adalah 17 manfaat buah mangga yang menjadi alasan kenapa anda harus mengonsumsi buah ini:

1. Mengatasi Panas Dalam
Virus Covid-19 yang sedang melanda dunia membuat gejala yang sama seperti penyakit flu, yaitu demam, batuk kering, dan kelelahan. Pada saat sudah parah, virus yang satu ini dapat menyebabkan sesak napas hingga nyeri di dada.

Panas dalam bisa menunjukkan bahwa imunitas anda kurang kuat. Medis menganggap panas dalam bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit tertentu. Artinya, panas dalam bisa menandakan bahwa sedang ada penyakit ringan yang anda alami.

Untuk mengatasinya, anda dapat memakan mangga yang kaya akan vitamin C. Vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga mencegah berbagai gejala ringan dari suatu penyakit, salah satunya adalah panas dalam.

2. Menurunkan Hipertensi
Sebuah penelitian menemukan bahwa covid-19 lebih berbahaya bagi orang yang memiliki tekanan darah yang tinggi. Tekanan yang normal bagi orang dewasa adalah sekitar 120/80 mmHg.

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti gagal jantung, serangan organ paru-paru, hingga merusak fungsi ginjal. Lalu apa hubungannya hipertensi dan virus?

Hipertensi bisa menyebabkan kerusakan pada jantung. Virus yang saat ini menggemparkan dunia menyerang paru-paru. Kerja jantung yang berfungsi untuk memompa oksigen ke seluruh tubuh akan semakin berat ketika paru-paru juga sakit.

Baca Juga  7 Manfaat Jahe Merah untuk Meredakan Berbagai Jenis Penyakit

Penelitian dari Oklahoma State University telah membuktikan bahwa mangga bisa menurunkan hipertensi. Dengan memakan mangga, anda juga sudah meningkatkan imunitas.

3. Menjaga Kadar Gula Darah
Gula darah yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan imunitas tubuh menurun hingga mudah terserang virus. Kadar darah yang normal adalah sekitar 70 mg/dL sampai 180 mg/dL.

buah mangga

Pengaruh kadar gula darah dengan imunitas tubuh juga sama dengan bagaimana hipertensi membuat tubuh menjadi lemah.

Bagi anda yang tidak bisa lepas dari makanan manis, mangga bisa menjadi makanan alternatif. Kandungan gula dalam mangga tidak terlalu banyak dan merupakan gula alami.

4. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
Orang dengan penyakit kanker pasti memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Mengatasi kanker juga merupakan hal yang sangat sulit. Karena itu, anda harus mencegahnya dengan makanan yang sehat, termasuk mangga.

Beberapa penelitian kandungan karotenoid, polifenol, vitamin E, dan vitamin D dalam mangga bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

5. Membentuk Kolagen
Protein memiliki tugas yang sangat penting untuk mengatasi sel yang sudah rusak dalam tubuh. Kolagen merupakan salah satu bentuk protein yang berserat. Kolagen ini bisa anda temukan dalam buah mangga.

Salah satu syarat membentuk daya tahan tubuh adalah memenuhi kebutuhan protein setiap harinya agar cepat mengobati luka. Memakan mangga dapat membantu memenuhi kebutuhan protein anda.

6. Mengobati Asma
Konsumsi serat secara rutin terbukti dapat memperkuat paru-paru dan imunitas tubuh. Mangga sebanyak 100 gram mengandung serat sebesar 1,6 gram. Kalau anda tidak suka dengan sayuran, anda dapat mengonsumsi mangga sebagai gantinya.

Selain itu, kandungan beta karoten dalam mangga juga bisa membantu mencegah penyakit asma.

7. Meningkatkan Massa Otot
Otot sebenarnya memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh manusia. Selain membuat kita mudah bergerak, otot juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Mangga merupakan salah satu makanan yang bisa meningkatkan massa otot karena mengandung protein yang cukup besar untuk ukuran buah-buahan.

Baca Juga  Segudang Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

8. Menjaga Berat Badan
Kementerian Kesehatan merilis data yang menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang dewasa di Indonesia mengalami obesitas. Kelebihan berat badan membuat kerja beberapa organ menjadi lebih berat hingga membuat imunitas tubuh menurun.

Jaga berat badan anda dengan menjaga makanan. Sebagai cemilan, anda dapat memilih mangga karena hanya mengandung 60 kalori.

9. Melancarkan Pencernaan
Selama pandemi covid-19 menyerang dunia, banyak sekali orang yang justru mengalami kesulitan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh stress yang datang bersamaan dengan serangan pandemi.

Semakin pencernaan tidak lancar, imunitas tubuh juga menurun. Salah satu cara melancarkan pencernaan dengan mengonsumsi serat yang cukup. Mangga juga mengandung serat yang banyak.

10. Menjaga Kesehatan Kulit
Kulit juga penting dijaga karena kulit merupakan penjaga tubuh pertama. Kulit yang sehat tentu bisa memperkuat imun tubuh. Mangga mengandung banyak sekali nutrisi yang membuat kulit lebih sehat.

11. Membuat Tulang Lebih Sehat
Imunitas tubuh bisa didapatkan dari kebiasaan bergerak. Anda bisa bergerak bebas jika memiliki tulang yang kuat. Karena itu, cobalah untuk rutin memakan mangga karena mengandung 11 mg kalsium yang berguna untuk menyehatkan tulang.

12. Memenuhi Kebutuhan Vitamin C
Vitamin C sangat penting pada kondisi pandemi seperti sekarang ini. Fungsi utama dari vitamin C adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Orang dewasa membutuhkan vitamin C sebanyak 90 mg dalam sehari.

Manfaat Buah Mangga Untuk Imunitas

Manfaat Buah Mangga Untuk Imunitas

Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dengan rutin memakan mangga. Dalam 100 gram mangga terdapat 12 mg vitamin C.

13. Mengurangi Risiko Stroke
Data pada tahun 2018 menunjukkan kalau sekitar 11% masyarakat Indonesia mengalami penyakit stroke. Penderita stroke memilih organ tubuh yang lebih lemah dari orang normal. Artinya, mereka juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah.

Baca Juga  Berbagai Khasiat Jahe Merah Yang Jarang Diketahui

Stroke memang sangat sulit diobati. Karena itu, lebih baik mencegahnya. Mangga dapat mencegah stroke dengan kandungan kalium yang cukup banyak.

14. Membuat Jantung Tetap Sehat
Mangga dapat mencegah tekanan darah tinggi, menjaga kadar gula darah, hingga mengatasi obesitas. Semua kondisi tersebut dapat menyebabkan risiko penyakit jantung meningkat. Secara tidak langsung, mangga juga melindungi jantung anda dan meningkatkan imunitas tubuh.

15. Menjaga Lambung
Buah yang satu ini mengandung asam malat, asam tartarat, hingga asam sitrat. Ketiga kandungan tersebut dapat menjaga tubuh tetap basa. Makanan anda sehari-hari mungkin bisa membuat tubuh menjadi asam sehingga terjadi asam lambung.

Asam lambung yang sangat mudah naik dapat menyebabkan imunitas tubuh menurun hingga mudah terserang penyakit. Memakan mangga dengan rutin dapat mencegah masalah ini terjadi.

16. Membuat Mata Sehat
Menjaga kesehatan mata selama pandemi juga sangat penting karena sebagian pekerjaan beralih lewat layar. Mangga menjadi salah satu buah dengan kandungan vitamin A yang cukup tinggi, yaitu sekitar 35% yang cukup untuk membuat mata tetap sehat.

17. Memberikan Energi
Sumber tenaga utama tubuh berasal dari karbohidrat. Mangga mengandung sebanyak 12 gram karbohidrat yang cukup membuat anda bertenaga dalam kegiatan sehari-hari.

Memakan energi yang cukup sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga anda lebih mudah menghindar dari penyakit.

Itulah manfaat buah mangga yang sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Bagi anda yang kesulitan memenuhi kebutuhan vitamin C serta serat dalam sehari, anda dapat memakan mangga sebagai alternatif.

Jenis buah mangga yang beragam memberikan hasil rasa yang lebih baik, tentunya buah mangga yang berasal dari kualitas rasa yang bagus berasal dari perawatan buah mangga yang sesuai.

Pastikan Anda mendapatkan kualitas buah mangga yang bagus dan sesuai, salah satunya dengan membeli buah mangga yang memiliki grade bagus. Anda bisa juga mendapatkan langsung dari kebun mangga yang menjual mangga fresh langsung dari petani.

andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *