Dengan popularitas YouTube sebagai platform yang banyak digunakan oleh pengguna media sosial saat ini penting untuk mengetahui berbagai alat SEO YouTube yang dimiliki YouTuber. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja video kamu untuk posisi tinggi di halaman pencarian.

Saat kamu tidak tahu apa yang dibutuhkan jelas harus memahaminya. Termasuk berbagai alat SEO YouTube yang dapat meningkatkan kinerja video kamu. YouTube adalah platform besar jadi memperhatikan SEO YouTube sangat penting.

Pemasaran video sedang menjadi tren dan juga banyak perusahaan yang kini mengikuti era digital. Menurut data yang dirilis oleh Youtube memiliki lebih dari 2 miliar pengguna dan menonton 1 miliar jam setiap hari. Youtube juga merupakan situs dengan mesin pencari terbesar kedua.

Iklan TrueView memublikasikan data luar biasa yang serupa. Ini berarti bahwa pemirsa 23x lebih mungkin untuk berlangganan atau mengunjungi situs yang memasang iklan saat mereka selesai menonton iklan Trueview selama 30 detik atau lebih.

Merek yang menggunakan TrueView juga mengungkapkan peningkatan 500% dalam penayangan untuk video sebelumnya setelah mengupload video baru. Selain itu dengan mengukur efek SEO Youtube kamu bisa memperoleh berbagai manfaat seperti berikut ini.

Hasilkan Ide Dari Riset Kata Kunci
Terlibat dengan audiens kamu artinya bisa mengukur kinerja SEO YouTube dan keterlibatan. Selain itu kamu dapat mengajukan pertanyaan seperti video mana yang kamu disuka dan lainnya. Metode untuk meningkatkan keterlibatan akan membantu dalam analitik.

Analisis pesaing juga akan meningkatkan kinerja saluran YouTube kamu. Termasuk melalui platform seperti TubeBuddy dan vidIQ yang memberi tahu kamu bagaimana kinerja pesaing kamu pada saat yang bersamaan.

8 Alat SEO YouTube yang Populer di Tahun 2022

Kinerja SEO YouTube akan mampu untuk menganalisa strategi pemasaran dan menjadi salah satu yang harus dioptimalkan oleh setiap pemilik akun YouTube. Mengingat pertumbuhan konsumen di platform harus mulai meningkatkan kinerjanya dengan mengukur efektivitas hasil mereka. Untuk mengukur kinerja ada sejumlah alat SEO YouTube yang perlu dipertimbangkan.

Baca Juga  Lebih Cepat Kering, Berikut 5 Keunggulan Deodorant Pria Terbaik

Google Trends
Sebelum membuat konten YouTube kamu harus melakukan riset terkait dengan topik yang sedang tren. Kamu dapat mengetahuinya menggunakan alat Google Trends. Ini tidak hanya membantu kamu melihat topik apa yang paling sering dibahas.

Akan tetapi juga membantu kamu membandingkan satu topik dengan topik lainnya. Untuk menggunakannya cukup masukkan topik yang kamu cari dan tentukan pencarian YouTube. Dengan ini bisa mempersempit pencarian kamu dengan bidang wilayah dan waktu.

VidiQ
Alat SEO Youtube lainnya seperti VidiQ dan ini membantu kamu memberi peringkat video kamu di YouTube. Kamu bisa mempelajari cara mengoptimalkan video dengan baik sekali. Bahkan kamu dapat mengetahui tingkat keterlibatan audiens kamu mulai dari jumlah penayangan per jam atau lama waktu pemutaran.

Ini juga memungkinan video kamu akan mendarat di bagian pencarian video unggulan. Sayangnya untuk menggunakan VidiQ kamu harus membayar biaya paket dari USD 750 per bulan (Pro) dan USD 30 per bulan (Boost).

YouTube Analytics
Saat Google memiliki Google Analytics di YouTube juga memiliki alat analisis YouTube Analytic. Ini terbukti efektif dalam menemukan kelebihan dan kekurangan. Kamu dapat melihat berapa banyak pemirsa baru dan pemirsa lama yang kembali ke saluran kamu.

Bahkan rata-rata waktu menonton video yang paling banyak ditonton. Termasuk untuk jumlah pelanggan yang membagikan video kamu, angka dan lainnya. Yang penting untuk diketahui adalah bahwa semakin banyak waktu saluran kamu ditonton di YouTube Analytics.

TubeBuddy
Lalu kamu juga dapat menginstal TubeBuddy melalui ekstensi Chrome. Dengan ini kamu dapat menggunakan TubeBuddy untuk memeriksa SEO agar bisa melakukan penelitian yang kamu butuhkan. TubeBuddy menyertakan banyak fitur seperti tag yang disarankan atau penjelajah tag serta perbandingan thumbnail yang menarik.

Baca Juga  Tinggalkan Bisnis Demi Liburan Akhir Tahun? Gak Masalah!

Ada pun generator GIF animasi serta pelacakan klik untuk tautan pendek tertentu ekspor dan cadangan berbagi ke Facebook. TubeBuddy juga tersedia dengan langganan mulai dari $9 sampai dengan $49 per bulan. Akan tetapi versi gratis juga tersedia untuk kamu yang mau coba.

Serpstat
Alat SEO YouTube satu ini adalah buatan dari Swiss. Fungsionalitas hampir sama dengan Google Trends untuk mengecek volume serta kata kunci dan jauh lebih lengkap. Ini menawarkan analisis backlink lalu penelitian kata kunci serta audit situs kamu sendiri dengan pesaing dan lainnya.

Serpstat membantu kamu menemukan kata kunci yang terkait dengan konten video YouTube kam. Termasuk untuk menemukan kata kunci niche yang potensial. Tidak disebutkan secara resmi apakah alat ini berbayar atau tidak. Akan tetapi kamu harus mendaftar sebelum menggunakan.

Morning Fame
Ini menjadi alat SEO YouTube lain yang dapat kamu gunakan selanjutnya. Berfokus pada penelitian dan analisis kata kunci yang lebih mendalam. Tidak mirip dengan VidiQ dan TubeBuddy yang hanya melakukan penelitian kata kunci dalam 4 langkah saja.

Masukkan istilah penelusuran yang cocok dengan topik kamu atau tempel URL video yang menginspirasi kamu. Dalam metode akan mengambil daftar saran kata kunci dari video terkait. Ini akan merekomendasikan dua saluran berdasarkan kata kunci dalam kategori saluran yang lebih besar saja.

RankTracker
Alat SEO YouTube selanjutnya ada RankTracker yang bisa membantu kamu melakukan riset kata kunci sebelum memilih topik atau judul yang tepat. Dalam aplikasi ini juga menyediakan beberapa metrik lalu perkiraan kunjungan volume pencarian dan daya saing di YouTube.

Keyword Planner dari Google Ads
Kata kunci adalah kunci SEO YouTube yang menjadi bagian penting. Alasannya adalah kamu perlu mengetahui apa yang ingin dilihat pengguna YouTube agar lebih banyak yang menonton. Dengan fitur keyword planner dari Google Ads memungkinkan kamu menganalisis ide dan memiliki potensi besar untuk mendapatkan kata kunci apa yang kandidat.

Baca Juga  Transaksi Lebih Mudah Dengan E-Wallet, Ini Alasannya

Cukup masukkan kata kunci yang ingin kamu ketahui dalam sisi kinerjanya dan data beberapa yang kamu butuhkan segera ditampilkan. Semua ini akan mencakup penelusuran bulanan serta rata-rata persaingan tayangan iklan dan tawaran laman bagian atas. Bahkan kamu juga dapat menggunakan filter yang ada untuk mendapatkan hasil maksimal dari analisis SEO Youtube kamu.