Mengelola Gaji Karyawan dengan Smart, Coba 5 Aplikasi Payroll Berbasis Web Ini

Aplikasi Payroll Berbasis Web

Aplikasi Payroll Berbasis Web – Menjadi bagian tim HRD merupakan hal yang tidak bisa dipandang sebelah mata. HRD juga memegang peran penting dalam kesejahteraan karyawan di suatu perusahaan atau institusi. Karena itu, beberapa aspek berkaitan dengan penggajian dan pengurusan keuangan karyawan juga menjadi tanggung jawab tim HRD.

Mengurus payroll untuk sekian ratus atau ribuan karyawan dalam perusahaan bukanlah tugas yang mudah. Ketepatan dan informasi yang jelas sangat membantu dalam proses administrasi payroll. Jangan sampai gaji karyawan tidak keluar atau gaji yang diterima tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Untuk menghindari kejadian-kejadian seperti itu, maka dari itu diperlukan aplikasi payroll atau software yang mumpuni dan mampu membantu tim HRD dalam mengurus penggajian karyawan dalam jumlah kecil maupun besar. Berikut ini adalah 5 aplikasi payroll yang bisa menjadi referensi.

Apa itu Aplikasi Payroll?

Aplikasi payroll merupakan tools untuk membantu tim HRD dalam pengelola gaji, bonus, pajak, dan hal-hal yang berkaitan dengan proses penggajian pegawai dalam suatu perusahaan atau institusi dalam skala besar maupun kecil.

Aplikasi payroll sangat diperlukan apalagi jika perusahan punya banyak system penggajian. Dengan adanya aplikasi payroll, kesalahan dalam proses menggaji karyawan juga bisa lebih diminimalkan.

Aplikasi Payroll Berbasis Web

1. HRTrack

Aplikasi payroll ini sangat cocok bagi usaha yang memiliki karyawan berjumlah sepuluh atau kurang. Aplikasi payroll ini sesuai dengan namanya berfungsi dalam memonitor setiap kegiatan yang dilakukan oleh karyawan mulai dari penggajian, peforma karyawan, hingga pembagian bonus yang didapatkan. HRTrack ini sudah terintegrasi dengan Microsoft Outlook sehingga memudahkan proses penggunaanya. Namun aplikasi payroll ini baru tersedia dalam desktop dan belum masuk ke aplikasi mobile.

Baca Juga  Meningkatkan Konsentrasi Pikiran dengan Le Minerale

Baca Juga : Panduan dan Cara Daftar Sipp Online BPJS Ketenagakerjaan

2. HR.my

Aplikasi payroll berbasis web ini juga fungsinya tidak jauh berbeda dengan aplikasi payroll lainnya. HR.my membantu dalam mengolah data kinerja dan aktivitas penggajian karyawan. Aplikasi payroll ini dilengkapi dengan manajemen absensi dan cuti sehingga bisa langsung dihubungkan dengan proses penggajian. Uniknya lagi, aplikasi payroll HR.my ini juga tidak membutuhkan instalasi. Jadi langsung bisa digunakan pada perangkat komputer ataupun seluler.

3. Wave

Aplikasi payroll Wave ini menduduki peringkat atas dalam urusan penggajian karyawan untuk usaha kecil menengah, pengusaha mandiri, dan pekerja lepas. Aplikasi ini juga bisa menyesuaikan dengan gaji karyawan yang harian, mingguan, ataupun bulanan. Aplikasi payroll ini memiliki 3 peran utama yaitu kemampuan setoran langsung, percetakan dokumen mandiri, serta perhitungan yang efisien. Adanya kemampuan setoran langsung membuat pengiriman gaji menjadi lebih efisien dan efektif. Karyawan juga bisa mencetak dokumen sendiri untuk formulir pajak dan informasi perbankan lainnya.

4. OpenMiracle

Aplikasi payroll berbasis web yang satu ini juga membantu dalam menyimpan semua catatan penggajian karyawan. Namun aplikasi payroll OpenMiracle ini dikhususkan bagi usaha kecil menengah saja. Serta dalam menjalankan aplikasi payroll yang satu ini diperlukan aplikasi tambahan yaitu Microsoft SQL Server.

5. LinovHR

Ada lagi aplikasi payroll yang juga punya fitur lengkap bernama LinovHR. Aplikasi payroll ini tidak hanya mengurus gaji karyawan, namun juga dapat membantu urusan administrasi karyawan melalui modul yang dimiliki nya. Sistem payroll di LinovHR ini cukup lengkap mulai dari pembayaran THR, bonus, gaji, hingga melakukan pengelolaan BPJS Karyawan.

Nah, itulah 5 aplikasi payroll yang bisa dijadikan referensi dalam mengelola system gaji karyawan dengan efisien dan efektif. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *