6 Manfaat Asam Pantotenat, Vitamin B5 yang Bagus untuk Metabolisme Tubuh

2 min read

manfaat asam pantotenat

Manfaat Asam Pantotenat – Vitamin B5 merupakan nutrisi yang penting untuk metabolisme tubuh, dan menjadi vitamin yang sering diburu. Ia berfungsi sebagai pemecah karbohidrat, protein, dan lemak yang mengendap di tubuh. Vitamin ini mempunyai sifat yang larut ke dalam air sehingga tidak dapat disimpan oleh tubuh. Mengandung asam pantotenat yang diperoleh dari berbagai jenis makanan, terutama golongan protein hewani. Lalu apa saja manfaatnya? Simak disini.

manfaat asam pantotenat

Keuntungan Konsumsi Vitamin B5

manfaat asam pantotenat

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin B5 akan menjaga kesehatan jantung melalui konversi lemak dan karbohidrat, lalu menjadi glukosa. Ia membantu untuk turunkan kadar kolestrol, dan menyeimbangkan metabolisme tubuh. Efek positifnya dapat menurunkan darah tinggi, serta mencegah serangan jantung. Jika dosis vitamin B5 diberikan secara signifikan, maka akan meningkatkan fungsi miokard. Bahkan jenis vitamin ini efektif untuk pengobatan jantung koroner, dan upaya angina stabil.

manfaat asam pantotenat

2. Menumbuhkan Rambut

Jika vitamin A dapat memperlambat penuaan dini pada rambut, maka Manfaat Asam Pantotenat vitamin B5 akan mempertahankan warna rambut. Asam pantotenat dalam vitamin B5 akan merangsang pertumbuhan, sehingga rambut tumbuh lebih cepat. Jenis asam ini lebih efektif untuk meningkatkan kualitas rambut. Kandungan dalam vitamin B5 terbukti mampu meningkatkan diameter helai rambut, dan menurunkan modulus geser.

manfaat asam pantotenat

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Bagi tubuh keberadaan sistem metabolisme sangat penting, untuk menangkal beragam penyakit. Nutrisi ini memainkan peran penting agar tubuh memperoleh suplai energi yang cukup. Sehingga tubuh bebas beraktivitas dan menstimulasi perkembangan tubuh. Ia berperan untuk memecah lipid dan karbohidrat menjadi energi. Kemudian vitamin dimanfaatkan untuk mempertahankan fungsi tubuh, agar tetep sehat dan kuat.

Jika anda mempunyai kebiasaan olahraga yang rutin, maka tubuh membutuhkan oksigen yang lebih. Asam pantotenat akan menyokong pengangkutan oksigen, dan menyalurkan ke seluruh tubuh secara efektif. Jenis vitamin ini juga cocok dikonsumsi bagi anda yang menjalankan program diet. Ia akan mempertahankan saluran pencernaan yang sehat, dan mengurangi berat bada secara drastis.

Baca Juga  7 Manfaat Jahe Merah untuk Meredakan Berbagai Jenis Penyakit

manfaat asam pantotenat

4. Menjaga Kulit Sehat

Bagi seorang perempuan menjaga kecantikan kulit menjadi daftar nomer satu. Di dunia kosmetik vitamin B5 kerap digunakan sebagai obat jerawat. Vitamin B5 akan menunda tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, dan lipatan di kelopak mata. Buah pepaya paling banyak berkontribusi terhadap perawatan kulit. Atau anda bisa mengonsumsi suplemen yang khusus untuk kesehatan kulit.

manfaat asam pantotenat

5. Kurangi Stres

Pekerjaan kantor yang menumpuk dan sederet masalah yang mengikuti, kadang membuat pikiran penat. Setiap hari tingkat stres semakin bertambah hingga menyebabkan anda susah tidur. Gejala seperti itu merupakan tanda kekurangan asam Pantotenat, dan minim pasokan makanan bergizi. Padahal vitamin tersebut membantu untuk mempertahankan fungsi andrenal. Sehingga Ia bekerja secara efektif untuk menenangkan sistem saraf.

manfaat asam pantotenat

6. Menstimulasi Fungsi Hati

Hati berfungsi untuk mendetosksifikasi dan memecah obat yang masuk ke dalam tubuh. Kehadiran vitamin B5 akan mensintetis koenzim-A (CoA) supaya fungsi hati bekerja maksimal. Enzim ini akan berperan untuk menetralisir zat beracun yang berbahaya bagi tubuh. Jumlah CoA menjadi patokan apakah organ hati berfungsi dengan optimal atau tidak.

Keberadaan vitamin B5 ternyata sangat penting untuk kesehatan tubuh, dan mengandung banyak manfaat. Anda bisa mendapatkan vitamin ini dengan mengonsumsi buah papaya secara rutin. Ia memproduksi asam yang mampu menjaga kesehatan kulit, dan menstimulasi metabolisme tubuh. Selain itu vitamin berperan untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam fungsi hati. Dan memastikan tubuh terhindar dari zat kimia yang berbahaya.

asfa pratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *