Manfaat Internet di Dunia Pendidikan Indonesia

6 min read

manfaat internet di dunia pendidikan

Tak bisa dipungkiri bahwa internet merupakan teknologi yang sangat dibutuhkan saat ini, baik dalam pendidikan, dunia usaha, maupun pada sistem pemerintahan. Manfaat internet di dunia pendidikan ternyata tidak sedikit.

Pada zaman modern seperti saat ini, internet memang dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Sudah cukup banyak fakta yang mendukung bahwa internet membantu pendidikan di Indonesia saat ini dan memudahkan proses belajar para pelajar.

Sejarah Perkembangan TIK di Dunia Pendidikan
Sejarah perkembangan TIK berkembang pesat di masa modern atau 1400 M sampai sekarang. Anda bisa melihat dengan berbagai macam teknologi yang mulai muncul pada masa modern seperti alat-alat elektronik TV, telepon dan komputer.

Teknologi komputer sendiri mulai diperkenalkan di Indonesia pada sekitar tahun 1970-1972. Universitas Indonesia merupakan salah satu tempat yang pertama kali diperkenalkan dengan keberadaan dan fungsi komputer. Sejak saat itu komputer mulai disebar luaskan dan diperkenalkan di seluruh Indonesia terutama komunitas pendidikan atau perguruan tinggi.

Hal ini dapat kita rasakan sekarang dengan segala kemudahan yang bisa kita dapatkan selama mendapatkan pendidikan sejak sekolah dasar hingga kuliah.Coba bayangkan saja jika Anda sekolah pada jaman dahulu dan belum memiliki segala fasilitas seperti komputer maupun internet? Tentunya kondisi saat ini sangat jauh berbeda dengan jaman dahulu.

Berkembangnya teknologi ini tentunya dapat sangat mendukung mutu dari pendidikan di Indonesia. Semakin berkembangnya mutu pendidikan di Indonesia, teknologi pun dituntut untuk berkembang juga untuk menjaga keseimbangan. Namun memanfaatkan TIK di dalam pembelajaran tidak selalu semudah yang dibayangkan.

Hal ini dikarenakan adanya beberapa orang yang salah menggunakan perkembangan TIK ini untuk hal-hal yang negatif. Oleh karena itu perkembangan TIK pun tetap harus dikontrol. Selain dalam dunia pendidikan, perubahan dan sejarah perkembangan TIK merupakan elemen yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Peranan teknologi informasi sangat besar terhadap segala kegiatan yang dilakukan oleh manusia, oleh karena itu TIK merupakan fasilitas utama yang digunakan hampir setiap saat oleh manusia.Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, teknologi komunikasi pun ikut berkembang.

Hal ini dapat dilihat dengan semakin mudahnya Anda berkomunikasi dengan orang lain. Sebelum ada handphone atau email, sebagian besar orang menggunakan telegraph untuk berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini terus berkembang dengan adanya beberapa TIK yang lainnya seperti pager dan walky talky. Hingga saat ini Anda dapat dengan mudah berkomunikasi dengan siapapun dimanapun dengan menggunakan handphone ataupun e-mail.

Baca Juga  Yuk Intip 6 Manfaat Black Garlic yang Perlu Kamu Tahu

Dengan e-mail Anda dapat dengan mudah mengirimkan berbagai macam pesan ke siapapun di manapun selama masih berada di dunia. Anda juga dapat melakukan ini dengan gratis selama Anda berlangganan dengan internet.Sejarah perkembangan TIK juga dirasakan manfaatnya pada dunia pendidikan.

Saat ini telah ada sistem berbasis kartu cerdas atau juga dikenal dengan smart card yang berfungsi agar juru medis dapat mengetahui segala riwayat kesehatan pasien yang pernah datang pada rumah sakit tersebut.Kartu ini akan berisi tentang penyakit yang pernah dialami oleh pasien.

Hal ini tentunya dapat sangat membantu dalam proses pendataan dalam rumah sakit. Selain itu, sejarah perkembangan TIK juga dapat dilihat dengan digunakannya robot dan komputer dalam proses penyembuhan penyakit pasien.

Robot dapat digunakan untuk membantu proses operasi sedangkan dengan komputer yang dirancang khusus keperluan medis, komputer dapat menunjukkan letak tumor di dalam tubuh manusia.

Jika Anda bekerja dalam perusahaan, bisnis ataupun dunia perbankan Anda pasti juga telah merasakan perbedaan dan pengaruh dari sejarah perkembangan TIK. Hal ini tentunya dapat Anda rasakan apabila Anda terjun langsung ke dalam dunia bisnis.TIK dalam dunia perbankan banyak dimanfaatkan untuk proses perdagangan secara elektronik.

Proses perdagangan ini juga dikenal dengan E-Commerce. Sesuai dengan namanya, proses perdagangan ini menggunakan jaringan komunikasi internet.Berbeda lagi sejarah perkembangan TIK dalam dunia perbankan. TIK dalam dunia perbankan diterapkan dengan adanya transaksi perbankan yang dapat dilakukan melalui internet atau juga dikenal dengan internet banking.

Dengan proses internet banking Anda dapat melakukan berbagai macam transaksi seperti cek saldo, membayar tagihan, transfer uang dan mendapatkan informasi rekening.Secara keseluruhan sejarah perkembangan TIK membawa banyak dampak positif terhadap dunia pendidikan, kesehatan maupun kehidupan sehari-hari.

Mungkin orang tidak menyadari bahwa perkembangan TIK juga berdampak positif pada lingkungan sekitar. Dengan semakin canggih teknologi yang ada saat ini, penggunaan kertas diharapkan semakin berkurang sehingga dapat membantu program-program lingkungan hidup.Hal ini sudah dapat dilihat pada banyak perguruan tinggi yang menerapkan eco-campus.

Baca Juga  6 Manfaat Daun Teh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dengan didukung TIK yang canggih, mahasiswa tidak perlu mengumpulkan tugas mereka dalam bentuk kertas, namun hanya dengan mengirimkan e-mail atau softcopy dari tugas mereka sudah cukup. Bayangkan saja apabila semua kampus yang menggunakan TIK menerapkan sistem seperti ini, maka dapat sangat membantu lingkungan di sekitar mereka.

Contoh lain yang dapat dilihat adalah penggunaan teknologi komunikasi yang saat ini digunakan oleh hampir seluruh manusia di dunia. Jika pada jaman dahulu orang menggunakan surat untuk berkomunikasi dengan yang jauh, maka sekarang orang bisa menggunakan sms atau e-mail.

Namun di balik semua kebaikan yang terjadi akibat sejarah perkembangan TIK di dunia, tentunya ada sisi negatif yang harus diperhaTIKan. Terkadang orang tidak menyadari bahwa penggunaan segala teknologi informasi dan komunikasi tidak baik untuk kesehatan manusia.Contohnya dalam hal ini adalah penggunaan handphone atau penggunaan laptop yang ditaruh dalam pangkuan.

Selain dalam segi kesehatan, terkadang terdapat beberapa orang yang salah menggunakan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Dengan kemudahan menyalurkan informasi dan komunikasi saat ini, banyak orang yang melakukan penipuan dan hal-hal negatif lainnya yang dapat merugikan banyak pihak.

Hal ini tentunya harus dapat diantisipasi oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab. Jika TIK terus berkembang namun hal-hal negatif akibat perkembangan TIK belum dapat diantisipasi dengan maka dampak negatifnya pun akan ikut berkembang.

Sebenarnya perkembangan TIK lebih banyak membawa sisi positif dibandingkan dengan sisi negatifnya. Selama manusia mampu memanfaatkan kelebihan dan kecanggihan dari perkembangan TIK maka tidak akan menjadi masalah.

Apa Saja Manfaat Internet di Dunia Pendidikan?

Manfaat Internet di Dunia Pendidikan Indonesia

  • Internet adalah teknologi yang diciptakan sebagai sumber informasi yang sangat lengkap. Kelengkapan informasi ini tentu sangat memudahkan dunia pendidikan, baik para guru, dosen, maupun para pelajar.

Bagi siapapun yang bergelut di dunia pendidikan, pasti membutuhkan banyak informasi, dan hal ini bisa didapatkan di internet tanpa harus membeli banyak buku.

  • Internet memberi kemudahan dalam segala hal, termasuk dalam bidang pendidikan. Internet bisa memperlancar komunikasi antar murid maupun guru.
Baca Juga  Kandungan Alpukat dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Misal, ada guru/dosen yang ingin memberi tugas tambahan pada anak didiknya di luar jam pelajaran atau ingin memberi pengumuman tertentu, ia bisa mengirim email pada seluruh murid dengan cepat.

Atau bila ada pelajar yang ingin mengajak teman-temannya untuk belajar bersama namun tidak bisa berkumpul, misal karena hujan. Internet mampu menjadi media penghubung. Para pelajar bisa belajar bersama lewat internet (misal menggunakan jejaring sosial atau fasilitas messeger seperti Yahoo Messeger/YM)

  • Pengaruh positif internet yang lain adalah sebagai media belajar yang lebih menarik. Banyak pelajar yang mungkin akan merasa bosan bila selalu belajar dengan buku.

Rasa bosan ini bisa diatasi dengan sesekali menggunakan internet yang menyuguhkan suatu materi belajar dengan cara yang berbeda dari buku. Ini adalah salah satu manfaat internet di dunia pendidikan, pelajar menjadi lebih berminat untuk belajar.

  • Internet juga bisa mempercepat proses belajar pada seorang pelajar. Anda mungkin pernah mengalami kesulitan belajar saat menggunakan media buku, misalnya saat Anda ingin mencari satu materi dan kesulitan untuk mencarinya.

Anda mungkin akan bingung mencari informasi tersebut di buku yang mana, mungkin juga Anda harus menghabiskan waktu cukup lama untuk mencari informasi di satu buku dengan membolak-balik buku berkali-kali.

Dengan internet, Anda tinggal memanfaatkan mesin pencari, mengetik kata kunci yang Anda inginkan, lalu Anda langsung bisa memperoleh informasi yang Anda butuhkan dalam waktu relatif cepat.

  • Saat ini juga mulai marak tentang sekolah online, misalnya sekolah bahasa atau sekolah kepenulisan. Hal ini tentu sangat memudahkan dunia pendidikan.

Bila Anda ingin belajar bahasa asing namun tidak sempat ikut les, Anda bisa belajar lewat sekolah online yang sekarang cukup banyak di internet.

Itulah beberapa manfaat internet di dunia pendidikan. Segala kemudahan bagi dunia pendidikan bisa didapatkan lewat internet. Apalagi saat ini sekolah-sekolah di Indonesia juga mulai menerapkan teknologi internet demi meningkatkan prestasi para pelajar.

lisa puspita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *