Manfaat Vitamin C Untuk Tubuh

manfaat vitamin c

Manfaat Vitamin C – Vitamin C, atau asam askorbat, merupakan suplemen yang umum diambil oleh banyak orang setiap harinya. Beberapa alasan orang mengonsumsi vitamin C meliputi pencegahan dan pengobatan pilek, untuk mencegah munculnya penuaan kulit, dan sifat antioksidan, hanya untuk beberapa nama.

Banyak orang keliru menganggap bahwa vitamin C tidak berbahaya, tetapi hanya seperti apapun, terlalu banyak hal yang baik bisa berubah menjadi apa yang tampak misalnya overdosis vitamin C.

Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan

Bila ditanya tentang manfaat vitamin C, Anda mungkin akan menjawab bahwa vitamin tersebut bisa menyembuhkan sariawan. Ya, itulah manfaat vitamin C yang paling populer di masyarakat, tapi ternyata tidak hanya sebatas itu.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang bisa larut air dengan nama kimia yakni asam askorbat. Vitamin yang mudah teroksidasi dengan panas serta logam ini bisa kita dapatkan dari buah maupun sayuran. Bila belum memenuhi kebutuhan tubuh, kita bisa mendapatkannya lebih banyak dari suplemen yang sudah banyak dijual di pasaran.

Manfaat Vitamin C

  • Manfaat vitamin C yang paling utama adalah menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya, misalnya kanker. Karena itu vitamin C juga merupakan suatu anti oksidan yang sangat berguna bagi tubuh.
  • Manfaat yang kedua yakni mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa menyebabkan beberapa penyakit, seperti stroke, penyakit jantung atau tekanan darah tinggi.
  • Manfaat yang ketiga yakni mempunyai peranan penting dalam untuk pembentukan kolagen dalam proses menyembuhkan luka, salah satunya adalah luka akibat sariawan di mulut. Inilah mengapa vitamin C sering disebut sebagai obat sariawan. Selain sariawan, kolagen juga berguna untuk penyembuhan patah tulang ataupun pendarahan kecil.
  • Manfaat selanjutnya vitamin ini mampu memperkuat otot-otot jantung, sehingga kinerja jantung tetap berjalan baik
  • Yang kelima Vitamin C dapat memperbaiki serta mencegah sel-sel tubuh yang rusak Dan juga sekaligus menstimulus regenerasi sel-sel baru. Dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup, kulit akan terhindar dari gejala penuaan dini, misalnya kering dan keriput yang merupakan akibat dari sel yang menua/rusak dan karena tidak adanya pertumbuhan sel-sel baru.
  • Salah satu manfaat vitamin C yang lain adalah membantu penyerapan zat besi dalam tubuh, sehingga Anda bisa terhindar dari anemia secara tidak langsung.
Baca Juga  13 Manfaat Juice Wortel bagi Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa manfaat vitamin C yang patut Anda ketahui. Lalu bagaimana cara mendapatkan vitamin C ini?

Baca juga: Vitamin Penambah darah Untuk Anemia

Sumber Vitamin C
Sekarang ini banyak sekali kita temui diapotek dan toko obat bahwa suplemen vitamin C dalam bentuk tablet, cair, atau bahkan suntikan, Namun vitamin yang paling baik adalah vitamin alami. Berikut ini adalah beberapa contoh buah dan sayur yang memiliki kadar vitamin C cukup banyak.

  • Jambu biji : 87 mg/100 gram
  • Jeruk : sekitar 27-49 mg/100 gram
  • Paprika merah : 190 mg/ 100 gram
  • Tomat : 16-35 mg/100 gram
  • Cabai hijau : 120 mg/100 gram
  • Kacang-kacangan : 19 mg/100 gram
  • Bayam : 59 mg/100 gram
  • Brokoli : 60 mg/100 gram

Hindari OVerdosis Vitamin C
Secara teknis, overdosis vitamin C tidak dimungkinkan, karena vitamin C tidak disimpan oleh tubuh – tapi masih mungkin untuk mengambil terlalu banyak vitamin C pada satu waktu. Kebanyakan ahli kesehatan merekomendasikan mengambil antara 500 dan 2.000 miligram (mg) vitamin C per hari, meskipun Recommended Daily Allowance (RDA) hanya 75 sampai 90 mg.

Lebih dari 2.000 mg per hari hampir tidak pernah dianjurkan, tetapi jika Anda memiliki pertanyaan spesifik, penyakit, atau kebutuhan makanan, Anda harus menghubungi dokter Anda.

Gejala overdosis vitamin C umumnya termasuk diare, mual dan / atau muntah, buang air kecil meningkat, wajah memerah, dan sakit kepala. Gejala-gejala ini biasanya tidak terlalu berbahaya, dan akan mulai berhenti ketika tingkat toksisitas vitamin C dalam tubuh menurun, yang terjadi relatif cepat. Jika Anda mengalami diare atau muntah, penting untuk tetap terhidrasi. Jelas, jika Anda mulai mengalami gejala-gejala tersebut, segera berhenti minum vitamin C. Ini mungkin ide yang baik untuk menghubungi dokter Anda dan mencari tahu apa jumlah yang Anda dapat dengan aman mengambil.

Baca Juga  Aneka Manfaat Buah Apel Yang Jarang Orang Tahu

Salah satu cara untuk mencegah overdosis vitamin C adalah untuk mendapatkan nutrisi Anda dari makanan yang Anda makan. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C adalah sama efektif, jika tidak lebih, daripada mengambil nutrisi dalam bentuk pil. Buah-buahan dan sayuran yang lezat dan kaya vitamin C, dan Anda tidak perlu khawatir tentang mendapatkan terlalu banyak vitamin C ke dalam sistem Anda seperti itu.

Multivitamin tanpa Suplemen
Pilihan lain untuk mencegah overdosis vitamin C adalah untuk mengambil multivitamin yang mengandung vitamin C, bukan mengambil pil vitamin C terpisah. Tingkat vitamin C dalam multivitamin umumnya cukup rendah bahwa mereka tidak akan menyebabkan iritasi lambung, sementara masih memberikan manfaat kesehatan.

Sebuah multivitamin dikombinasikan dengan nutrisi sehat kaya buah-buahan dan sayuran harus memastikan Anda mendapatkan semua vitamin C yang Anda butuhkan, tanpa risiko efek samping yang tidak menyenangkan atau berbahaya.

manfaat vitamin c untuk tubuh

Vitamin C merupakan nutrisi penting bagi tubuh, namun terlalu sering menggunakan zat dapat menyebabkan masalah kesehatan yang signifikan. Seseorang yang tersangka overdosis vitamin C dapat menjalani pengobatan sendiri dengan mengubah asupan vitamin C.

Gejala serius atau yang sedang berlangsung bisa disebabkan oleh kondisi yang sudah ada, bagaimanapun, dan harus diawasi oleh seorang profesional medis. Pengobatan berfokus pada berurusan dengan gejala overdosis.

Tubuh manusia membutuhkan vitamin C untuk berfungsi dengan baik. Kurangnya vit c dapat menyebabkan kondisi yang disebut penyakit kudis, yang ditandai dengan peningkatan, gusi berdarah dan penyakit kulit, dan merasa tidak enak badan.

Kekurangan vitamin C berkepanjangan bahkan bisa mengakibatkan kematian. Karena manusia secara alami walau mampu membuat zat ini, tubuh tidak bisa menghasilkan secukupnya untuk menopang kebutuhan tubuh sendiri. Oleh karena itu, individu harus memenuhi persyaratan mereka melalui makanan kaya vitamin C- atau suplemen.

Baca Juga  Manfaat Buah Mangga Buat Kesehatan

Bagaimana Cara Menghindari Overdosis
Mengambil suplemen sesering mungkin alih alih mengambil manfaat vitamin C malah akan mengarah ke overdosis vitamin, namun. Gejala dari overdosis vitamin C meliputi sakit perut, diare, dan kram. Pelanggaran juga dapat menyebabkan gejala yang lebih serius, namun, seperti batu ginjal, kesulitan bernapas, dan gangguan metabolisme.

Mungkin cara terbaik untuk memerangi overdosis vitamin C berhenti atau secara signifikan mengurangi asupan. Moderasi dan kontrol vitamin C akan menghilangkan gejala yang paling overdosis. Sebuah dosis harian yang direkomendasikan biasanya menunjukkan 90 miligram untuk pria dan 75 miligram untuk wanita.

Saran ini dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti stres dan sejarah merokok. Beberapa bukti menunjukkan bahwa meminum air banyak banyak besar bersama dengan suplemen dapat mengurangi kemungkinan overdosis potensial dan bahkan mungkin terbukti membantu ketika pulih dari overdosis.

Beberapa kondisi yang mendasarinya dapat memfasilitasi overdosis vitamin C, sehingga pengobatan kondisi ini mungkin penting. Efek ini umumnya disebabkan oleh penyakit tertentu yang menghasilkan jumlah yang berlebihan dari besi, yang buruk dapat berinteraksi dengan vitamin C dalam dosis tinggi. Contoh meliputi: defisiensi tembaga, memar, masalah otot, dan penyakit inflamasi seperti arthritis

Itulah ulasan lengkap Vitamin C, Sumber dan Manfaatnya, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *