Oli Motor Terbaik, Pertamina Enduro Ahlinya

7 min read

Oli Motor Terbaik, Pertamina Enduro Ahlinya

Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro – Bagi pengendara kendaraan bermotor sudah tidak asing lagi dengan oli. Oli merupakan sejenis cairan yang sangat penting bagi performa kendaraan. Namun, dalam memilih oli yang baik kadang membingungkan karena di pasaran tersedia berbagai macam jenis dan merk oli. Kurangnya pemahaman tentang kondisi pengoperasian mesin yang dipakai, serta kurangnya pengetahuan tentang spesifikasi oli membuat kita sering kebingungan dan was-was.

Oli mesin memegang peranan yang penting terutama untuk memperkecil koefisien friksi antar elemen yang saling bersinggungan, menjadi cooling agent di ruangan mesin, menghindari karat serta menjaga agar tidak terjadi wearing pada permukaan elemen, dan lain-lain.

Secara umum, ada dua jenis oli yaitu oli mineral dan oli sintetis. Oli mineral merupakan oli berbahan bakar oli dasar yang diambil dari minyak bumi yang telah diolah dan disempurnakan.

Sedangkan oli sintetis biasanya terdiri atas Polyalphaolifins yang datang dari bagian terbersih dari pemilahan dari oli mineral, yakni gas. Senyawa ini kemudian dicampur dengan oli mineral.

Oli Motor Terbaik, Pertamina Enduro Ahlinya

Segala jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat membutuhkan bahan bakar agar bisa beroperasi. Namun, bukan bahan bakar saja yang penting bagi kendaraan. Satu elemen penting lainnya yang tidak bisa dilupakan dalam keberlangsungan operasional kendaraan adalah minyak pelumas atau oli. Minyak pelumas atau oli ini dipakai untuk menunjang kinerja mesin.

Minyak pelumas mesin atau oli mesin memiliki banyak jenisnya. Penggunaan minyak pelumas mesin atau oli mesin bergantung pada mesin. Pada dasarnya, oli atau pelumas mesin berfungsi untuk menambah atau menjaga usia pakai dari mesin.

Secara umum, oli atau pelumas mesin dapat diartikan sebagai zat yang berada di antara komponen-komponen yang terus bergerak agar mengurangi gesekan yang terjadi anta komponen yang ada di dalam mesin. Oli atau pelumas mesin termasuk komponen penting dalam sistem pelumasan.

Pada dasarnya, semua jenis oli memiliki fungsi yang sama, yaitu menjaga agar mesin tetap awet dan bebas gangguan. Selain itu, oli pun berfungsi sebagai pendingin dan penyekat mesin. Pelumas atau oli tersusun atas lapisan-lapisan halus yang berfungsi untuk mencegah gesekan antar logam yang ada di dalam mesin seminimal mungkin.

Selain itu, untuk keperluan tertentu, pelumas atau oli diharuskan memiliki fungsi-fungsi tambahan. Contohnya, oli untuk mesin diesel tentunya berbeda dengan oli mesin yang berbahan bakar bensin.

Baca Juga  Kehadiran by.U Sebagai Operator Telekomunikasi Serba Digital Pertama Di Indonesia

Manfaat Oli Untuk Mesin

Pada penjelasan di awal artikel, telah dijelaskan fungsi dan manfaat oli secara singkat. Berikut ini fungsi dan manfaat dari oli sebagai komponen yang penting bagi mesin.

  • Berfungsi mengurangi gesekan dan mencegah keausan. Hal ini dilakukan dengan cara membentuk lapisan tipis unntuk mencegah gesekan antar logam yang ada di dalam mesin.
  • Oli berfungsi sebagai media pendingin mesin. Hal ini dilakukan dengan cara menyerap panas dari bagian-bagian yang mendapatkan pelumasan.
  • Oli berfungsi sebagai bahan pembersih. Caranya dengan mengeluarkan kotoran pada bagian mesin.
  • Oli atau pelumas berfungsi mencegah karat pada bagian mesin.

Pentingnya keberadaan oli tentu membuat pengendara sepeda motor wajib berhati-hati memilih oli yang paling dibutuhkan kendaraan. Anda tentu saja tidak boleh salah pilih sebab kecerobohan menggunakan oli dapat memperpendek usia mesin kendaraan.

Lalu, oli seperti apa yang pas digunakan untuk kendaraan? Apabila pertanyaan tersebut membayangi, maka oli motor Pertamina Enduro adalah jawabannya. Oli motor profesional terbaik ini terbukti memiliki banyak sekali keunggulan yang membuatnya layak dijadikan opsi utama, antara lain:

oli motor terbaik

Oli Pertamina Enduro sebagai pelumas sepeda motor terbaik dibuat oleh PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero), yang didirikan pada 23 September 2013. Perusahaan yang memiliki pengalaman hampir satu abad ini menjadi salah satu dari enam raksasa penguasa industri minyak dan gas dunia dengan lebih dari empat juta customer per hari.

Pengalaman selama puluhan tahun tentu memberikan nilai plus bagi setiap produk yang diluncurkan. Integritas dan tekad untuk memberikan produk unggulan yang selalu dijunjung tinggi membuat oli Pertamina Enduro menjadi pelumas pilihan yang pastinya tidak akan mengecewakan.

Dibuat dengan teknologi terbaru dalam pengawasan ketat dengan komitmen penuh

Perusahaan ini memiliki tagline “Comitted to Better Energy” sebagai dasar dari setiap langkah yang dibuat. Hal ini berarti perusahaan tersebut berusaha untuk menjadi yang terdepan dibidang energi dengan memberikan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan para pelanggan setia. Hal tersebut juga dapat diartikan sebagai sumpah setia perusahaan untuk memberikan produk yang aman, efisien, dapat diterima, serta dapat diakses siapapun dengan mudah.

Oli motor Pertamina Enduro sebagai salah satu produk unggulan turut membawa tagline tersebut dalam peluncurannya. Produk ini dibuat secara hati-hati dengan pengawasan paling ketat di laboratorium tertutup dengan melibatkan ahli kelas dunia pilihan agar dapat menjadi pelindung mesin terbaik. Teknologi pelumasan yang digunakan menggunakan inovasi terbaru sehingga oli yang dihasilkan merupakan produk unggulan.

Baca Juga  Siput, Binatang Menjijikkan Tapi Banyak Manfaat

Bukan hanya pengembangan di ranah laboratorium, riset pengembangan oli terbaik juga dilakukan bahkan dalam kondisi ekstrim agar mendapatkan data paling akurat. Hal ini terbukti dengan keterlibatan pabrikan ini dalam ajang kompetisi balap kelas dunia, mulai dari WRC, reli Dakar, hingga balap ketahanan mesin Le Mans.

Eits, bukan itu saja totalitas yang dilakukan Total ketika melakukan riset menghasilkan oli terbaik. Perusahaan ini menggunakan Elf, merek di bawah naungannya, untuk mendukung tim yang berlaga di kejuaraan MotoGP. Keterlibatan pabrikan asal Perancis itu sendiri telag berlangsung selama lebih dari 30 tahun dan pada musim terbaru Elf menjadi pelumas pilihan bagi tim Marc VDS Racing.

Memiliki banyak pilihan
Masing-masing kendaraan bermotor memiliki fitur dan spesifikasi berbeda sehingga pelumas yang dibutuhkan tidaklah sama. Oli motor terbaik Pertamina Enduro mempersembahkan beberapa varian pelumas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, antara lain:

1. Enduro 4T Sport SAE 5W-30
Ini adalah pelumas sintetik yang diformulasikan khusus untuk menghasilkan kinerja akselerasi dan perlindungan keausan yang maksimal. Oli ini direkomendasikan untuk mesin motor 4 langkah dengan sistem kopling basah, terutama pada aplikasi balapan.

2. Enduro 4T Racing SAE 10W-40
Ini adalah pelumas motor 4 langkah berkekentalan ganda dengan kualitas tinggi yang diformulasikan dengan base oil sintetik dan aditif API SL terpilih. Oli ini direkomendasikan untuk mesin sepeda motor 4 langkah merk Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lainnya. Juga dapat digunakan untuk motor 4 langkah buatan China dan Korea.

3. Enduro 4T SAE 20W-50
Ini adalah pelumas bermutu tinggi yang diformulasikan dari bahan dasar mineral berkualitas tinggi dan aditif-aditif pilihan, yang didesain khusus untuk motor 4 langkah. Ia juga berkekentalan ganda yang stabil yang memberikan kemudahan bersirkulasi pada temperatur rendah dan tinggi. Oli ini direkomendasikan untuk mesin sepeda motor 4 langkah merk Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lainnya. Juga dapat digunakan untuk motor 4 langkah buatan China dan Korea.

4. Enduro Matic SAE 10W-30
Ini adalah pelumas motor 4 langkah matic berkualitas tinggi dengan moly additive untuk mengurangi friksi pada temperatur dan kecepatan tinggi. Ia memiliki viskositas rendah untuk mempermudah sirkulasi pelumas dan memberikan fuel economy yang lebih baik. Oli ini direkomendasikan untuk mesin sepeda motor 4 langkah matic (skutik), merk Yamaha, Honda, Suzuki, Kanzen dan lainnya.

Baca Juga  Kode Redeem FF terbaru 2020! Terbukti Dapat

5. Enviro 2T SAE 20
Oli ini direkomendasikan untuk digunakan pada mesin kendaraan 2 langkah berbahan bakar bensin dengan pendingin udara yaitu kendaraan-kendaraan 2 langkah buatan Jepang seperti Kawasaki, Yamaha, Suzuki, Honda dan Vespa. Oli ini juga dapat digunakan untuk mesih gergaji dan mesin pemotong rumput.

6. Enduro Gear
Ini adalah pelumas roda gigi motor matik berkemampuan tinggi yang diformulasikan dari base oil sintetik dan aditif pilihan. Oli ini direkomendasikan untuk melumasi roda gigi motor matik.

7. Enduro Matic G SAE 20W-40
Ini adalah pelumas motor matik 4 langkah berkualitas tinggi yang didesain khusus menggunakan base oil sintetik untuk pengendara dalam kota yang kerap mengalami kemacetan dan kondisi jalan yang statis. Oli ini direkomendasikan untuk mesin sepeda motor 4 langkah matic (skutik), merk Yamaha, Honda, Suzuki, Kanzen dan lainnya.

Sesuai dengan lintasan

Oli motor Pertamina Enduro layak disebut sebagai pelumas kendaraan nomor satu karena menjamin kualitas dan keamanan mesin kendaraan kesayangan. Jenis pelumas motor ini juga dijamin sesuai dengan karakter penggunaan sepeda motor di Indonesia yang menuntut durabilitas tinggi. Anda yang memilih menggunakan pelumas ini, kini dapat tetap prima berkendara di tengah-tengah cuaca panas maupun medan lintasan berat nan ekstrim.

Good customer care
Oli motor Pertamina Enduro tidak hanya mengedepankan fitur dan spesifikasi unggulan untuk menciptakan produk terbaik. Pabrikan ini juga sangat memperhatikan kebutuhan konsumen sebagai salah satu aspek pengembangan produk.

Pabrikan asal Perancis ini mewadahi kebutuhan konsumen dengan membuka laman internet khusus untuk para penggunanya agar dapat tetap update perkembangan terbaru. Bukan hanya itu, Pertamina Enduro juga mengajak para konsumen untuk berbagi pengalaman menggunakan produk ini melalui jejaring Sosial Facebook yakni https://www.facebook.com/pertaminalub/, Instagram di https://www.instagram.com/pertaminalub/ dan twitter di https://twitter.com/Pertaminalub

Oli motor Pertamina Enduro tak dapat disangkal merupakan produk terbaik yang patut dipertimbangkan. Anda yang memilih produk ini sebagai partner sepeda motor dijamin dapat menghasilkan performa terbaik dengan mesin yang tetap terawat. Jangan pernah ragu lagi, ya.

Untuk lebih Jelasnya tentang Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro silahkan berkunjung ke websitenya di www.pertaminalubricants.com

Itulah penjelasan mengenai Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro. Jadi, peran oli sebagai pelumas mesin tidak dapat dianaktirikan karena oli termasuk komponen terpenting untuk mendukung kinerja mesin. Semoga bermanfaat dan salam damai untuk seluruh pembaca yang budiman semua.

andy
  1. wah enduro sangat cocok untuk motor saya sepertinya. ulasannya lengkap banget jadi mudah dimengerti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *