andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Ketahui Pemicu Karat Pada Baja Ringan dan Cara Tepat Mencegahnya

4 min read

Karat Pada Baja Ringan

Sebagai seorang pemilik maupun pembangun rumah, mendengar sebutan truss atau baja ringan tentunya bukan hal aneh lagi. Baja ringan ini semakin populer yang mulai menggantikan material kayu maupun kaso yang sebelumnya digunakan sebagai salah satu material untuk bahan bangunan.

Tapi tahukah kamu? baja ringan yang memiliki keunggulan tahan akan karat atau korosi, seiring berjalannya waktu bisa mengalami pengaratan juga lho! Lalu apa sih yang dimaksud karat atau korosi itu? apa saja pemicunya dan adakah cara untuk mencegahnya? Di dalam artikel ini akan kami ulas secara lengkap mengenai korosi pada baja ringan dan lain sebagainya. Simak ulasannya berikut ini ya.

Korosi Pada Baja Ringan

Kalian yang memiliki rumah menggunakan baja ringan sebagai material atapnya dan sudah bertahun-tahun ditempati atau perkantoran yang sudah lama berdiri, pastinya pernah melihat ada beberapa bagian atapnya tersebut mengalami pengaratan. Nah apa sih sebenarnya karat itu?

Korosi atau yang biasa kita sebut sebagai karat yaitu rusaknya beberapa bagian dari material baja atau logam yang disebabkan oleh kondisi lingkungan. Kondisi lingkungan ini terbagi menjadi 3 yaitu kondisi karena kelembaban, karena permukaan baja dan karena adanya senyawa akseptor elektron yang disebut sebagai zat pengoksidasi.

Selama proses korosi ini, permukaan baja yang sifatnya reaktif dapat diubah menjadi dua pola yang stabil yaitu sulfida atau hidroksida dan oksida. Bentuk dari hasil korosi inilah yang kita kenal dengan sebutan karat.

Akibat dari proses karat yang terjadi inilah yang akan berdampak negatif terhadap baja maupun logam. Ketika susunan baja mengalami pengaratan, tentunya hal ini akan memicu keadaan yang sangat tidak aman bagi kita. Bahkan kalau tidak ditangani dengan serius akan menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan runtuhnya atap bangunan rumah kita.

Baca Juga  Ciri Konsultan Hukum yang Kompeten

Jika hal tersebut sudah terjadi pada bangunan rumah kamu, tentunya kamu perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk renovasi maupun pemeliharaannya bukan?

Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut kamu perlu banget nih untuk simak 4 jenis pemicu karat yang terjadi pada baja ringan. Simak dibawah ini ya.

Ini Dia 4 Pemicu Karat Baja Ringan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama kalau material baja itu pastinya akan tahan terhadap karat karena sudah dilapisi dengan kandungan zat anti karat. Tetapi semakin berumurnya sebuah rangka baja ringan, maka ketahanannya juga akan cepat memudar dan akhirnya mengalami proses karat.

Namun ternyata baja ringan juga dapat mengalami pengaratan sebelum waktunya lho! ada beberapa faktor penyebabnya. Berikut ini adalah pemicunya dan cara untuk mencegahnya.

Disebabkan Karena Cairan Asam
Rangka baja ringan akan langsung peka jika bergesekan atau terkena cairan yang sifatnya asam. Hal inilah yang akan menyebabkan lapisan anti karat (coating) yang ada pada baja ringan seketika mengelupas dan otomatis baja ringan tersebut mengalami proses pengkaratan.

Cara untuk Mencegahnya
Sebagai informasi penting untuk kamu ketahui bahwa cairan asam ini banyak ditemukan pada produk – produk pembersih seperti pembersih untuk lantai atau porselen. Cara mudah untuk mencegahnya adalah jauhkan baja ringan dari produk pembersih lantai yang mengandung cairan asam tersebut.

Karena Hujan dan Panas
Pada umumnya, baja ringan hanya dipergunakan di dalam ruangan dan tidak dibuat agar bisa tahan terhadap terjangan hujan maupun panas. Namun saat ini banyak sekali pembangun atau engineer yang menjadikan baja ringan sebagai eksterior ruangan atau dipasang di luar ruangan.

Alhasil, lapisan baja ringan yang terkena hujan atau terpapar panasnya sinar matahari lama kelamaan daya tahannya akan pudar juga. Sehingga dampak negatifnya adalah proses pengkaratan akan semakin cepat terjadi.

Baca Juga  Tips Sebelum Daftar Kartu Kredit

Cara untuk Mencegahnya

Setelah mengetahui dampak negatif yang diakibatkan dari guyuran hujan maupun terpaan panasnya sinar matahari, maka cara atau usaha untuk mencegah agar baja tidak cepat karat adalah tempatkan baja ringan di dalam ruangan yang tertutup dan terbebas dari sinar matahari dan hujan.

Selain itu, kamu sebagai pembangun atau pemilik rumah juga harus perhatikan baik – baik, jangan pernah memasang rangka baja ringan dalam keadaan hujan. Karena hal ini dapat mengakibatkan karat yang akan terjadi secara cepat.

Tergores Alat Kerja
Rangka baja ringan yang materialnya terbuat dari besi apabila salah satu bagiannya tergores atau bergesekkan dengan alat – alat kerja yang sifatnya sama, maka akan langsung memicu karat pada lapisan baja ringan tersebut.

Cara untuk Mencegahnya
Jika rangka baja ringan rumah kamu mengalami kerusakan ringan seperti ada sambungan yang tergores atau ada lapisan yang salah potong, maka hal yang bisa kamu lakukan adalah melapisi kembali lapisan – lapisan yang tergores atau terkelupas tersebut dengan cat anti karat.

Untuk pemeliharaan lanjutan yang bisa kamu lakukan adalah pasang rangka baja ringan dengan baik dan benar serta hindari kesalahan kecil yang bisa memunculkan goresan pada baja ringan.

Berlubangnya Permukaan Baja Ringan
Pitting adalah salah satu bentuk karat yang menimbulkan lubang- lubang kecil di permukaan baja ringan. Awalnya, lubang – lubang tersebut berukuran lumayan kecil, seiring berjalannya waktu, lubang kecil tersebut berubah menjadi lubang – lubang yang besar.

Cara untuk Mencegahnya
Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya karat pada baja ringan adalah :

  1. Lakukan secara rutin pembersihan maupun pemeliharaan pada permukaan rangka baja ringan
  2. Untuk membersihkan permukaan yang mengalami karat, gunakan busa yang mengandung zat yang tahan terhadap karat atau cairan anti terhadap karat.
  3. Sebisa mungkin untuk memilih bahan baja ringan kualitas terbaik yang bisa tahan terhadaplubang
Baca Juga  Tips Menjaga Kebersihan Kamar Selama Masa Pandemi

Kesimpulan
Setelah mengetahui apa saja pemicu karat pada baja ringan, maka jangan pernah untuk menyepelekan karat yang timbul pada rangka baja ringan, karena semakin kamu sepelekan maka masalah yang timbul akan semakin besar. Jika sudah terjadi, hal ini pasti akan merugikan diri kamu sendiri sebagai pemilik rumah.

Selain itu, dengan mengetahui pemicu karat baja ringan dan cara untuk mencegahnya, kamu juga bisa menghemat biaya yang kamu keluarkan dan dapat menghindari masalah yang lebih serius.

Sekian informasi yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat ya!

andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *