Camping atau berkemah adalah suatu kegiatan yang berada di luar ruangan atau menyatu dengan alam. Camping banyak dilakukan untuk refreshing sebagai pelepas stress dan penat ketika bosan menghadapi kegiatan sehari-hari.
Kegiatan camping bisa dilakukan oleh anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Asalkan jika baru pemula atau belum berpengalaman harus tetap ada yang mendampingi. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagi pemula, sebelum berangkat camping harus ada persiapan. Hal yang perlu disiapkan seperti peralatan camping, cek kondisi tubuh, dan lain sebagainya. Berikut ini akan dibahas beberapa peralatan camping untuk pemula yang wajib dibawa:

Tenda
Hal pertama yang wajib dibawa adalah tenda. Tenda sebagai tempat pelindung ketika berada di alam bebas. Untuk mendapatkan tenda bagi pemula tidak harus membeli, banyak tempat penyewaan tenda diberbagai kota.

Sleeping Bag
Sebenarnya hal ini tidak terlalu diperlukan. Namun untuk pemula dianjurkan membawa agar tidur Anda nyaman.

Peralatan Memasak
Peralatan memasak sangat penting sekali, agar lebih mudah untuk menyiapkan makanan. Sekarang sudah banyak yang menjual peralatan masak khusus camping. Minimal satu kelompok membawa satu set alat memasak.

Kompor
Jika ada peralatan masak, maka kompor jangan lupa untuk dibawa. Bawalah kompor dan gas yang kecil sebagai tempat memasak. Karena di alam bebas pastinya akan jauh dari pemukiman dan rumah makan.

Peralatan Makan
Yang satu ini tidak boleh ketinggalan, agar memudahkan Anda untuk menyantap makanan di alam bebas. Minimal bawalah peralatan makan yang praktis seperti bungkus nasi dan beberapa sendok saja.

Bahan Makanan
Tidak perlu repot-repot untuk membawa bahan makanan yang banyak. cukup bawalah bahan makanan yang praktis seperti makanan kaleng, mie instan, telur, ikan asin, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Tips Menghindari Masalah Android Terkunci FRP, Pola, PIN dan Mi Cloud

Obat-obatan
Obat-obatan sangat diperlukan, apalagi jika Anda memiliki penyakit bawaan. Hal ini sering terjadi, karena berada di alam bebas bisa saja tanpa disadari kulit kita ada yang luka. Minimal bawalah kotak P3K.

Senter
Peralatan camping untuk pemula yang harus dibawa adalah senter. Senter sangat diperlukan untuk penerangan di malam hari. ketika sedang menjelajah atau mencari kayu bakar di malam hari bawalah senter sebagai penerangan.

Jaz Hujan
Camping ketika musim hujan, sangat diperlukan untuk membawa jaz hujan. Agar pakaian yang dipakai tidak basah dan menghindari terjadinya masuk angin.

Botol Minum
Peralatan yang terakhir ini tidak boleh sampai ketinggalan. Karena air sangat penting sekali untuk menjaga metabolisme tubuh. Jadi diperlukan membawa botol minum untuk menampung air sebagai minuman kita.

Itulah 10 peralatan camping untuk pemula yang wajib Anda bawa. Agar Anda tidak perlu kuwatir mencari lagi kebutuhan yang diperlukan saat bercamping. Semoga bermanfaat dan liburan camping Anda menyenangkan.