Wanita saat ini memegang hampir setengah dari pekerjaan di Amerika Serikat. Hal ini sebagian disebabkan oleh fakta bahwa wanita memasuki dunia kerja pada usia yang jauh lebih tua daripada pria, dan terus maju melalui karir mereka pada tingkat yang lebih lambat.

Di Indonesia, sebagian besar perempuan masih terbatas pada peran yang tradisional seperti memasak, membersihkan rumah dan membesarkan anak. Ketimpangan antara laki-laki dan perempuan tetap ada di negara ini, dengan perempuan menghadapi tantangan yang signifikan dalam mencapai kemandirian ekonomi. Akibatnya, banyak perempuan terpaksa bekerja dalam pekerjaan bergaji rendah yang tidak memungkinkan mereka untuk mencapai potensi penuh mereka.

Perempuan yang bekerja di sektor informal seringkali menghadapi eksploitasi dan pelecehan dari majikan atau atasan mereka. Selain itu, mereka sering kekurangan akses ke pendidikan berkualitas dan kesempatan kerja. Artikel ini membahas tentang kondisi kerja perempuan di Indonesia saat ini dan mengulas beberapa solusi yang perlu diterapkan untuk memberdayakan mereka secara ekonomi dan sosial.

Namun, ada banyak pekerjaan yang cocok untuk wanita, dan dengan kerja keras dan tekad, setiap wanita dapat menemukan kesuksesan dalam karirnya. Berikut pekerjaan yang menawarkan peluang besar bagi wanita:

1. Entrepreneurship

Kewirausahaan, proses memulai dan menjalankan bisnis, adalah jalur karir yang menarik dan nontradisional bagi wanita. Berikut 6 pekerjaan yang cocok untuk wanita yang tertarik untuk memulai bisnis sendiri:

  • Agen real estate berlisensi
  • Koki pribadi
  • Operator penitipan anak
  • Pembantu kesehatan rumah
  • Spesialis media sosial
  • Pembelanja pribadi/pemilik toko kelontong

2. Medis

Ada banyak pekerjaan yang cocok untuk wanita. Beberapa di antaranya termasuk bekerja di bidang medis, sebagai sekretaris, atau dalam posisi layanan pelanggan. Wanita juga dapat menemukan pekerjaan di industri makanan, sebagai koki, atau sebagai akuntan. Apapun pekerjaan yang Anda pilih, penting untuk dipersiapkan dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Baca Juga  Tips Menyusui Bayi Biar Tak Tersedak atau Muntah yang Benar

3. Guru

Guru adalah salah satu pekerjaan yang paling cocok untuk wanita. Sebagian besar pekerjaan guru berada di sekolah umum, yang berarti sebagian besar dari mereka bekerja dengan anak-anak. Hal ini menjadikan mengajar sebagai pilihan karir yang sangat bermanfaat, karena guru dapat melihat pekerjaan mereka berdampak pada kehidupan orang lain. Selain itu, banyak pekerjaan guru tersedia di daerah pedesaan dan pinggiran kota, yang berarti bahwa perempuan dapat memiliki banyak fleksibilitas di tempat mereka tinggal dan bekerja. Guru juga memiliki banyak kesempatan untuk maju.

4. Fashion Designer

Ada banyak cara untuk menjadi perancang busana. Salah satu rute adalah memiliki gelar dalam desain atau mode dari sekolah terkemuka. Cara lain adalah dengan memiliki pengalaman di industri dan belajar di tempat kerja. Ada juga pilihan freelance bagi mereka yang memiliki pikiran kreatif dan semangat kewirausahaan. Persyaratan terbesar untuk menjadi perancang busana yang sukses adalah kreativitas. Tidak ada dua potong pakaian yang sama, jadi kreativitas adalah kunci sukses di bidang ini.

5. Koki

Studi terbaru menunjukkan bahwa jumlah wanita di industri kuliner terus meningkat. Dengan pertumbuhan populasi dan peningkatan permintaan akan makanan sehat, organik, dan bersumber secara lokal, bidang ini sudah matang bagi wanita untuk membuat nama untuk diri mereka sendiri. Berikut delapan pekerjaan yang cocok untuk wanita yang suka memasak:

Chef de Cuisine: Seorang chef de cuisine bertanggung jawab atas semua persiapan makanan di restoran atau staf katering. Mereka bekerja dengan juru masak garis untuk membuat menu khusus dan mengawasi jalannya dapur. Sering kali, chef de cuisine juga memiliki tanggung jawab untuk memimpin tim mereka dalam melatih karyawan baru.

Baca Juga  Tugas HRD - Seleksi dan Penempatan Tenaga Kerja

Sous Chef: Sous chef adalah yang kedua dalam perintah chef de cuisine. Mereka membantu menyiapkan makanan dan menjalankan dapur di bawah pengawasan chef de cuisine.

Cara-cara di mana perempuan dapat mencapai kesetaraan dengan laki-laki dalam hal kerja.

Wanita telah membuat langkah besar dalam dunia kerja selama beberapa dekade terakhir, tetapi masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Menurut sebuah laporan dari Dewan Perempuan dan Anak Perempuan , jumlah perempuan hanya di bawah setengah dari semua pekerja di Indonesia, tetapi mereka hanya memegang sepertiga dari posisi kepemimpinan. Wanita juga dibayar lebih rendah daripada pria rata-rata dan menghadapi hambatan yang signifikan dalam hal memajukan karir mereka. Berikut adalah beberapa cara agar wanita dapat mencapai kesetaraan dengan pria di tempat kerja:

Mengejar kesempatan pendidikan. Wanita yang mendapatkan gelar sarjana berpenghasilan lebih tinggi daripada wanita yang tidak memiliki gelar sarjana, terlepas dari pekerjaan mereka. Carilah program yang akan membantu Anda mengembangkan keterampilan karir Anda dan belajar tentang tempat kerja yang berbeda.

Di seluruh dunia, perempuan terlibat dalam pertempuran terus-menerus untuk kesetaraan di tempat kerja. Di beberapa negara, seperti Norwegia, Swedia, dan Islandia, perempuan menempati hampir setengah dari semua posisi usia kerja. Amerika Serikat adalah salah satu dari hanya dua negara di dunia yang tidak memiliki kesenjangan upah gender; namun, perbedaan gaji antara pria dan wanita tetap ada di sebagian besar pekerjaan.

Perjuangan untuk kesetaraan dimulai dengan mendobrak hambatan yang mencegah perempuan memasuki profesi yang secara tradisional didominasi laki-laki. Dalam banyak kasus, hambatan ini didasarkan pada stereotip atau harapan gender yang mungkin sudah ketinggalan zaman atau tidak relevan dengan kehidupan modern. Sebagai contoh, banyak perusahaan masih mengharapkan karyawan wanita untuk sering beristirahat untuk merawat anak-anak atau kerabat yang sudah lanjut usia.

Baca Juga  Mengetahui Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya

Kesimpulan:

Ada banyak pekerjaan yang cocok untuk wanita, dan pilihan karir yang tersedia untuk wanita terus berkembang. Ini tidak terbatas hanya pada bidang tradisional yang didominasi perempuan seperti keperawatan atau pengajaran, tetapi mencakup keragaman bidang yang menawarkan lebih banyak peluang untuk pertumbuhan dan kepuasan pribadi. Beberapa poin penting yang perlu diingat ketika mencari karir:

1) Lakukan riset Anda – pastikan untuk menjelajahi semua pilihan Anda secara menyeluruh, dan jangan takut untuk meminta pendapat keluarga, teman, dan profesional mereka.

2) Bersikaplah fleksibel – karier dapat berubah dengan cepat, jadi bersiaplah untuk mengubah persneling sesuai kebutuhan.

3) Jangan takut untuk mengambil tantangan baru – jika ada sesuatu yang menarik minat Anda, kejarlah! Dan ingat: dengan kerja keras dan sedikit keberuntungan, segala sesuatu mungkin terjadi.