Kemajuan teknologi dalam menunjang operasional bisnis memang sangat pesat, salah satunya adalah Google Maps. Google Maps sendiri merupakan salah satu aplikasi peta online gratis yang dikeluarkan Google. Google Maps dapat diakses melalui web browser maupun melalui perangkat mobile.

Dan juga kamu bisa menggunakan Google Maps untuk mengetahui arah detail suatu lokasi yang ingin dicari, seperti lokasi bisnis. Selain itu, ternyata Google Maps memberikan beberapa keuntungan secara langsung maupun tidak langsung untuk bisnis. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Informasi Lokasi Bisnis Akurat

Konsumen yang tidak mengetahui lokasi dan jalan di suatu daerah tidak perlu khawatir tersesat dan tidak menemukan lokasi bisnismu. Untuk mengetahui lokasi yang dituju, konsumen dapat menggunakan Google Maps sebagai penuntun arah jalan secara akurat.

Selain itu, Google Maps pun bisa membantu pengunjung untuk mengetahui titik keberadaan pengunjung, sehingga dipastikan lokasi semakin akurat dan tidak tersesat.

2. Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Jika pemilik bisnis sudah menambahkan lokasi di Google Maps, para pengunjung atau konsumen yang sudah pernah membeli produk usahamu dapat memberikan komentar berupa kritik, saran hingga pujian terkait kualitas produk dan layanan di sana. Review produk dan layanan yang bagus tentunya akan mengundang ketertarikan masyarakat atau calon pengunjung lain untuk membeli produk dan layanan bisnismu.

Selain review yang terpampang pada Google Maps, calon pengunjung dapat mengajukan pertanyaan mengenai bisnismu, misalnya produk yang dijual hingga jam buka toko. Dengan demikian, para calon pengunjung dapat memastikan hal-hal tersebut sebelum atau tanpa datang ke lokasi usaha.

3. Media Berbagi Informasi Produk atau Toko

Informasi Produk atau mengenai toko yang ditampilkan oleh Google Maps tidak hanya menampilkan alamat dan review saja, tetapi menampilkan informasi nomor telepon, website bisnis, media sosial bisnis, hingga gambar produk dan harga. Informasi tersebut merupakan informasi detail yang akan memudahkan calon pelanggan menemukan lokasi hingga informasi toko dan produk.

Baca Juga  Menjaga Keamanan Data Perusahaan Dengan Data Center

Di sisi lain pelanggan yang dapat mengetahui informasi jam buka tutup toko di cabang-cabang yang berbeda. Jika ada selain hal-hal tersebut yang ingin ditanyakan, pelanggan dapat langsung menghubungi nomor telepon yang tertera pada Google Maps.

4. Membantu Penjemputan dan Pengiriman Barang

Saat ini Google Maps sudah terhubung dengan berbagai aplikasi mobile, termasuk pada driver ojek online dan pengantaran kurir paket. Dengan mengetahui lokasi usaha atau toko melalui Google Maps, distribusi dan transaksi akan lebih mudah dilakukan pelanggan dan pembeli.

Selain kebutuhan transaksi bisnis, dengan mendaftarkan lokasi bisnis di Google Maps juga dapat memudahkan dalam urusan pribadi seperti pembelian barang secara online, mengirim dokumen pribadi, dan lain sebagainya.

5. Lokasi Sebagai Titik Temu

Lokasi bisnis sering juga dijadikan titik temu atau patokan para pengguna Google Maps dalam mencari alamat atau seseorang yang hendak berpergian. Dengan demikian, mereka akan mengetahui lokasi bisnis dan nama usaha yang menjadi titik temu.

Hal ini akan menjadikan kegiatan tersebut sebagai ajang promosi agar para calon pelanggan mengetahui keberadaan bisnismu. Disini, kamu dapat meningkatkan popularitas usaha dengan menggunakan Google Maps

6. Pantau Perkembangan Google Maps

Kamu dapat memantau perkembangan bisnis secara realtime dengan menggunakan teknologi akuntansi gratis, bandingkan perkembangan bisnis sebelum dan sesudah mendaftarkan lokasi pada Google Maps.

Dengan menggunakan teknologi akuntansi tersebut, kamu dapat membuat strategi bisnis efisien dibarengi dengan Google Maps. Rasakan perbedaannya dengan tampilan grafik yang akurat dan tepat.