7 Manfaat Jahe Merah untuk Meredakan Berbagai Jenis Penyakit

2 min read

manfaat jahe merah

Hampir semua masyarakat Indonesia tidak asing dengan salah satu tanaman obat ini. Ia termasuk dalam jenis tanaman rimpang, yang seringkali dijadikan rempah masakan. Terkadang Ia dikosumsi untuk membuat tubuh menjadi lebih hangat, dan bagus untuk kesehatan tubuh. Keberadaan Jahe Merah berfungsi untuk meredakan berbagai jenis penyakit, mulai dari ringan hingga berat. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut.

Jahe Berwarna Merah dengan Banyak Khasiat

1. Meredakan Batuk

Tanaman obat ini memilikin sensasi hangat saat diminum, yang cocok dikonsumsi saat udara dingin. Tidak hanya itu saja jahe ini memiliki kandungan flavonoid, untuk mengurangi gejala batuk. Selain itu Ia memiliki sifat anti peradangan untuk mengurangi gejala radang pada tenggorokan. Anda disarankan untuk mengosumsi dalam keadaan panas, agar tenggorokan menjadi lebih lega.

2. Kurangi Kadar Kolestrol

Terkadang godaan makanan sembarang jauh lebih menggiurkan, daripada pentingnya kesehatan. Sehingga tanpa sadar anda menimbun banyak lemak jahat, yang membuat naiknya kadar kolestrol. Anda membutuhkan Jahe Merah sebagai alat untuk menghancurkan lemak jahat. Tanampang rimpang tersebut akan membantu tubuh untuk menetralisir kadar kolestrol, yang sempat naik sebelumnya.

3. Ringankan Sakit Kepala

Ketika anda stres menjalani aktivitas keseharian yang terlalu padat, efeknya pasti membuat sakit kepala. Tidak perlu mencari obat yang mengandung bahan kimia, anda cukup mengosumsi tanaman obat ini. Ia memiliki kandungan kamfena yang mengluarkan efek hangat untuk tubuh. Anda cukup merebusnya dan meminum air rebusan tersebut, disarankan minum selagi masih hangat.

4. Atasi Rematik

Selain meredakan sakit kepala zat flavonoid juga bermanfaat, untuk mengtasi rematik. Penyakit ini kerap datang ketika terjadi perdangan di area persendian, sehingga kaku saat digerakkan. Untuk penderita rematik anda perlu konsumsi Jahe Merah secara rutin, untuk mengurangi nyeri pada persendian. Cara penyajiannya cukup dengan merebus jahe dan meminum air rebusannya.

Baca Juga  Aneka Jenis Makanan Penurun Berat Badan

5. Obat untuk Diet

Anda ingin menurunkan berat badan secara efektif? Cobalah untuk mengonsumsi salah satu jenis jahe ini. Ia mampu mengendalikan nafsu makan dan memberi efek kenyang, bagi pemilik program diet. Rasa hangat dan pedas yang ditimbulkan oleh jahe, akan membakar kalori dan lemak pada tubuh. Bagi anda yang hendak menjalankan program diet, coba masukkan tanaman rempah ini di dalam menu.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Saluran pencernaan menjadi fungsi tubuh paling penting, untuk mencerna makanan yang masuk. Ia juga mempunyai tugas untuk mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh, untuk menjalankan fungsi organ. Maka dari itu anda membutuhkan Jahe Merah untuk menjaga fungsi pencernaan dalam tubuh. Selain itu mampu menjaga jumlah asam lambung agar tetap stabil, dan mengurangi keinginan untuk muntah.

7. Kurangi Sesak Napas

Bagi penderita asma mengalami sesak napas secara tiba-tiba, menjadi hal yang cukup menyiksa. Oleh sebab itu Ia perlu mengonsumsi tanaman rempah ini, untuk meredakan sesak napas yang menyerang. Ia mempunyai kandungan minyak atisiri yang dapat melegakan saluran pernapasan. Cara penyajiannya cukup dengan merebus jahe ini sampai mendidih, kemudian berikan ke penderita selagi minuman masih hangat.

Banyak orang kurang tahu bahwa tanaman jahe memiliki beragam jenis. Salah satunya jahe yang berwarna merah, dan mempunyai sensasi pedas saat diminum. Ia mempunyai banyak khasiat untuk tubuh, salah satunya meringankan segala jenis penyakit. Jenis tanaman rempah ini mempunyai berbagai kandungan, yang bisa menjaga kekebalan imun tubuh. Anda cukup merebus tanaman ini untuk diminum selagi masih hangat.

asfa pratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *