10 Bahan Alami Untuk Obat Bisul

7 min read

obat bisul

Bahan Alami Untuk Obat Bisul – Apabila Anda terkena bisul bisa menjadi trauma tertentu karena rasa sakitnya yang tidak tertahankan. Selain itu, terkadang apabila kita tertena bisul dapat disertai dengan gejala lainnya, seperti badan yang demam, tidak bisa tidur nyenyak, susah makan, dan sebagainya.

Apabila kejadian bisul ini terjadi di tengah-tengah masyarakat pedesaan akan diberi obat bisul yang bahannya dari tumbuh-tumbuhan herbal. Selain itu, terkadang tumbuhan yang digunakan sebagai obat berasal dari jenis tumbuhan yang sering dipakai untuk bumbu dapur.

Bisul atau dalam istilah kedokteran disebut dengan abses merupakan infeksi yang terjadi akibat radang di dalam kulit atau daerah folikel rambut dan sekitarnya. Infeksi yang menyebabkan peradangan ini disebabkan oleh bakteri yang bernama staphylococcus aureus. Pada awalnya, bakteri ini hanya menginfeksi folikel (lubang rambut pada kulit), tetapi bisa menjadi bisul atau abses karena gesekan tertentu yang menyebabkan iritasi atau kurang menjaga kebersihan badan.

Apabila bisul sudah jadi, kulit yang terinfeksi akan membekak hingga sebesar kelereng dan berbentuk seperti gunung dengan warna merah pada ujungnya. Apabila Anda ingin mengobati bisul menggunakan obat bisul cara tradisional, biasanya berbentuk ramuan. Cara pengobatannya sendiri hanya diolesi ke bagian yang jadi bisul.

Sebaliknya, apabila Anda ingin mengobati bisul dengan cara modern oleh dokter, biasanya harus dilakukan pembedahan, pembersihan pada luka, baru pemberian obat antiseptik atau antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi lanjutan dan untuk segera menurunkan panas demam.

Bisul bisa muncul dengan berbagai akibat dan yang pasti siapapun bisa terkena bisul dari mulai anak-anak sampai orang tua, dari kaum miskin, sampai orang kaya, semua bisa terkena bisul. Bisul bisa muncul karena beberapa hal, seperti tumbuhnya rambut di kulit, bisa juga karena ada sesuatu yang menyumbat pori-pori kulit sehingga terjadi infeksi, ada juga yang disebabkan oleh kelenjar keringat.

Mengapa bisul menyerang bagian kulit? Karena kulit digunakan sebagai pertahanan pertama pada kekebalan tubuh dari berbagai mikroba berbahaya,biasanya kulitlah yang menjadi tumbal pertama ketika ada bakteri atau kuman-kuman yang akan masuk ke dalam tubuh.
Untuk itu, bisul harus segera diobati dengan obat bisul yang tepat, biasanya orang akan pergi ke dokter untuk pengobatan jenis infeksi ini, tetapi ada juga masyarakat yang tetap percaya pada kekayaan alam Indonesia.

Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkannya menjadi ramuan herbal dan tentu saja ramuan tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit termasuk penyakit bisul.

Baca Juga  6 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Aman

Jenis-Jenis Bisul dan Obat Bisul Herbal
Saat ini kita mengenal dua macam cara pengobatan untuk berbagai penyakit, yaitu pengobatan secara modern dan pengobatan secara tradisional. Sama halnya dengan jenis obat bisul biasanya ada dua cara untuk mengobatinya. Saat ini, jenis pengobatan tersebut telah beragam dan mengikuti perkembangan zaman.

Salah satu perkembangan dari jenis pengobatan tersebut yang disebut dengan terapi. Baik dengan metode modern ataupun tradisional bentuk terapi sebagai metode pengobatan adalah sama yaitu untuk penyembuhan. Untuk bisul, juga banyak metode penyembuhannya dari mulai modern hingga tradisional, baik yang modern ataupun yang tradisional ada cara pengobatan yang hampir sama yaitu pengobatan luar dan pengobatan dalam.

Dalam pengobatan medis modern untuk mengobati bisul biasanya melalui operasi atau pembedahan pada pada bisul. Setelah itu, dilakukan pemberian obat bisul tertentu seperti antibiotik, analgesik, ataupun pemberian obat untuk antiseptik.

Hampir sama jika menggunakan ramuan herbal untuk mengobati bisul. Ada ramuan herbal yang fungsinya untuk antibiotik, analgesik, antiseptik, ataupun pembedahan pada bisul karena sifat bisul yang mengalami pembekakan dan akan menghasilkan cairan tertentu, seperti nanah atau darah putih. Untuk itu, dalam pengobatan tradisional untuk bisul juga akan menggunakan pembedahan dan pembersihan tertentu.

Agar lebih jelas mengetahui berbagai ramuan herbal yang digunakan untuk mengobati bisul, ada baiknya kita memilah-milah terlebih dahulu beberapa jenis bisul menurut penyebabnya, antara lain sebagai berikut.

Furuncle atau Radang di Bawah Kulit
Furuncle merupakan jenis bisul atau abses pada kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Jenis bisul ini biasanya bisa menumbuhkan satu sampai lebih bisul pada kulit yang disertai dengan demam panas dan terkadang kedinginan.

Jerawat Cystic
Diketahui bahwa jenis jerawat ini adalah termasuk jenis bisul/abses yang disebabkan ada penyumbatan saluran minyak dan akhirnya terjadi infeksi pada kulit. Jenis jerawat ini berbeda dengan jenis jerawat biasa karena peradangannya terjadi pada kulit yang lebih dalam daripada jerawat biasa. Biasanya jerawat jenis ini tumbuh pada kulit bagian wajah anak remaja.

Hidradenitis Suppurativa
Hidradenitis Suppurativa merupakan jenis bisul yang tumbuh di bawah ketiak dan dan selangkangan, biasanya terdapat beberapa pembengkakan. Penyebabnya adalah dari peradangan lokal pada kelenjar keringat.

Kista Pilonidal
Ini adalah jenis bisul yang biasanya terjadi pada lipatan bokong. Penyebabnya adalah infeksi yang terjadi pada dasar kulit di mana rambut tumbuh. Hal ini terjadi akibat adanya gesekan terus-menerus infeksi ini terus berkembang dan membesar dan menimbulkan ketidaknyamanan tertentu.

Baca Juga  Makanan Diet untuk Jantung Sehat

Berdasarkan berbagai jenis bisul tersebut, ada banyak obat bisul yang berasal dari tumbuhan herbal yang tentunya sama ampuhnya dengan obat-obat modern. Selain ampuh pengobatan herbal juga lebih minim efek samping bahkan tidak ada sama sekali. Di Indonesia obat herbal ini bisa didapatkan di mana pun Anda berada. Apalagi tumbuhan obat untuk bisul.

Ada banyak jenis tumbuhan yang bisa digunakan menjadi obat bisul dan cara pengobatannya pun dengan berbagai berbagai macam cara.

Ada pengobatan yang harus diminum sehingga bisa mengobati dari dalam dan ada pengobatan herbal untuk bisul yang langsung dioleskan. Berikut adalah jenis tumbuhan, cara pembuatannya, dan cara penggunaan sebagai obat bisul herbal. Bahan dari alam yang bisa dijadikan menjadi obat bisul, antara lain sebagai berikut.

  • Kentang
  • Daun sirsak
  • Bawang putih
  • Daun pohon ungu
  • Minyak kelapa
  • Deringu
  • Daun urat
  • Asam
  • Temulawak
  • Gula batu secukupnya
  • Kunyit
  • Sayur pare
  • Bawang merah

Berdasarkan berbagai bahan herbal tersebut, Anda dapat meramunya menjadi obat bisul, baik untuk menyembuhkan dari luar (oral), penyembuhan dari dalam atau berbentuk ramuan yang diminum, bisa juga menjadi pencegah datangnya bisul/abses dengan melakukan pengobatan rutin dengan menggunakan bahan-bahan herbal.

Berikut adalah resep ramuan herbal yang bermanfaat untuk pembengkakan kulit atau bisul, antara lain sebagai berikut.

Berbahan Kentang
Parut kentang lalu oleskan pada bagian yang membengkak. Sifat kentang yang dingin dapat membuat demam turun dan mempercepat proses pematangan bisul.

Berbahan Daun Sirsak

Caranya pengobatan bisul menggunakan daun sirsak yang masih muda, lalu tempelkan langsung pada bisul. Akan lebih baik jika sebelum ditempelkan bisa ditumbuk terlebih dahulu. Daun sirsak juga berfungsi untuk menurunkan demam pada orang yang kena bisul dan juga mempercepat proses pematangan bisul.

Berbahan Bawang Putih
Untuk anak-anak, bawang putih bisa langsung ditumbuk dan dioleskan pada bisul. Untuk orang dewasa, bawang putih yang sudah ditumbuk dicampur dengan parutan kentang lalu dioleskan pada bisul.

Bahan Gula Aren dan Rendaman Kapur
Dengan perbandingan satu banding satu, gula aren dan rendaman kapur dicampurkan lalu dioles pada bagian di mana bisul tumbuh.

Bahan Daun Pohon Ungu
Daun ini biasanya dijadikan sebagai pengobatan pada penyakit wasir, tetapi bisa juga untuk obat bisul dengan cara dioles dengan minyak kelapa lalu dibakar sebentar sampai daunnya layu, kemudian tempelkan pada bisul.

Baca Juga  20 Makanan Berprotein Tinggi

Bahan Dringu
Penggunaan dringu setengah jari tangan jika dicampurkan dengan bawang putih satu bungkul, lalu bakar sebentar sampai layu dan tumbuk halus. Setelah itu, campurkan dengan dua sendok makan minyak kelapa dan oleskan pada bisul.

Bahan Daun Urat
Tumbuk halus satu genggam daun urat, lalu campurkan dengan air, (jangan terlalu cair), oleskan pada bisul. Jika susah untuk mencari daun urat, bisa digantikan dengan daun sirsak, daun bayam duri, atau daun pukul empat. Setiap daun pengganti tersebut yang akan digunakan untuk menyembuhkan bisul banyaknya adalah satu genggam.

Sebaiknya jika bisul sudah pecah, segera bersihkan nanah dan mata bisulnya, gunakan kapas sebagai pembersihnya. Caranya dengan ditekan sampai benar-benar bersih. Dalam hal ini yang terpenting adalah tetap menjaga luka bekas bisul agar bersih hingga mengering dan sembuh.

Bahan Asam, Temulawak, Gula batu, dan Air
Cara meramu bahan-bahan tersebut adalah temulawak sebanyak setengah jari tangan lalu iris tipis. Kemudian, rebus dengan satu gelas air bersih bersama asam sebanyak satu sendok makan dan juga gula batu secukupnya. Meminum ramuan ini sangat berguna untuk orang yang sering kena bisul, lebih baik lagi jika pembuatan ramuan ini dilakukan selama satu minggu berturut-turut dan bisa dilakukan bulan berikutnya.

Bahan Bawang Merah
Siapkan dua sampai tiga buah siung bawang merah dan buatlah jus dari bawang merah ini, lalu minum. Meminum jus bawang merah dapat mempercepat pematangan bisul.

Bahan Sayur Pare
Pare mempunyai rasa pahit, tetapi jika dibuat jus akan cepat menyembuhkan bisul. Pembuatan jus pare juga bisa dicampur dengan jeruk nipis. Minumlah sebanyak satu gelas jus pare selama mengalami pembengkakan bisul hingga bisul matang dan pecah.

Bahan Kunyit
Caranya adalah parut kunyit dan bubuhkan pada bisul. Hal ini dapat mempercepat penyembuhan pada bisul. Jika bisulnya masih baru kunyit bisa dibakar terlebih dulu. Kemudian, campurkan abunya dengan air dan bubuhkan pada area yang baru tumbuh bisul.

Begitulah berbagai resep obat bisul yang berasal dari bahan-bahan herbal. Semua bahan herbal yang bisa digunakan untuk pengobatan bisul/abses dapat ditemukan dengan mudah disekitar kita, bahkan beberapa adalah bumbu dapur untuk masakan.

Hal itu membuktikan kekayaan alam Indonesia yang melimpah, bukan hanya untuk bahan-bahan pangan, tambang, tapi juga melimbah bahan-bahan untuk pengobatan yang berguna untuk penyembuhan berbagai penyakit.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *