7 Tips Membeli Rumah Baru dan Bekas yang Wajib diketahui

4 min read

Tips Membeli Rumah

Tips Membeli Rumah – Untuk membeli suatu rumah harus dipikirkan secara matang matang. Karena rumah adalah tempat yang akan kita tinggali selama kita hidup di rumah tersebut bahkan untuk waktu yang cukup lama. Di dalam rumah kita akan tinggal bersama orang orang tercinta dan menghabiskan sepanjang waktu bersamanya.

Untuk itu ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan dalam membeli rumah. Dalam membeli rumah tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Adapun hal hal tersebut antara lain:

1. Lokasi tempat rumah tersebut berdiri

Hal pertama yang harus di pikirkan dalam memilih rumah adalah lokasi. Lokasi dimana kita akan tinggal. Lokasi sangat penting dalam mencari rumah. Karena lokasi ini adalah dimana dan seperti apa keadaan rumah yang ingin kita tempati nantinya. Jika kita menginginkan lokasi yang nyaman, tenang dan memiliki udara yang segar ada baiknya mencari rumah didaerah pedesaan.

Tapi hal berbeda jika kita memiliki anak anak yang masih dalam masa sekolah. Perlu dipikirkan juga apakah tempat yang akan ditinggali terletak dekat dengan sekolah. Dan tak hanya itu. Kesediaan fasitas sekolah yang layak pun harus dipilik. Jika yang terdapat dalam pikiran adalah ingin menyekolahkan anak ditimpat yang berkualitas maka daerah yang kota pendidikan layak di pilih untuk memilih rumah.

Selain itu lokasi ini sangat menentukan ketika nantinya rumah itu mau dijual. Rumah yang berdekatan dengan area bisnis akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada rumah yang terletak di pedesaan yang sejuk.

2. Harga

Dalam mencari rumah harus dipikirkan berapa budged yang Anda miliki. Hal ini sangat penting, karena dalam membeli sebuah rumah tak hanya mengeluarkan uang saat transaksi jual beli rumah tersebut. Dalam pembelian sebuah rumah ada hal hal yang lain seperti biaya pengurusan akta jual beli, sertifikat hak milik, biaya notaris, biaya balik nama (jika masih membeli orang lain), pajak bumi dan bangunan, hipotek (jika ada).

Baca Juga  Tips Mengembangkan Bisnis Kuliner Rumahan Modern

Mungkin penjabaran diatas tak begitu diketahui oleh sebagain diatara. Tapi hal diatas sangatlah penting. Terutama bagi yang baru pertama kali membeli rumah. Tentunya tidak ingin jika dalam membeli sebuah rumah terdapat pembengkakan dana. Jadi dalam membeli rumah disarankan untuk membuat rincian. Rincian dari awal membeli rumah hingga rincian saar selesai membeli rumah.

3. Nilai jual di masa sekarang dan masa mendatang

Mungkin di tips ini sangat penting jika nantinya rumah yang ditempati akan dijual kembali. Ini sangat penting terutama untuk mereka yang ingin bisnis jual beli rumah. Buatlah analisa tentang bagaimana keadaan lingkungan sekitar. Apakah nantinya jika rumah itu dijual kembali akan memiliki harga yang tinggi.

Jika membeli rumah untuk direnovasi kembali dan kemudian dijual perlu dipikirkan juga berapa dana yang dibutuhkan. Buatlah rincian dana dari mulai tahap pembelian hingga renovasi sertakan pula harga jual dari rumah tersebut. Hitung berapa besar keuntungan yang akan didapat. Agar tidak terjadi kerugian saat menjual rumah itu kembali.

Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang hal tersebut agar mendapatkan informasi yang akurat dan mudah untuk dianalisa. Bila kira-kita kedepannya akan lebih banyak dampak negatif daripada positifnya, sebaiknya pertimbangkan lagi untuk membeli rumah tersebut dan cari rumah yang lebih memiliki prospek yang lebih bagus.

4. Kondisi tanah tempat rumah dibangun

Kondisi tanah tempat rumah dibangun ini sangat penting, tentunya tidak ingin nantinya terjadi rumah roboh?? Perhatikan strukturan bangunan apakan dikerjakan secara baik serta memilik percampuran bahan yang bagus. Fokuskan juga pada struktur tana sekitar bangunan apakah tanahnya cukup stabil dan tidak mengandung lumpur atau hal lain yang berdampak pada ketahan bangunan rumah di masa mendatang.

Baca Juga  3 Cara Terbaik Mengirimkan Tulisan Ke Tim Redaksi Berita

Ada baiknya juga mengecek kondisi tanah kerika berencana unruk membuat kebun di pekarangan rumah yang bertujuan untuk membuat rumah tersebut lebih rindang dan nyaman. Periksa apakah ada racun atau zat kimia berbahaya yang mungkin terkandung dalam tanah. Hal ini cukup penting jika terdapat anggota keluarga yang memiliki alergi atau masalah kesehatan lainnya.

5. Keadaan rumah

Keadaan rumah ini sangat penting jika Anda membeli rumah bekas. Apakah rumah tersebut terawat dengan baik. Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah keadaan kayu dari penyangga atap rumah tersebut. Apakah dalam keadaan yang baik, cukup baik atau dalam keadaan yang rapuh. Hal ini berkaitan dengan agar tidak terjadi sesuatu yang diinginkan.

Dan perhatikan pula asbes dari rumah tersebut. Mengapa perlu memperhatikan asbes dari sebuah rumah?? Hal ini berkaitan dengan rumah tersebut bocor atau tidak ketika terjadi hujan. Rumah yang bocor ketika hujan akan terlihat dari asbesnya. Asbes pada rumah yang bocor saat hujan akan meninggalkan bekas seperti noda air. Jika rumah dalam kondisi bagus asbes tersebut akan telihat bersih.

6. Fasilitas umum di sekitar rumah

Seperti yang dijelaskan pada poin diatas fasilitas umum sangatlah penting terutama ketika memiliki seorang anak. Pertimbangkan lokasi taman bermain dan sekolah. Apakah rumah tersebut dekat dengan lembaga pendidikan. Hal yang penting juga ketika memiliki bayi atau balita. Apakah keamanan dan kemudahan ketika balita tersebut memasuki usia TK dan SD tidak jauh dari rumah.

Selain itu lokasi kesehatan juga sangatlah penting. Karena kita tidak tahu kapan kita akan sakit. Pastikan rumah yang ditinggali memiliki akses yang dekat dengan rumah sakit atau tempat berobat yang memiliki kualitas yang cukup lumayan. Hal ini akan membuat Anda merasa nyaman dirumah tersebut. Bahkan bisa dipertimbangkan jika ingin tingggal lebih lama di rumah tersebut.

Baca Juga  Cara Menumbuhkan Rambut Dengan Lidah Buaya

7. Lingkungan sekitar rumah

Lingkungan sekitar rumah adalah bagaimana keadaan lingkungan dari rumah yang akan ditinggali. Bagaimana keadaan masyarakat dan karakteristik mereka. Hal ini sangat penting, karena menyangkut dengan bagaimana Anda beradaptasi dengan masyarakat disekitar. Keamanan dari lingkungan juga penting. Apakah area tersebut aman dari tindak kejahatan.

Itulah 7 Tips Membeli Rumah Baru dan Bekas yang Wajib diketahui agar kita tidak salah pilih. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *