andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Apa Itu Senam Lansia dan Apa Saja Manfaatnya

3 min read

Apa Itu Senam Lansia

Melakukan olahraga senam lanjut usia (lansia) sangat baik sekali untuk kebugaran tubuh. Namun, bagi para lansia yang ingin melakukannya, penting untuk mengetahui apa itu senam lansia beserta manfaatnya.

Menjaga kebugaran tubuh secara rutin dapat meminimalisir datangnya penyakit, salah satunya dengan senam lansia. Senam ini bisa dilakukan minimal seminggu sekali, dengan sedikitnya 30 menit dalam sekali latihan.

Dalam melakukan senam lansia, para lansia bisa mencobanya di rumah maupun di lapangan terbuka bersama komunitas lansia lainnya. Namun, sebelum mencobanya para lansia disarankan untuk periksa kesehatan terlebih dahulu ke dokter ataupun layanan kesehatan.

Senam lansia ini tidak jauh beda dengan senam lainnya, di mana setiap latihan membutuhkan kelenturan, keseimbangan, hingga kekuatan. Maka dari itu, para lansia wajib memiliki kondisi badan yang sehat.

Agar mendapatkan manfaat dari olahraga ini, tidak salahnya mencoba senam lansia secara rutin. Untuk lebih detail mengenai apa itu senam lansia dan manfaatnya, berikut ulasan lengkapnya.

Apa Itu Senam Lansia?

Senam Lansia memiliki gerakan yang hampir sama dengan gerakan senam pada umumnya, tetapi ada beberapa gerakan yang dihilangkan. Seperti gerakan loncat, melompat, silang kaki, hentakan, dan beberapa gerakan yang berisiko.

Apa itu senam lansia? Senam lansia merupakan senam aerobik yang berdampak positif untuk meningkatkan fungsi pada organ-organ tubuh. Dengan begitu, tubuh akan lebih bugar dan daya tahan tubuh meningkat.

Bagi para lansia yang ingin mendapatkan manfaat secara optimal, biasanya melakukan latihan secara rutin minimal setengah jam. Untuk menghindari kelelahan, sebaiknya melakukan latihan tersebut 4 hingga 5 kali dalam seminggu.

Macam-macam Gerakan Senam Lansia

Senam lansia biasanya dilakukan secara berkelompok yang dipandu oleh seorang instruktur senam atau melalui sebuah tayangan DVD. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, setiap gerakan harus diikuti dan jangan ada tidak terlewatan.

Dalam senam lansia terdapat beberapa gerakan yang perlu diketahui, di antaranya sebagai berikut:

1. Angkat Lengan

Angkat lengan merupakan gerakan pertama yang harus dilalui, dalam melakukannya yakni dengan posisi berdiri (duduk bagi yang tidak mampu berdiri). Kemudian, menarik nafas dan angkat kedua lengan sambil mengeluarkan nafas.

Di saat lengan berada di atas dan tahan selama satu detik, lalu turunkan kembali lengan sambil menarik nafas. Lakukan gerakan ini hingga hingga 10 sampai 15 kali, hal ini sangat bermanfaat untuk menguatkan lengan dan bahu.

2. Meregangkan Leher

Setelakukan gerakan pertama, di posisi semula untuk memulai gerakan peregangan leher. Caranya dengan memutar kepala secara perlahan, menoleh kanan kiri, ke atas dan ke bawah, lakukan gerakan tersebut hingga tiga kali.

Adapun manfaat dari gerakan ini yakni memperbaiki otot dan persendian pada bagian leher. Sehingga bagian leher menjadi lentur dan tidak kaku ketika menggerakannya.

3. Peregangan Pada Kaki

Cara peregangan kaki yakni dengan menggunakan kursi, pertama duduk kemudian regangkan salah satu kaki dengan tidak tersentuh lantai. Lalu, ujung jari kaki arahkan ke depan, tahan hingga 10 sampai 30 detik.

Selanjutnya, ujung jari kaki tahan 10 sampai 30 detik, lakukan secara bergantian pada kaki satunya. Agar mendapatkan hasil maksimal, ulangi gerakan tersebut hingga lima kali.

Manfaat Senam Lansia

Senam lansia merupakan senam kebugaran yang sangat penting untuk kesehatan lansia, agar terhindar dari resiko penyakit berbahaya. Walaupun latihannya tidak terlalu rumit, tetapi memiliki banyak manfaat.

Adapun manfaat senam lansia yang perlu diketahui di antaranya meningkatkan metabolisme tubuh, menyehatkan otot jantung, menjaga stamina, melenturakan otot-otot yang kaku, mengontrol gula darah, hingga mengurangi resiko darah tinggi.

Senam lansia termasuk ke dalam kegiatan fisik yang menyehatkan dan perlu dilakukan secara rutin. Namun, untuk mendukung aktivitas kebugaran tersebut penting juga mengonsumsi asupan nutrisi yang baik.

Salah satu asupan nutrisi yang baik untuk lansia yakni dengan minum Anlene Gold Plus setiap hari. Banyak sekali kandungan kalsium, protein, hingga kolagen yang menjaga agar otot, tulang, dan persendian lebih sehat.

Aktivitas senam lansia yang dibarengi dengan minum Anlene Gold Plus akan memberikan manfaat secara maksimal sehingga terhidar dari masalah kesehatan. Untuk mendapatkan manfaatnya minum Anlene Gold Plus dua kali sehari secara teratur.

andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *