andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Bagaimana Cara Menjaga Imunitas Tubuh? Yuk, Ketahui Cara Kerjanya

3 min read

Cara Menjaga Imunitas Tubuh

Belakangan ini masalah imunitas memang menjadi perhatian dari banyak pihak. Apalagi setelah adanya Covid 19, membuat semua orang mencari tahu mengenai cara menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah sakit. Untuk Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai imunitas dan bagaimana caranya menjaga sistem imun, berikut ini adalah ulasannya.

Sistem Imun Perlu Dibangun

Sistem imun merupakan sebuah sistem yang bertugas untuk menjaga tubuh dari infeksi benda-benda asing. Artinya sistem imun tubuh bertugas untuk membentengi diri agar tubuh tidak terserang penyakit. Jenis-jenis benda asing yang ditolak oleh sistem imun antara lain adalah bakteri, virus, dan parasit.

Sistem imun bertugas untuk menyerang benda-benda asing tersebut agar mati dan tidak masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, jika sistem imun tubuh ini lemah, sistem imun tidak bisa melakukan tugasnya untuk mematikan benda-benda asing tersebut dan menyebabkan kesehatan menurun. Inilah yang terjadi saat Anda mengalami flu, yaitu ketika sistem imun gagal menaklukkan virus flu yang sedang menyerang tubuh Anda.

Cara Kerja Sistem Imun

Sistem imun bekerja melindungi tubuh dari virus dan bakteri dengan cara mengenali benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Sistem imun yang berada dalam kondisi yang prima dapat mengenali mana sel tubuh yang asli dan sel virus dan bakteri yang sedang menyerang tubuh.

Ketika sistem imun sudah mampu mengenali sebuah virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit, maka sistem imun ini akan membentuk pertahanan tubuh dengan menyerang bakteri atau virus tersebut. Akan tetapi untuk bisa bekerja, sistem imun harus mampu mengklasifikasikan benda tersebut sebagai benda asing.

Ketika sistem imun menyerang benda yang dikira benda asing tapi ternyata merupakan sel tubuh sendiri, maka sistem imun ini gagal menjalankan tugasnya. Kondisi ini disebut sebagai penyakit autoimun di mana sistem imun menyerang sel tubuh sehat dan penting untuk tubuh karena kesalahan deteksi.

Baca Juga  3 Efek Samping Konsumsi Kunyit Putih Berlebihan

Ketika sistem imun tubuh sudah mengenali sebuah virus tetapi ternyata dia dalam kondisi yang buruk, sistem ini juga tidak akan bisa melakukan pertahanan untuk tubuh Anda. Hal inilah yang menyebabkan sistem imun sangat penting untuk dijaga dan ditingkatkan.

Dua cara untuk meningkatkan sistem imun

Untuk meningkatkan imunitas ada dua hal penting yang harus Anda lakukan, yaitu melakukan olah fisik dan melakukan olah mental. Ada banyak sekali pihak yang fokus untuk meningkatkan kesehatan fisik guna meningkatkan imunitasnya. Padahal imunitas akan terbentuk dengan lebih mudah dan lebih kuat ketika kedua hal ini berimbang.

1. Cara meningkatkan imunitas dari olah fisik
Ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan dalam cara menjaga imunitas tubuh secara fisik. Mulai dari jenis makanan yang Anda konsumsi hingga kebiasaan Anda sehari-hari. Makanan yang masuk ke dalam tubuh sangat penting karena imunitas paling besar dibangun dari sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat akan menghasilkan imunitas tubuh yang baik.

Untuk meningkatkan kekuatan pencernaan ini, perbanyak konsumsi serat dan juga minum air putih. Selain itu Hindari makanan atau minuman yang bersifat racun seperti alkohol. Hindari juga konsumsi rokok karena rokok memiliki sifat racun yang sangat berpengaruh terhadap imunitas tubuh.

Selain memperhatikan makanan, perhatikan juga aktivitas harian Anda. Perbanyak olahraga dan juga maksimalkan tidur hingga waktu yang telah direkomendasikan yaitu 6 hingga 8 jam. Hal ini akan membantu meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga tubuh dari masalah kesehatan.

2. Cara meningkatkan imunitas dengan olah mental
Bukan hal yang baru ketika kita bicara bahwa imunitas sangat dipengaruhi oleh kesehatan mental. Ketika orang merasa bahagia, maka tubuh mereka akan membentuk hormon serotonin yang dapat meningkatkan beban tubuh. Sebaliknya ketika orang merasa stres tubuh mereka akan membangun hormon yang menghambat produktivitas dan kekuatan imun tubuh.

Baca Juga  20 Makanan Berprotein Tinggi

Hal inilah yang menyebabkan menjaga kesehatan mental sangat penting untuk meningkatkan imunitas. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan imunitas dengan olah mental ini adalah menghindari stres.

Untuk menghindari stres Anda bisa melakukan banyak hal. Mulai dari bermeditasi hingga membaca buku-buku untuk pengelolaan diri dan pengelolaan stres. Olahraga juga bisa menjadi salah satu jalan keluar jika Anda merasa stres.

Pada intinya, untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat dan menjaga imunitas adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Jauhi hal-hal yang berisiko dan tingkatkan hidup sehat baik dari pola makan hingga pola hidup.

Satu lagi cara menjaga imunitas tubuh yang dianjurkan adalah ketika Anda memiliki penyakit kronis, akan lebih baik jika Anda menghindari kemunculan gejala dengan meminimalisir faktor penyebab kemunculan gejala tersebut. Hal ini disebabkan karena gejala penyakit dapat menyebabkan sistem tubuh menurun dan juga menurunkan imunitas tubuh.

andy Fulltime Blogger yang senang membagikan informasi pada semua orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *