7 Cara Agar Terhindar dari Virus Corona

Cara Agar Terhindar dari Virus Corona

Cara Agar Terhindar dari Virus Corona – Sepekan terakhir banyak berita tentang virus baru ini, ya Virus corona Wuhan atau coronavirus n-CoV novel masih menjadi perbincangan internasional saat ini. Pemberitaan terbaru mengabarkan, bahwa virus ini tidak hanya menjangkit wilayah yang ada di China, melainkan banyak kasus serupa terjadi di beberapa Asia lain seperti Taiwan, Hongkong, Singapura, Vietnam, Thailand, dan lainnya. Saat ini WHO (World Health Organization) salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss pun mengeluarkan peringatan lalu lintas internasional dikarenakan merebaknya virus corona baru-baru ini.

Seperti dikutip dari situs WHO, sejauh ini virus corona memiliki gejala klinis utama atau tanda-tanda antara lain demam, sulit bernapas, dan radiografi dada yang menunjukkan infiltrat paru bilateral. Kalau sebelumnya santer bahwa penularan virus ini dari hewan ke manusia, saat artikel ini dipublish penularan dari manusia ke manusia telah terkonfirmasi di sebagian besar di Kota Wuhan (china), dan juga beberapa tempat lain di China. Lantas seperti apa peringatan yang diberikan WHO saat ini?

Pencegahan Penularan Virus Corona

Corona masih keluarga besar virus yang bisa mengakibatkan flu sampai MERS dan SARS. Dalam beberapa kasus tanda-tanda yang memperlihatkan penyakit pernafasan kronis sebelum, selama, atau sesudah perjalanan, beberapa wisatawan disarankan untuk mencari perhatian medis serta berbagi riwayat perjalanan dengan penyedia pelayanan kesehatan.

Otoritas kesehatan masyarakat pun harus memberi info pada pelancong untuk mengurangi resiko umum infeksi saluran pernafasan kronis melalui praktisi kesehatan, klinik kesehatan perjalanan, agen perjalanan, operator alat angkut, serta di titik masuknya pelancong.

WHO merekomendasikan supaya tidak menerapkan pembatasan lalu lintas internasional berdasarkan info yang ada sekarang. Referensi standard WHO untuk masyarakat umum untuk mengurangi dampak penyebaran berbagai penyakit meliputi kebersihan tangan, pernafasan, serta praktik makanan yang aman.

Cara Agar Tehindar dari Virus Corona

Adapun cara mencegah penyebaran virus corona dari WHO diuraikan sebagai berikut:

  1. Sering membersihkan tangan dengan sabun dan air berbasiskan alkohol.
  2. Saat batuk dan bersin, tutup mulut serta hidung dengan siku tertekuk ataupun tisu.
  3. Segera buang tisu dan basuh tangan. Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menderita demam serta batuk.
  4. Bila menderita demam, batuk, dan susah bernapas, segera mencari perawatan medis lebih dini dan bagikan riwayat perjalanan sebelumnya dengan penyedia pelayanan kesehatan.
  5. Saat mendatangi pasar langsung di wilayah yang sekarang mengalami kasus corona virus baru, jauhi kontak langsung tanpa perlindungan dengan hewan hidup serta permukaan yang bersentuhan dengan hewan.
  6. Mengonsumsi produk hewani mentah atau setengah masak harus dijauhi.
  7. Daging mentah, susu, atau organ hewani harus ditangani dengan hati-hati untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan mentah, sesuai dengan praktik keamanan pangan yang baik.
Baca Juga  3 Efek Samping Konsumsi Kunyit Putih Berlebihan

Itulah beberapa Cara Agar Terhindar dari Virus Corona yang bisa kita tempuh untuk menghindari atau mencegah terjangkitnya virus tersebut. Semoga bermanfaat dan jaga kesehatan baik-baik ya sobat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x