Cara Cek IMEI Samsung Terbaru 2020

5 min read

Cara Cek IMEI Samsung

Cara Cek IMEI Samsung – HP Samsung adalah brand yang dapat dikatakan komplet. Beberapa produk yang dikeluarkannya seakan menjangkau berbagai golongan. Ada hp yang harga di kisaran menengah ke bawah, ada pula yang menengah ke atas. Semua tergantung keperluan pemakainya.

Pada intinya, ingin yang murah atau yang mahal sama-sama dipakai untuk berkomunikasi. Ketidaksamaan pilihan tiap orang didasarkan oleh keperluan yang berbeda-beda. Ada yang cuma digunakan untuk berkomunikasi, kerja, hiburan, dan sebagainya. Contoh, untuk keperluan photografi, maka pengguna umumnya memilih hp yang kualitas kameranya bagus.

Beberapa orang lebih senang beli hp dalam kondisi baru. Tetapi, ada pula yang lebih senang beli hp bekas. Apa saja faktanya, beli hp bekas memerlukan perhatian lebih sebab sering tidak datang dalam kondisi lengkap. Satu diantara yang harus menjadi perhatian kita ialah IMEI.

Hal pertama yang perlu kita lakukan saat ingin beli hp bekas ialah dengan cek IMEI hp tersebut . Sama dengan waktu kita melamar pekerjaan atau daftar kuliah, hal pertama yang diminta tentu identitas. Sebab identitaslah yang nanti jadi pembeda antar manusia, dan untuk hp identitas itu namanya IMEI.

Pengertian IMEI

IMEI ialah kependekan dari Internation Mobile Equipment Identity. Wujudnya berbentuk deretan nomor unik yang berbeda-beda untuk tiap hp. Nomor itu ialah nomor identitas yang dikeluarkan oleh Asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dibuat oleh produsen hp. Seperti manusia, IMEI ialah NIK untuk hp.

Jadi, satu nomor IMEI tidak dimiliki oleh dua hp. IMEI bisa jadi pembeda walau ponselnya satu brand atau satu type. Seperti manusia, mustahil satu KTP dipunyai oleh dua orang. Deretan nomor itu benar-benar bermanfaat untuk memastikan serta menjelaskan banyak hal mengenai ponselnya.

Baca Juga  Cara Mudah Membuat Susu Kacang Kedelai

Pentingnya Mengetahui IMEI

Saat ini, memang masih banyak orang yang belum menyadari begitu pentingnya mengetahui IMEI. Jika kamu menanyakan pada orang di sekitar, apa dia paham IMEI ponselnya? Apa ia memiliki catatan yang aman mengenai IMEI itu? Kemungkinan ia akan menjawab tidak. Oleh karena itu, mari kita ulas pentingnya mengetahui IMEI.

1. Mencegah Aksi Penipuan
IMEI akan bermanfaat jika kamu ingin membeli hp bekas. Kamu dapat mencocokkan sendiri IMEI yang tercantum pada hp dengan IMEI yang tercantum pada kotaknya. Sebaiknya, IMEI yang tertera pada keduanya sama. Jika tidak sama, bisa dipastikan jika kotak itu bukan kotak asli ponselnya.

2. Memberi Informasi Mengenai Telpon seluler
Jika kamu memerlukan info sebuah hp, maka nomor IMEI akan membantu. Kamu dapat berkunjung ke web IMEI. info lalu masukkan nomor IMEI hp yang kamu punya. Kemudian akan ditunjukkan info yang detil tentang hp itu, termasuk tahun launching, perusahan pembuat, serta model hp.

3. Bermanfaat Jika Hp Hilang Atau Dicuri
IMEI akan bermanfaat jika seandainya ponselmu hilang atau dicuri. Nomor IMEI dapat dipakai untuk memberikan laporan kehilangan itu ke Kontak Center atau Service Center. Dari sana bisa diketahui riwayat perbaikan unit yang selanjutnya dapat digunakan untuk memberitahukan data pemakai setelah hp itu hilang berdasarkan sistem.

4. Melacak Hp Ilegal
Akhir-akhir ini tersebar berita jika pada tahun 2020 pemerintah akan memblok hp ilegal. Jadi, jika hp itu ilegal, maka operator akan memblokirnya sehingga perangkat tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Itu pentingnya kita membeli hp dengan legal, jangan hanya tergiur pada harga yang murah.

Provider dapat ‘mematikan’ hp lewat nomor IMEI. Nantinya, hp seludupan serta hp curian tidak dapat digunakan sebab IMEI-nya tidak tercatat dengan sah atau dilaporkan hilang. Jika telah demikian, sebaik apa pun ponselnya tidak ada fungsinya.

Baca Juga  10 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Es Batu

Dari sini kita tahu jika nomor IMEI begitu bermanfaat untuk diketahui. Deretan angka ini akan memberi banyak manfaat untuk beberapa hal yang terkait dengan hp milik kita. Tidak salah jika kita menganalogikan IMEI sebuah hp seperti dalam KTP seorang manusia.

Cara Cek IMEI Samsung
Setelah tahu pemahaman IMEI serta pentingnya mengetahui IMEI, saat ini waktunya untuk tahu cara cek IMEI. Ada dua langkah yang dapat digunakan untuk cek IMEI di perangkat Samsung. Keduanya sama sekali tidak sulit kok, sehingga siapa pun tentu dapat mengerjakannya. Jadi, baca baik-baik ya, langkah-langkahnya.

1. Melalui Keypad

cara cek imei hp samsung

Buka dahulu keypad yang berada di ponselmu seperti gambar di atas.

Tuliskan code *#06#.

Kemudian, tekan tombol call, seperti jika kita cek pulsa.

Setelah itu nomor IMEI akan segera tampil di layar. Di sebagian hp kamu bahkan tak perlu menekan tombol call sebab nomor IMEI akan langsung ada begitu code perintah selesai diketik.

Cara cek IMEI Samsung ini berlaku untuk semua tipe hp dengan berbagai type serta brand. Untuk contoh yang tertera di atas kita dapat lihat ada IMEI1 serta IMEI2. Mengapa ada dua IMEI pada sebuah hp? Sebab gambar di atas ialah dari hasil tangkapan layar Samsung Galaxy S8 yang punya dua slot kartu SIM.

Seperti yang telah disampaikan jika IMEI dikeluarkan untuk tiap slot kartu SIM yang dibuat. Jadi, tampilan seperti gambar di atas hanya akan kelihatan untuk ponsel-ponsel dengan dua slot kartu SIM. Jika ponselmu hanya memiliki satu slot, IMEI yang akan muncul saat dicek hanya satu saja.

Coba praktikkan sendiri sesuai dengan instruksi yang tertulis di atas. Tampilan yang ada kira-kira akan sama dengan gambar di atas. Nomor IMEI akan terlihat dibawah tulisan IMEI. Gambar di atas terlihat blank sebab telah disamarkan terlebih dulu. Jika telah terlihat, usahakan tulis atau screenshoot lalu taruh file-nya dalam tempat yang aman seperti flashdisk.

Baca Juga  Panduan Lengkap Budidaya Tanaman Jagung

2. Lewat Setting

cek imei hp samsung

Buka dahulu menu di ponselmu lalu cari Settings, pilih itu.

Cari About Phone, umumnya berada di sisi bawah menu, jadi scroll sampai bawah.

Disana akan terlihat beberapa info penting mengenai ponselmu, silahkan cari IMEI.

Tampilan di ponselmu kemungkinan terlihat berbeda. Itu tergantung type hp serta tema yang dipakai. Tetapi, info yang disajikan kira-kira akan sama dengan info yang tercantum pada gambar di atas. Gambar di atas ialah hasil tangkapan layar dari hp Samsung Galaxy S8 yang punya dua slot kartu SIM. Jadi, ada IMEI1 serta IMEI2 seperti yang sudah diterangkan.

Nanti IMEI akan terlihat di samping tulisan IMEI, begitu halnya nomor hp, nomor model, serta nomor seri. Itu nomor-nomor yang penting untuk kamu. Pada gambar di atas, nomor-nomornya telah disamarkan sebab memang sepenting itu dan tidak seharusnya diketahui orang lain.

Demikian cara cek IMEI Samsung serta fakta mengapa kamu harus mengetahuinya. Jangan lupa bagikan tulisan ini pada teman yang kemungkinan belum mengetahui cara cek IMEI Samsung. Jika kamu mempunyai hal menarik mengenai begitu pentingnya mengetahui IMEI dari hp yang dipunyai, kamu bisa berbagi di kolom komentar.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *