Lebih Dekat dengan Digital Marketing dan Manfaatnya Untuk Bisnis

3 min read

digital marketing

Digital Marketing dan Manfaatnya – Digital marketing saat ini menjadi salah satu strategi marketing yang paling banyak digunakan oleh perusahaan ataupun bisnis dalam melakukan promosinya. Ditambah lagi di era Industri 4.0 ini banyak ditunjang dengan fitur fitur yang mumpuni yang akan membuat digital marketing ini semakin efektif. Lalu, Mengapa sih digital marketing ini penting bagi bisnis Anda? Berikut ulasannya.

Seiring berkembangnya teknologi, dunia digital marketing tentu sudah tidak asing bagi Anda. Digital marketing sendiri merupakan salah satu metode pemasaran yang memanfaatkan teknologi internet dan juga psikologi dari konsumen. Tujuan pemasaran melalui digital marketing sendiri adalah untuk meraih konsumen secara tepat sesuai dengan target dari bisnis atau usaha Anda.

Dalam digital marketing terdapat beberapa media yang dapat digunakan antara lain:

websiteSalah satu wadah yang tepat untuk melakukan pertukaran data, membagikan informasi, media tempat jual beli secara online maupun menyebarluaskan produk dari usaha kita adalah website.

Membuat website merupakan sebuah awal yang tepat dalam membangun atau menggembangkan sebuah bisnis. Data atau informasi yang berada dalam website bisa berupa data statis maupun dinamis.

konten marketingKonten marketing merupakan konten atau isi dari iklan yang tengah di pasang. Jenis-jenis dari konten marketing juga beragam, seperti: video, foto, artikel yang dimuat dalam website. Tentunya, konten marketing yang menarik akan jauh lebih mudah untuk mengikat target market dari usaha Anda.

seoDalam melakukan sebuah pencarian, pastinya kita menggunakan Search engine seperti Google, Yahoo, Bing, dll. Kebanyakan dari orang memilih link website yang berada dalam halaman pertama hasil pencarian mensin pencari. Nah, untuk membuat brand atau usaha Anda menempati halaman pertama disebuah kata kunci dalam mesin pencari maka dibutuhkan teknik SEO yang tepat.

Social Media AdsBermain smartphone sangat identik dengan bermain social media. Sebuah penelitian menyatakan bahwa lebih dari lima jam waktu kita, kita habiskan untuk bermain dengan media sosial. Tentunya, memasarkan produk dari usaha Anda melalui media sosial menjadi pilihan yang tepat.

Terdapat beberapa platform media sosial yang menyediakan jasa untuk para pemiliki usaha memasarkan produknya. Facebook dengan facebook ads, instagram dengan instagram ads bahkan saat ini ada tiktok dengan tiktok ads-nya. Melalui media-media tersebut, tentunya akan membuat produk-produk kita akan lebih dikenal.

Dalam penggunaannya, digital marketing memiliki beberapa manfaat terhadap bisnis/usaha Anda. Diantara beberapa manfaat dari menggunakan digital marketing adalah:

1. Hemat

hemat

Salah satu keuntungan dari digital marketing adalah menghemat biaya yang harus Anda keluarkan. Beriklan secara konvensional pastinya membutuhkan biaya yang besar, hal ini menjadi salah satu kendala bagi Usaha Kecil Menengah. Melalui digital marketing pastinya membantu UKM untuk dapat bersaing dengan bisnis maupun perusahaan besar.

2. Meraih target secara spesifik

targeted
Berbeda dengan pemasaran secara konvensional, digital marketing memiliki kelebihan hyper targeted. Hyper targeted adalah kemampuan digital marketing untuk meraih target secara spesifik. Dalam prosesnya, melalui digital marketing Anda bisa menargetkan target dari pasar atau usaha yang tengah Anda jalankan. Sebagai contoh, saat Anda memasang iklan melalui facebook ads, Anda bisa mengatur untuk range umur berapa iklan ini ditayangkan. Untuk daerah mana iklan ini ditujukan, untuk daerah Anda ataukah secara nasional.

3. Terukur dan terdokumentasikan

terukur
Saat memutuskan untuk menginvestasikan sejumlah uang untuk memasarkan usaha Anda, tentu besar harapan Anda untuk bisa melihat hasilnya secara langsung. Meski melakukan pemasaran secara konvensional cukup efektif, akan tetapi sulit untuk mengukur keefektifitasannya secara langsung. Hal ini berbeda dengan digital marketing, melalui digital marketing Anda bisa mengukur secara langsung hasil dari iklan yang sudah Anda tayangkan. Seperti berapa banyak klik, komentar, maupun bagikan dari iklan yang sudah di pasang. Selain itu, melalui digital marketing besaran penggunaan dana investasi yang Anda keluarkan bisa Anda dokumentasikan dengan tool-tool digital yang sudah tersedia.

4. Meningkatkan “Awareness” terhadap usaha kita

AwarenessSalah satu keuntungan beriklan menggunakan digital marketing yaitu membantu untuk meningkatkan brand awareness dari usaha Anda. Sebuah riset mengatakan, mayoritas masyarakat Indonesia melakukan sebuah pencarian sebelum memastikan untuk membeli atau menggunakan sebuah produk atau jasa. Ibarat kata, dengan digital marketing Anda bisa menjemput bola (pelanggan).

Digital marketing untuk bisnis merupakan wujud nyata perkembangan modernitas. Untuk dapat bertahan di ketatnya persaingan bisnis, Anda harus mampu menerapkan strategi pemasaran berbasis teknologi yang mampu menjangkau target konsumen dengan cara yang praktis dan menyenangkan. Jadi, tunggu apa lagi, segera terapkan strategi digital marketing pada bisnis Anda.

NB: Bagi anda yang ingin belajar atau kursus digital marketing bisa langsung saja daftar di Dumetschool, Tempat kursus digital marketing terbaik di indonesia.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *